Johnnydeppreads.com – Kepulauan seribu seperti magnet yang mampu menarik minat wisatawan. Pulau seribu adalah salah satu destinasi wisata yang sudah cukup terkenal di Indonesia. Selain lokasinya yang tidak terlalu jauh dan mudah dijangkau, pemandangan laut menjadi daya tarik terbesar bagi wisatawan yang ingin mengunjungi pulau seribu. Anda bisa memilih berbagai jenis wisata air dari pula satu ke pulau lainnya yang cukup berdekatan. Kepulauan seribu ini memiliki taman laut yang begitu indah bisa menjadi surga bagi pecinta diving atau snorkeling.

Pulau seribu terletak 45 kilometer dari sebelah utara Jakarta, anda bisa menggunakan perahu untuk menjangkaunya. Daya tarik kepulauan seribu ini banyak sekali mulai dari kekayaan alam serta kebudayaan yang patut untuk dikunjungi. Setiap pulau dari kepulauan seribu ini memiliki wisata unik dan berbeda. Anda tidak bosan jika berkunjung ke tempat ini.

Inilah Daya Tarik Taman Laut Kepulauan Seribu

Kepulauan seribu memang terdiri dari berbagai macam pulau, pulau ini menawarkan keindahan bawah laut yang luar biasa. Dimana pengunjung bisa melakukan snorkeling di pulau tersebut untuk melihat kendahan taman lautnya. Keindahan tempat wisata ini membuat banyak wisatawan terpikat untuk mengunjunginya. Hal ini terbuktuk dari banyaknya pengunjung yang datang setiap musim liburan tiba. Salah satu pulau yang cukup popule di kepulauan seribu adalah pulau tidung. Pulau ini menjadi destinasi wisata yang sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun internasional. Disini akan disebutkan daya tarik kepulauan seribu yaitu:

Keindahan pantai

Di kepulauan seribu memiliki keindahan pantai yang luar biasa, memiliki pasir putih yang indah dan terlihat jernih. Keindahan kepulauan seribu ini membuat banyak wisatawan ingin berenang atau sekedar bersantai di tepi pantai sambil menikmati keindahan teluk di Jakarta Utara.

Kepulauan seribu diving center

Kepulauan seribu merupakan salah satu tempat diving terpopuler karena memiliki taman laut yang indah. Salah satu pulau yang ada di kepulauan seribu yang menjadi pusat diving adalah pulau tidung. Dengan suasana laut yang tenang, wisatawan bisa menikmati keindahan terumbu karang dan ikan-ikan yang bermacam-macam. Selain snorkeling, para wisatawan pun bisa mengikuti kursus diving yang ada di pulau tidung.

Tour keliling pulau tidung

Wisatawan bisa mengeksploras pulau yang ada di kepulauan seribu dengan menggunakan kapal. Jika anda sudah berada di salah satu pulaunya bisa tour menggunakan sepeda atau menyewa becak melalui jalan setapak yang cukup menyenangkan. Para wisatawan bisa menikmati keindahan pantai tanjung pakis, kawah putih pulau tidung, hutan mangrove, dan penangkaran penyu.

Wisata kuliner

Wisata kuliner di pulau seribu tentu menjadi favorit bagi wisatawan. Terdapat banyak makanan lokal yang bisa dicicipi, seperti ikan bakar, ikan asin, keripik tempe dan masih banyak lagi. Para wisatawan bisa menikmati segelas kelapa muda di pantai untuk memberikan kesegaran di siang hari.

Terumbu karang yang memukau

Bagi pecinta snorkeling dan diving, kepulauan seribu sangat tepat sekali karena memiliki surga bawah laut. Terumbu karang masih terjaga dengan baik menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya. Keindahan bawah lautnya membuatnya menjadi salah satu destinasi favorit bagi para penyelam. Siapa pun yang melakukan diving dan snorkeling di pulau seribu pasti akan temanjakan dengan keindahannya dan tidak bosan untuk kembali lagi ke tempat tersebut.

Beragam biota laut

Kepulauan seribu menjadi rumah bagi beragam biota laut, pasalnya taman laut di pulau seribu banyak ditumbuhi terumbu karang yang masih asri sehingga anda pun akan menemukan berbagai macam biota laut yang berwarna warni, sangat cocok sekali bagi anda yang ingin melakukan diving atau snorkeling. Dengan begitu liburan pun semakin menyenangkan.

Penyu sisik dan kima raksasa

Di kepulauan seribu juga terdapat penyu sisik merupakan salah satu hewan yang dilindungi. Tidak hanya penyu saja, terdapat juga kima raksasa. Ini pun membuktikan bahwa di kepulauan seribu memang memiliki beragam biota laut yang menakjubkan.

Memiliki monas di dalam laut

Jakarta memiliki monas sebagai ikon wisata kota ibukota. Pulau seribu juga memiliki monas. Hanya saja monas di kepulauan seribu ini adalah replika patung monas yang tersimpan di kedalaman laut. Tidak hanya monas saja, ada juga patung-patung replika lainnya di sekitar replika monas tersebut seperti replika piramida yang menjadi tempat teingga bagi belut moray. Inilah yang menjadi daya tarik dari kepulauan seribu.

Pulau Gosong

Bagi yang pernah berwisata ke pulau seribu pasti mengetahui pulau tidung dan pulau pramuka. Namun sedikit yang mengetahui pulau gosong. Pulau gosong merupakan salah satu dari kepulauan seribu yang cukup kecil. Selain itu, hanya bisa dikunjungi pada saat air laut sedang surut karena pulau akan tenggelam saat air laut pasang. Pasir di pulau ini begitu putih dan bersih.

Pulau gosong tidak bisa dikatakan sebagai pulau, hanya gundukan pasir yang menonjol ke atas yang berukuran sekitar 10 hingga 15 meter. Justru yang menarik adalah dataran kecil yang tidak terendam air. Pulau ini pun tidak terlalu jauh dari pulau perak. Biasanya pengunjung akan singgah sebentar untuk ke pulau gosong sebelum melanjutkan perjalanan ke pulau perak sekedar untuk berfoto untuk melihat-lihat.

Aktivitas Wisata Yang Dapat Dilakukan Di Kepulauan Seribu

Untuk mengisi waktu luang pada saat hari libur di akhir pekan, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke kepulauan seribu, jaraknya cukup dekat dari Jakarta membutuhkan waktu sekitar 2 jam menyebrangi lautan menggunakan kapal. Kepulauan seribu menawarkan keindahan bawah lautnya, di tempat tersebut terdapat taman laut yang bisa memanjakan mata. Pada saat berkunjung ke tempat tersebut ada beberapa aktivitas wisata yang dapat dilakukan yaitu:

Snorkeling dan diving

Dengan taman laut yang indah dihiasi terumbu karang dan air laut jernih, diving atau snorkeling merupakan aktivitas seru yang wajib di coba saat berkunjung ke kepulauan seribu. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan dengan beragam biota laut yang berwarna-warni.

Memancing

Tidak hanya snorkeling dan diving, anda juga bisa mencoba aktivitas memancing di kepulauan seribu. Bagi anda yang hobi memancing pulau ini menawarkan pengalaman memancing yang tidak terlupakan dengan hasil tangkapan melimpah.

Melihat keindahan sunset

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan bisa duduk santai di pinggir Pantai sambil menikmati keindahan sunset. Pengalaman tersebut tidak akan terlupakan.

Kepulauan Seribu merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki taman laut indah. Setiap pulaunya menawarkan keindahan bawah laut yang memukau, banyak terumbu karang serta spesies ikan berwarna-warni. Sehingga kepulauan seribu ini sangat cocok sekali bagi anda penyuka diving dan snorkeling. Anda akan disuguhkan keindahan bawah laut yang menawan.

Baca Juga : Deretan Pulau Indah dan Mempesona di Kalimantan Barat

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *