Johnnydeppreads.com – Fenomena menyaksikan matahari terbit memang jadi dambaan bagi sebagian orang. Keindahan dihadirkan dari panorama terindah ini bukan hanya bisa kamu rasakan di pantai saja. Melainkan melihat keindahan sunrise secara langsung di puncak tertinggi jadi keinginan dan impian sebagian besar orang. Melalui puncak pegunungan bukan hanya keindahan terbitnya matahari saja yang dapat kamu saksikan, melainkan hamparan lautan awan yang indah juga jadi pengalaman menakjubkan tersendiri. Untuk bisa merakan pengalaman langka ini pastinya kamu harus melewati jalur keindahan gunung Indonesia dahulu.

Jalur pendakian di setiap gunung tidaklah sama. Ada medan pendakian cukup sulit, mudah bagi pemula, hingga tersedia berbagai fasilitas anak tangga untuk memudahkan pendakian. Bagi para pendaki pemula sangatlah disarankan untuk memilih jalur pendakian paling mudah. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan selama hiking berlangsung. Menaiki puncak gunung tidaklah bisa dilakukan oleh sembarang orang. Membutuhkan fisik prima dan persiapan matang agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Mendaki gunung adalah kegiatan cukup menyenangkan bagi para pencinta alam. Selain menantang, namun pemandangan sangat indah pastinya memberikan pengalaman menarik tersendiri. Namun perlu diingat jika tidak semua gunung cocok didaki oleh para pemula. Jarak tempuh menuju puncak, medan terjal, hingga curamnya jalur pendakian harus jadi perhatian ketika memulai mendaki. Jangan sampai memilih gunung yang dapat membahayakan nyawa atau kesehatan pendaki.

3 Pilihan Keindahan Gunung Indonesia Cocok Didaki Pemula

Ada banyak sekali pilihan gunung terbaik memiliki jalur pendakian mudah dan jarak tempuh relatif cepat. Setiap rekomendasi pilihan ini patinya cocok bagi para pendaki pemula atau tidak berpengalaman sedikit pun. Namun pastinya kamu juga harus tetap mempersiapkan segala hal dengan matang agar benar-benar bisa sampai ke tujuan awal yaitu puncak. Nah berikut ini adalah beberapa rekomendasinya:

Nglanggeran – Yogyakarta

Yogyakarta memang sering dijadikan sebagai salah satu objek wisata terbaik bagi kebanyakan orang di Indonesia dan dunia. Selain memiliki budaya amat kental, kuliner murah meriah, dan wisata edukatif yang menarik. Yogyakarta juga memiliki salah satu keindahan gunung terbaik yang dapat didaki oleh pemula. Gunung Nglanggeran ini memiliki ketinggian sekitar 700 mdpl. Selain itu medan dan jalur pendakian yang cenderung landai juga menjadi salah satu pilihan terbaik bagi pemula. Hanya butuh waktu 1 jam saja agar pendaki sampai di puncak.

Andong – Jawa Tengah

Jika tertarik untuk menaiki gunung dengan jalur paling aman maka Andong bisa dijadikan rekomendasi terbaik. Andong memiliki ketinggian sekitar 1.762 mdpl dan memiliki panorama keindahan alam sangat menawan serta tak tergantikan. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun banyak sekali pemandangan menawan bisa kamu nikmati sepanjang jalan. Salah satnya adalah bisa melihat langusng gagahnya gunung Merbabu. Jangan lupa untuk bermalam dan camping untuk bisa merasakan keindahan matahari terbit super cantik.

Papandayan – Jawa Barat

Pesona keindahan Papandayan memang sudah sangat populer di kalangan pada pendaki. Selain memiliki jalur pendakian amat landai dan cocok bagi pemula, namun gunung yang terletak di Garut – Jawa Barat ini memiliki pesona alam terbaik akan memanjakan setiap pendaki. Puncak Papandayan berada di atas ketinggian 2.265 mdpl. Selama perjalanan menuju puncak kamu akan melihat keindahan kawah menarik seperti Kawah Baru, Kawah Mas, Kawah Nagklak, dan Kawah Manuk.

Perjalanan menuju puncak membutuhkan sekitar 4 jam saja. Meskipun butuh waktu tempuh cukup lama, namun kamu akan dimanjakan dengan berbagai keindahan alam super eksotis dan tidak membosankan. Salah satnya kamu bisa menemukan padang bunga Edelweiss di Tegal Alun dan keindahan hutan mati dengan ranting pepohonan yang mengering. Menariknya kamu bisa menikmati suasana keindahan gunung dengan petunjuk lengkap. Bahkan tidak perlu takut mulai mendaki, karena medan tidak terlalu licin serta memiliki anak tangga yang sudah disiapkan pengelola.

Kegiatan Terbaik Saat Mendaki Keindahan Gunung Indonesia

Banyak sekali kegiatan seru dan menyenangkan yang dapat kamu nikmati ketika melakukan pendakian. Beberapa kegiatan ini dijamin tidak akan membuat kamu bosan dan lebih menikmati keindahan alam yang super indah. Nah berikut ini adalah beragam kegiatan menarik yang harus kamu coba lakukan saat hiking ke sejumlah pegunungan paling indah di Indonesia. Berikut kegiatan terbaik saat mendaki gunung:

Menikmati Kemah

Berkemah jadi salah satu kegiatan paling seru yang sering dilakukan oleh para pendaki. Camping ini seirng menjadi aktivitas untuk beristirahat dan mengumpulkan energi ketika akan mendaki menuju puncak. Biasanya kemah dilakukan di tempat yang aman dan memiliki pemandangan terindah. Sehingga dijamin akan membuat kamu bisa merasakan pengalaman super menarik. Jika berniat untuk melakukan camping, alangkah lebih baiknya kamu mempersiapkan dan membawa perbekalan tenda sendiri.

Bercerita dengan Teman

Mendaki menjadi salah satu cara terbaik yang dapat kamu lakukan untuk membangun chemistry dengan teman. Selama menuju perjalanan puncak atau ketika beristirahat kamu dapat bercerita dengan kehidupan atau menceritakan tentang apapun. Kegiatan ini juga pastinya akan menghilangkan rasa bosan. Menariknya teman kamu juga bisa bertambah lebih banyak ketika mendaki gunung. Kamu bisa menambah relasi dengan teman sebaya dari berbagai daerah di Indonesia.

Menikmati Keindahan Alam

Tujuan utama para pendaki menuju puncak tertinggi daratan adalah untuk menikmati keindahan alam yang lebih menarik. Panorama alam yang bisanya digambarkan melalui lukisan bisa dinikmati secara langsung tanpa ada halangan. Tentu saja, langkah ini menjadi salah satu upaya terbaik yang bisa kamu rasakan melalui keindahan gunung Indonesia. Luasnya sabana, kecantikan matahari terbit, luasnya hamparan lautan, dan keindahan kawah hanya dapat kamu rasakan dengan mendaki gunung.

Mengabadikan Potret Indah

Abadikan semua keindahan alam di gunung dengan memotretnya melalui ponsel atau kamera yang kamu miliki. Sebab mendaki gunung bukanlah kegiatan yang bisa dilakukan berulang. Maka manfaatkan momen ini dengan kenangan indah saja. Melalui potret kenangan ini juga bisa menjadi sumber cerita menarik yang bisa kamu bagikan dengan sanak saudara atau sahabat terkasih.

Menghilangkan Stress

Mendaki jadi salah satu kegiatan terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stress. Keindahan panoramic alam yang disuguhkan jadi salah satu alasan mengapa gunung sering dijadikan sebagai objek wisata yang menyenangkan. Jika kamu lelah dengan kehidupan monoton di perkotaan, maka sesekali cobalah untuk mendaki. Banyak sekali rekomendasi gunung yang cocok untuk para pemula karena medannya yang aman dan tidak terlalu terjal.

Itulah beragam kegiatan seru dan menarik bisa kamu lakukan ketika mendaki di salah satu gunung tercantik Indonesia. Keindahan gunung Indonesia menjadi alasan terbaik kamu bisa menikmati pemandangan super cantik yang tidak bisa ditemui hanya dengan berdiam diri di rumah. Selain sehat, mendaki juga memberikan banyak sekali manfaat bagi banyak orang.

Baca Juga : Rekomendasi Keindahan Pantai di Sumatera Barat yang Terkenal

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *