Johnnydeppreads.com – Memiliki wilayah perairan yang luas dan indah, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan potensi pariwisata alam yang baik. Ada lebih dari 17.000 pulau dengan 2 per 3 wilayahnya terdiri dari perairan, membuat Indonesia terkenal dengan wisaata bawah lautnya. Ada banyak sekali terumbu karang dan biota laut yang hidup membuat wisata taman laut di Indonesia. Sebagai salah satu yang terbaik di dunia sehingga memiliki daya tarik wisatawan asing.

Bagi anda penyuka diving atau snorkeling tidak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat liburan taman laut di Indonesia. Taman laut ini menyajikan keindahan alam bawah laut luar biasa, mulai dari terumbu karang, spesies ikan yang beraneka ragam termasuk yang langka, dan biota laut lainnya yang hidup degan tenang. Sehingga, biasanya taman laut di Indonesia dilindungi sebagai tempat konservasi supaya biota laut yang tumbuh di sana bisa terjaga dengan baik. Maka, setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut harus sadar akan jaga lingkungan serta mentaati peraturan yang sudah ada di tempat tersebut.

Inilah Rekomendasi Taman Laut Indonesia Yang Populer

Berbicara keindahan Indonesia memang tidak ada habisnya, Negara ini memiliki sejumlah kekayaan alam yang luar biasa. Maka, jangan jauh-jauh berlibur ke luar negeri karena Indonesia pun memiliki potensi pariwisata yang begitu menakjubkan salah satunya adalah taman lautnya. Di mana berbagai macam spesies hampir punah tersedia di taman laut tersebut. Untuk itu, disini akan disebutkan rekomendasi taman laut indonesia yang populer yaitu:

Kepulauan Seribu

Buat anda yang tinggal di Jakarta atau di Pulau Jawa, kepulauan seribu menjadi salah satu tempat wisata yang memiliki taman laut luar biasa. Kepulauan seribu hanya berjarak 2 jam dari Pelabuhan Marina Ancol sehingga sangat dekat sekali dengan Jakarta. Kepulauan seribu ini memiliki gugus pulau karangyang pas buat menyelam atau snorkeling. Pulau-pulau yang ada di sana jika ditotalkan ada 78 pulau. Pulaunya terbentuk dari koloni binatang karang yang mati ribuan tahun lalu, mengalami pelapukan, kemudian ditumbuhi beberapa pohon dan semak.

Jika diselami kepulauan seribu menawarkan keindahan bawah laut yang menawaran. Dihuni oleh kima raksasa, kima pasir, abalone kuda laut, lobster, ikan fishir, kelinci laut, penyu dan udang mantis.

Tercatat ada 1 spot selam di gugus pulau seribu, diantaranya beada di sekitar Pulau Semut, Pulau Karang Kroja, Pulau Kotok Besar, Pulau Kotok Kecil dan Pulau Gosong laga. Sedangkan untuk wisata diving, anda bisa mengujui pulau singgah di Pulau Opak dan Pulau karang Congkak.

Kepulauan Karimun Jawa

Kepulauan di lepas pantai Kota Ukiran Jepara ini bisa diakses dari Pelabuhan kartini, Jepara atau pelabuhan Tanjung Eamas, Semarang. Masih alami, di kepulauan Karimunjawa anda bisa bertemu dengan berbagai jenis ganggang laut. Ratusan jenis ikan karang, serta biota unik seperti kima, penyu sisik, dan penyu hijau. Musim kunjungan terbaik ke kepulauan karimunjawa adalah april sampai oktober, saat cuaca sedang bersahabat. Anda juga bisa leluasa mengeksplor pulau-pulaunya.

Untuk menikmati keindahan taman laut atau melakukan aktivitas diving dan snorkeling. Tempat yang wajib anda singgahi antara lain Pulau Karimunjawa sebelah utara dan barat. Pulau Menjangan besar sisi timur, sekitar pulau menjangan kecil, pulau geleang sebelah selatan dan barat, pulau bengkoan sisi barat, pulau parang sisi barat, pulau kembar sisi timur, sekitar pulau katang, pulau krakalh kecil dan pulau kumbang sisi barat.

Teluk cendrawasih

Teluk cendrawasih memiliki julukan surga yang tercecer yang berlokasi di papua barat. Sehingga teluk cendrawasih ini merupakan taman nasional laut terluas di Indonesia. Total luas kawasan teluk cendrawasih sekitar 1.453.000 hektare. Untuk sampai ke kawasan ini, perjalanan dengan kapal motor atau perahu nempel sejauh 95 kilomete bisa dimulai dari manokwari atau nabire. Biota unik yang hidup di teluk tersebt antara lain butterfly fish, angel fish, damserfish, parrotfish, rabbit fish, ikan duyung, anemone, dan hiu paus yaitu satwa air yang hanya ditemukan di perairan Papua Indonesia, Filipina, Australia, dan Afrika Selatan.

Hiu yang bisa hidup dengan 150 tahun tersebutbisa terlihat di sekitar perairan Kwatisoe, Nabire. Selain itu, teluk cendrawasih ini kaya akan penyu. Ada empat jenis penyu yang biasa singgah dan bertelur di tempat tersebut yaitu penyu hijau, penyu sisik, penyu lekang dan penyu belimbing. Lokasi yang menarik dikunjungi untuk diving melihat keindahan taman laut teluk cendrawasih ini adalah pulau rumberpon, pulau nusrowi, pulau mioswaar, pulau yoop dan perairan windesi untuk mengamati paus dan lumba-lumba seta pulau roon.

Wakatobi

Dari 850 jenis terumbu karang yang ada di dunia, 750 diantaranya bisa dijumpai di wakatobi. Kebayang bagaimana indahnya bawah laut di wakatobi. Peneliti kelautan dari Operation Wallacea di London sempat mencatat bahwa ada sekitar 942 spesies ikan di perairan tersebut. Kekayaan alam bawah lautnya yang melimpah juga membuat badan PBB menetapkannya sebagai salah satu cagar biosfer dunia pada 2011.

Wakatobi memiliki 31 pulau kecil yang masih terpelihara dengan baik. Untuk wisata selam beberapa pula yang bisa dikunjungi yaitu pulau kaledupa untuk melihat karang berbentuk meja dengan diameter mencapai 3 meter. Pulau hoga untuk melihat habitat ikan barakuda, pulau tomia, dan pulau binongko yang perairannya disukai oleh kawanan lumba-lumba.

Takabonerate

Taman laut ini terletak 300 meter dari kota Makassar Sulawesi selatan. Hamparan pasir putih yang luas dan air lautnya yang jernih menggoda banyak penyelam untuk mengintip keindahan surga atol tersebut.

Atoll adalah nilai jual utama takabonerate. Atol terbentuk dari sisa letusan gunung api yang ternedam sekitar 2000 meter bawah permukaan laut. Lama kelamaan atol tersebut membentuk terumbu karang berbentuk bulat yang menyerupai cincin dan diatasnya tumbuk beraneka ragam tanaman laut. Iring-iringan kerapu dan hiu ekor hitam menambah kesempurnaan ekosistem tanaman laut takabonarate.

Di takabonarate anda bisa melakukan diving dan snorkeling yang bisa menemukan satwa laut seperti nudi, cuttlefish, barakuda, pari, bum head fish di kedalaman satu meter.

Bunaken

Taman laut bunaken telah  mendunia, terletak 8 kilometer di barat kota manado, bunaken dapat di jangkau 35 menit dengan perahu motor sewaan dari teluk manado. Ada 20 lokasi penyelaman favorit di kawasan ini. Sebanyak 12 diantara di pulau bunaken, berjajar dari tenggara hingga barat laut. Salah satu pemandangan terindahnya adalah underwater great walls yang begitu indah dan merupakan sumber makanan bagi ikan di perairan sekitar pulau bunaken.

Daftar taman laut terpopuler di Indonesia sudah disebutkan diatas, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke tempat tersebut menikmati berbagai keindahan alam bawah lautnya. Tidak perlu jauh-jauh liburan ke luar negeri, karena Indonesia memiliki potensi wisata yang tidak kalah keren juga.

Baca Juga : Deretan Pulau Indah dan Mempesona di Kalimantan Barat

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *