Johnnydeppreads.com – Negara Indonesia memiliki banyak sekali julukan menarik, salah satunya adalah the ring of fire. Hal ini karena lebih dari 10% jumlah gunung api di Indonesia masih aktif. Banyak sekali puncak gunung menarik  pastinya menawarkan keindahan super menawan. Kebanyakan pendaki akan sangat bangga jika berhasil menaklukan puncak gunung tertinggi. Sebab akan ada kepuasan tersendiri  dirasakan para pendaki ketika berhasil menyelesaikan tantangan untuk berada di tanah tertinggi bumi pertiwi. Keindahan 7 Summits Indonesia pastinya memiliki trek menantang dan seru.

Suasana gunung  sangat indah hingga trek perjalanan  penuh tantangan menjadi candu tersendiri bagi para pendaki. Ketika berhasil menikmati keindahan alam yang dihadirkan mulai dari kecantikan matahari terbit, luasnya savana pegunungan, hingga menikmati keindahan bunga abadi edelweiss di salah satu gunung, pastinya kamu akan lebih tertantang untuk menikmati keindahan 7 puncak tertinggi Indonesia.

Ragam Keindahan Gunung 7 Summits Indonesia Paling Cantik

Seven Summits ini menunjukkan sebagai tujuh pegunungan terbaik di Indonesia yang memiliki puncak paling tinggi. Nah berikut ini adalah deretan keindahan gunung 7 summits Indonesia yang memiliki pemandangan paling cantik dan mempesona. berikut beberapa keindahan gunung di indonesia:

Pegunungan Kerinci

Kerinci terkenal dengan nama puncaknya yaitu Indra pura. Jika kamu merupakan seorang pendaki berpengalaman pasti sudah tidak asing dengan gagahnya ketinggian Kerinci yang mencapai 3.805 mdpl. Menariknya di atas puncak kamu bisa melihat 3 provinsi sekaligus mulai dari Jambi, Sumatera Barat, dan Bengkulu. Kerinci masih masuk dalam kategori gunung api aktif dan masuk ke wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Keindahan alam disajikan pastinya sangatlah menawan.

Gunung Semeru

Mahameru adalah sebutan bagi puncak gunung Semeru yang begitu populer di kalangan masyarakat. Gunung ini berada di ketinggian 3.676 mdpl dan masuk ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Menjadi puncak tertinggi di pulau Jawa, pastinya membuat Mahameru jadi puncak paling diimpikan bagi para pendaki. Banyak sekali spot indah yang populer mulai dari ranu Kumbolo, Tanjakan Cinta, dll. Semeru juga menjadi gunung api paling aktif di Indonesia yang btanahnya bercampur dengan pasir. Sehingga membutuhkan persiapan lebih matang untuk mendaki Semeru ini.

Gunung Binaiya

Suasana indah dari pemandangan yang disajikan oleh Pegunungan Binaiya pastinya akan menghipnotis mata setiap pendaki. Kamu bisa menikmati berbagai keindahan dunia dari pegunungan in mulai dari daratan bebatuan, hutan lumut, dll. Gunung ini kaya akan keindahan flora yang miliki beragam warna menawan. Selain Semeru, Pegunungan Binaiya ini jadi pilihan pendakian paling banyak diimpikan. Berada di ketinggian 3.027 pulau Seram – Maluku membuat pegunungan ini sangat menarik. Tenang saja Binaiya tidak termasuk dalam kategori gunung berapi aktif.

Gunung Cartesz Pyramid

Gunung dengan puncak Jaya Wijaya ini jadi salah satu gambaran Everest versi lokal. Sebab di ketinggian 4.884 mdpl kamu bisa merasakan dinginnya salju di negara tropis ini. Menjadi daratan tertinggi di Indonesia, pastinya banyak pendaki profesional yang ingin menaklukan puncak Jaya Wijaya. Namun kamu harus memiliki lebih banyak pesiapan jika ingin menikmati keindahan dihadirkan dari Cartensz Pyramid ini.

Persiapan Mendaki Keindahan Gunung 7 Summits Indonesia Harus Dilakukan

Ketika hendak mendaki pegunungan banyak sekali persiapan penting untuk diperhatikan para pendaki. Selain menjadi perbekalan, namun persiapan ini pastinya akan membuat kamu lebih aman selama perjalanan berlangsung. Berikut persiapan untuk mendaki gunung agar aman:

Riset Keadaan Gunung

Persiapan utama yang harus dilakukan oleh para pendaki ketika hendak menaiki puncak tertinggi adalah mempelajari karakteristik dan melakukan riset mendalam tentang keadaan pegunungan yang akan didaki. Ketahui jalur pendakian yang dapat dilalui, cuaca yang akan terjadi, dan berbagai tantangan akan dihadapi selama perjalanan berlangsung. Pastikan memilih trek pendakian yang aman dan sering dilalui. Sehingga kamu bisa memperkirakan waktu tempuh saat mendaki. Melakukan riset dan mengetahui karakteristik gunung pastinya akan membuat pendaki mempersiapkan logistik terlengkap.

Latihan Fisik & Kesehatan Prima

Mendaki 7 summits atau 7 puncak tertinggi di Indonesia pastinya membutuhkan persiapan yang lebih matang. Pendakian puncak tertinggi ini pastinya akan sangat berbeda dengan jalur gunung biasanya. Sebab ketinggian, jalur trek, cuaca, dll juga pastinya akan lebih menantang. Sehingga membutuhkan latihan fisik yang baik dan memastikan kesehatan pendaki sangat prima. Lakukanlah latihan aerobik untuk memastikan tubuh memiliki ketahanan paling kuat. Pendakian puncak paling tinggi ini pastinya membutuhkan waktu tempuh hingga puluhan jam. Sehingga pastikan stamina sangat baik dan sehat.

Pakaian & Peralatan Lengkap

Persiapkan juga peralatan mendaki yang sangat lengkap. Gunung dengan puncak tertinggi pastinya memiliki deman curam dan persiapan sangat matang. Pastikan untuk memilih tas carrier terbesar, sleeping bag tebal, peralatan navigasi, sepatu gunung, dll. Jangan lupa untuk menggunakan pakaian dengan lapisan paling tebal, anti air, dan mudah kering. Dengan peralatan mendaki paling lengkap, pastinya akan membuat kamu lebih tenang selama pendakian berlangsung.

Persiapan Logistik

Mempersiapkan seluruh pesiapan logistik jadi salah satu hal paling penting bagi semua pendaki. Pastikan memiliki izin mendaki dari lembaga terkait. Biasanya beberapa gunung menyediakan pendaftaran pendakian jauh sebelum hari kamu mendaki. Perizinan ini pastinya akan membuat kamu lebih aman dan tenang. Dengan izin resmi, biasanya perjalanan kamu dilindungi asuransi. Siapkan juga logistik perbekalan paling lengkap yang bisa membantu kamu selama perjalanan berlangsung.

Persiapan Mental

Mendaki puncak tertinggi pastinya harus memiliki mental yang sangat siap. Pastikan kamu sudah mempersiapkan mental paling prima untuk menghadapi seluruh tantangan yang akan dihadapi. Selain dari itu, pastikan juga untuk selalu siap dengan cuaca paling buruk. Tidak menutup kemungkinan akan terjadi badai yang membuat mental kamu lemah selama perjalanan. Jika mendaki bersama tim, pastikan kamu sudah memiliki kesepakatan dan komunikasi yang baik. Sehingga hal ini akan membuat kamu mendaki dengan sangat aman dan nyaman.

Nutrisi dan Hidrasi

Rata-rata puncak 7 summits di Indonesia berasa di ketinggian 3000+ mdpl. Sehingga kamu membutuhkan perbekalan nutrisi paling lengkap dan memastikan tubuh terhindar dengan sangat baik. Siapkan perbekalan makanan yang memiliki nutrisi tinggi agar membuat tenaga pendaki memenuhi hingga menuju puncak. Siapkan juga perbekalan air sebanyak mungkin, karena pastinya melakukan perjalanan akan memakan energi dan membuat kamu sangat lelah.

Simulasi Pendakian

Mempelajari seluruh kondisi medan dan mempelajari rute adalah salah satu hal paling penting perlu dilakukan. Selain harus mempersiapkan segala hal secara matang, kamu juga harus selalu menjaga etika selama pendakian berlangsung. Mintalah peta pendakian agar kamu memiliki petunjuk resmi. Jika memiliki biaya lebih besar, alangkah lebih baiknya untuk menyewa guide yang akan membantu kamu menuju puncak tertinggi dengan rute terbaik dan pastinya lebih aman.

Ketinggian setiap gunung di Indonesia ini bukan hanya menanarkan keindahan alam yang memukau saja. Melainkan akan senantiasa memberikan tantangan tersendiri bagi setiap pendaki yang menikmatinya. Pendakian seluruh keindahan gunung Indonesia 7 Summits tertinggi ini pastinya akan senantiasa memberikan pengalaman paling mendalam bagi para pendaki. Panorama pemandangan alam yang khas di setiap gunung tertinggi ini pastinya menjadi ikon terbaik yang membuat 7 puncak gunung tertinggi ini sangat menarik untuk didaki.

Baca Juga : Ini Dia Daftar Pantai Terbaik di Sukabumi Paling Menakjubkan

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *