Johnnydeppreads.com – Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing dengan Bangka Belitung yang mana salah satu tempat menariknya pernah dijadikan sebagai lokasi syuting film “Laskar Pelangi”. Karena memang, Provinsi Bangka Belitung sendiri memiliki pemandangan alam yang indah dikelilingi oleh laut. Tentu saja, pantai Tanjung Tinggi yang berlokasi di Kabupaten Belitung jadi salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi karena menyuguhkan keindahan alam begitu luar biasa.

Pantai Tanjung Tinggi sendiri merupakan pantai yang tergolong sangat unik. Karena letaknya yang diapit langsung oleh dua semenanjung, yakni Tanjung Pendam dan juga Tanjung Kelayang. Berbeda dengan pantai-pantai lain, pemandangan di pantai ini sangat khas karena terdapat banyak batuan tinggi sehingga menjadi salah satu spot wisata terbaik di Belitung yang layak dikunjungi.

Tak hanya bebatuan yang tinggi dan tersebar di setiap bibir pantainya, namun di Pantai Tanjung Tinggi juga terdapat daya tarik lain berupa pasir pantai yang putih. Bahkan, paduan keunikan antara batuan granit, pasir putih, serta air laut berwarna biru jernih menambah keindahan pantai. Sehingga seolah menjadi sebuah surga wisata yang tidak akan pernah dijumpai di tempat lain manapun.

Di sisi lain, Pantai Tanjung Tinggi juga kadang disebut dengan nama Pelabuhan Bilik. Karena dulunya, tempat ini merupakan pelabuhan para nelayan bagi desa yang terdekat Tanjung Tinggi atau Keciput. Namun, anda yang mengunjungi kawasan Pantai Tanjung Tinggi ini tetap harus berhati-hati pada area tertentu. Karena terdapat banyak ubur-ubur, namun tetap aman selama anda mengikuti peraturan yang ada di pantai tersebut.

Berbagai Hal Menarik dan Unik di Pantai Tanjung Tinggi yang Dapat Dieksplor

Pantai Tanjung Tinggi yang merupakan salah satu pantai tercantik di Bangka Belitung tentu saja memiliki sejumlah daya tarik yang unik. Apalagi, pantai ini telah menjadi surga wisata bagi banyak pelancong sehingga tidak heran bilamana banyak orang yang ingin berkunjung ke pantai ini.

Bahkan, pantai ini punya identitas tersendiri yang khas sebab, Beberapa daya tarik di dalamnya tidak akan dijumpai di pantai lain yang ada di Indonesia. Meskipun memang, untuk bisa sampai ke lokasi utamanya memerlukan perjalanan yang sedikit agak jauh, tetapi semua itu akan terbayar sesampainya anda berada di sana. Adapun berbagai hal menarik dan unik ada di Pantai Tanjung  Tinggi di mana wajib untuk dieksplor antara lain sebagai berikut.

Batu granit

Salah satu daya tarik sekaligus jadi ciri khas dari Pantai Tanjung Tinggi yaitu adanya jejeran batuan granit yang besar. Setiap batu granit tersebar di sepanjang pantainya sehingga menjadi pemandangan yang sangat unik yang bisa anda lihat di pantai tersebut.

Batu-batu granit sendiri yang berada di sekitaran Pantai Tanjung Tinggi umumnya mempunyai bentuk menarik karena sebagian menyerupai bentuk beberapa hewan mulai dari kura-kura, gajah, hingga kepala kuda. Banyaknya batuan granit di pantai ini tentu jadi penambah keindahan alam  yang sungguh menakjubkan.

Pemandangan laut

Pantai Tanjung Tinggi yang berlokasi di Kabupaten Belitung juga punya pemandangan laut yang tiada duanya. Ketika anda berada di pantai ini, anda bisa menyaksikan dengan jelas. Bagaimana panorama keindahan laut sejauh mata memandang yang dihiasi oleh pasir putih, air laut biru dan jernih, serta pancaran langit berwarna biru yang terlihat jelas pada siang hari di bawah terik matahari.

Pemandangan laut di pantai ini juga menarik dengan  berpadu hamparan batuan granit yang besar dan tersebar sepanjang pantainya. Pemandangan langka, unik dan menarik inilah  yang membuat para wisatawan selalu merasa puas. Mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi karena pasti sangat jarang di temukan di pantai lain manapun yang ada di Indonesia.

Lokasi Syuting Film

Sebagaimana yang disampaikan bahwasannya Pulau Belitung pernah menjadi lokasi syuting untuk film yang terkenal yakni Laskar Pelangi. Tempat tersebut ialah Pantai Tanjung Tinggi yang memang mempunyai keindahan luar biasa memukau.

Bahkan, saking indahnya pemandangan laut yang ditampilkan dalam film Laskar Pelangi, banyak orang yang menanyakan lokasi tersebut. Setelah banyak yang mengetahui lokasi syuting film, akhirnya pantai inipun jadi semakin populer dan mulai banyak didatangi para wisatawan.

Kuliner

Seperti mana umumnya kebanyakan pantai lain yang ada di Indonesia, di Pantai Tanjung Tinggi pun terdapat banyak ragam kuliner khas serta lezat yang bisa anda cicipi. Di pantai ini, anda tidak akan sulit menemukan warung-warung yang menjajakan seafood ataupun makanan lain dengan harga yang murah. Bahkan, anda bisa menyantap kuliner lezat sambil menikmati dan merasakan indahnya pemandangan yang ada di pantai tersebut. Hal itu akan menjadi salah satu aktivitas seru yang pastinya tidak akan pernah anda lupakan.

Aktivitas seru di pantai

Hal yang di mana juga menjadi salah satu daya tarik utama di Pantai Tanjung Panjang. Adanya beberapa spot terbaik yang bisa dijadikan tempat melakukan berbagai aktivitas seru di pantai tersebut. Ada beberapa aktivitas atau kegiatan menarik  yang bisa anda coba di pantai yang indah ini mulai dari diving, snorkeling, menaiki jet ski, perahu karet, hingga bermain kano.

Bahkan, anda bisa menjelajahi pantai ini sepuasnya karena Pantai Tanjung Tinggi sendiri punya area cukup luas yakni sekitar 80 hektar. Selain itu, pantai ini juga telah dilengkapi dengan banyaknya fasilitas wisata yang sangat menunjang kebutuhan para wisatawan.

Pasir putih dengan air laut jernih dan biru

Anda yang berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi akan selalu dimanjakan dengan pasir pantainya yang putih dan juga lembut. Bahkan, pasir putih mengelilingi batuan granit hingga ke area perairannya yang membuat pemandangan di sini sangat begitu indah sekaligus menakjubkan.

Tak hanya memiliki pasir berwarna putih, Pantai Tanjung Panjang juga kian menarik dengan pemandangan lautnya yang memiliki air jernih berwarna biru. Para wisatawan dapat dengan mudahnya melihat langsung ke dasar laut dari atas permukaan seolah tidak ada pembatas. Bahkan, pancaran dan kilauan air laut semakin terlihat pada saat siang hari di mana memantulkan cahaya matahari seolah menyuguhkan kilauan indah bak berlian.

Baca Juga : Panduan Wisata Danau Ranu Pani Terbaik

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *