Johnnydeppreads.com – Sudah sejak lama Indonesia dikenal sebagai negara yang indah dengan kekayaan alam melimpah ruah. Sebagai negara kepulauan yang besar, Indonesia pun punya begitu banyak pulau yang indah. Serta mempesona di mana salah satunya bisa anda jumpai di Kalimantan Barat. Ada banyak pulau indah di provinsi ini yang bisa anda kunjungi dan dijadikan sebagai destinasi wisata menarik.

Kalimantan Barat memang tidak sepopuler Bali soal keindahan alam di beberapa objek wisatanya. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa di Kalimantan Barat sendiri ada cukup banyak pulau-pulau terindah yang mempesona sehingga membuatnya layak buat dieksplorasi. Bahkan, beberapa pulau terbaik juga menyuguhkan panorama sangat indah dengan berbagai kelebihan yang tidak biasa.

Sebagian besar pulau-pulau yang dimiliki oleh provinsi Kalimantan Barat memang memiliki daya tarik masing-masing dengan keunikannya yang khas. Bahkan, beberapa orang sering kali mengunjungi pulau-pulau terbaik yang ada di Kalimantan Barat karena ingin merasakan keindahan pantainya yang di mana selalu jadi daya tarik paling memukau.

Oleh karena itu, jika kebetulan anda sedang berada di Kalimantan Barat. Tidak ada salahnya bagi anda untuk mampir terlebih dahulu ke beberapa pulau terbaik dan indah yang ada di sana. Ini akan memberikan pengalaman luar biasa menyenangkan ketika anda berada di pulau terbaik. Yang menyuguhkan banyak sekali beragam hal menarik yang tidak dapat anda jumpai di pulau lain manapun di Indonesia.

Daftar Pulau-pulau Indah Paling Mempesona yang Ada di Kalimantan Barat

Pulau Kalimantan khususnya di Provinsi Kalimantan Barat tak cuma terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat eksotis dan memukau. Namun, di sini juga banyak sekali pulau yang di dalamnya menawarkan keindahan alam dari hutan tropis, pantai yang indah, sungai bahkan hingga bangunan bersejarah.

Tak heran bilamana beberapa pulau di Kalimantan Barat sering didatangi para pelancong karena memang mempunyai keunikan tersendiri. Serta bisa memberikan pengalaman yang tak terlupakan selama berada di dalamnya. Untuk mengenalnya lebih jelas, inilah deretan pulau-pulau indah paling mempesona yang ada di Kalimantan Barat:

Pulau Temajo

Jika anda ingin mencari ketenangan dibarengi dengan keindahan alam yang dapat dinikmati secara maksimal, Pulau Temajo di Kalimantan Barat mungkin bisa menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan. Pulau Temajo sangat terkenal dengan pantainya yang indah yang berlokasi di Kecamatan Sungai Kunyit yakni di Kabupaten Mempawah.

Pulau Temajo punya ciri khas berupa pantainya yang menyuguhkan ketenangan dengan disertai hamparan pasir luas berwarna putih yang sangat indah. Bahkan, pulau ini menawarkan pantai dengan air laut yang jernih sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata bagi para wisatawan yang mendambakan ketenangan.

Setidaknya, Pulau Temajo mempunyai lima teluk yang masing-masing punya keindahan alam tersendiri. Salah satunya yang paling menarik ialah Teluk Paku di mana juga menjadi destinasi wisata andalan masyarakat Kalimantan Barat.

Pulau Lemukutan

Selain Pulau Temajo, Pulau Lemukutan juga menjadi salah satu pulau yang indah serta mempesona yang ada di Kalimantan Barat. Pulau ini memang cukup terkenal karena keindahan alamnya yang luar biasa. Lokasi pulau ini berada tak jauh dari Kota Singkawang yang bisa ditempuh dengan perjalanan yang akan memakan waktu tak lebih dari 2 jam.

Selain keindahan pantainya, Pulau Lemukutan juga memiliki banyak spot menarik untuk aktivitas diving ataupun snorkeling. Para wisatawan bisa mencobanya apabila ingin menyaksikan keindahan bawah laut Pulau Lemukutan. Sekaligus menawarkan para wisatawan menangkap ikan di malam hari yang sangat seru.

Pulau Kabung

Pulau indah nan mempesona selanjutnya di Kalimantan Barat adalah Pulau Kabung. Serta pulau ini terletak di Kerimunting, desa yang berada di Sungai Raya Kabupaten Bengkayang yang sangat ikonik sekali dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Pulau Kabung juga mempunyai air laut yang jernih dan bening. Sehingga bisa dengan mudahnya para wisatawan melihat berbagai biota laut bahkan dari atas permukaan.

Aktivitas seperti diving dan snorkeling juga bisa anda jajal di Pulau Kabung. Tak hanya itu, pengunjung bahkan juga bisa mencoba kegiatan lain seperti memancing ikan ataupun menaiki perahu di perairan yang tenang sebab cuma dihuni oleh hanya beberapa warga lokal saja.

Karena keadaannya yang sepi, ada baiknya berkunjung ke Pulau Kabung ditemani oleh beberapa orang atau secara berkelompok supaya anda tidak merasakan kesunyian. Sisi baiknya jika berkunjung ke pulau ini dengan beberapa banyak orang akan terbilang lebih murah dalam hal biayanya dibanding sendiri.

Pulau Randayan

Seperti mana halnya Pulau Lemukutan, Pulau Randayan di Kalimantan Barat juga termasuk ke dalam kategori pulau indah dan mempesona dengan panorama alam yang sangat eksotis. Lokasi pulau ini pun tidak berada jauh dari Pulau Lemukutan dan hanya berjarak 32 kilometer saja dari pusat Kota Singkawang.

Di pulau indah yang satu ini, anda dapat menikmati perpaduan keindahan alam berkat jernihnya perairan di laut ini. Selain itu, hijaunya pepohonan juga semakin menambah keindahan Pulau Randayan yang berpadu dengan putihnya hamparan pasir putih yang akan dapat memanjakan mata anda.

Selain itu, Pulau Randayan juga sering kali dijadikan sebagai spot terbaik oleh pasangan yang ingin berbulan madu. Hal tersebut pun juga tak lepas dari keberadaan beberapa villa di sekitarnya yang sangat menunjang kegiatan pariwisata.

Pulau Simping

Jika dibandingkan dengan beberapa pulau lainnya di Kalimantan Barat. Pulau Simping mungkin jadi salah satu pulau terkecil, tak hanya di Indonesia bahkan juga di dunia. Pulau Simping adalah sebuah pulau yang predikatnya sebagai pulau terkecil di dunia memang telah diakui secara resmi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Bagaimana tidak, pulau ini cuma memiliki luas sebesar 0,5 hektar atau setara dengan 2.023 meter saja.

Pulau Simping sendiri terletak di Kelurahan Sedau, Kota Singkawang. Dulunya, pulau ini adalah pulau yang bisa dihuni, namun semenjak terjadinya abrasi. Yang mengakibatkan pulau tersebut kian terkikis yang pada akhirnya tidak layak lagi untuk dihuni. Meski begitu, pulau ini telah menjadi salah satu spot wisata yang sangat menarik di Kalimantan Barat karena keindahan alam yang luar biasanya.

Bahkan, salah satu yang jadi daya tarik dari Pulau Simping ini ialah keberadaan sebuah kuil sehingga sangat menarik bagi para wisatawan. Pulau Simping bisa anda sambangi dengan menempuh waktu 15 menit saja dengan memulai keberangkatan dari Kota Singkawang.

Itulah beberapa deretan pulau-pulau indah dan mempesona yang menjadi surga tersembunyi di Kalimantan Barat. Tentu masih banyak pulau lain di Kalimantan Barat selain dari yang disebutkan di atas. Dimana juga mempunyai keindahan alam mempesona serta sangat eksotis yang bisa anda jadikan sebagai destinasi tujuan wisata terbaik bilamana berkesempatan sedang berada di Kalimantan Barat.

Baca Juga : Keindahan Indonesia Taman Laut Paling Memukau

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *