Johnnydeppreads.com – Indonesia merupakan negara yang memiliki kepulauan terbanyak dan terbesar. Tidak heran jika Indonesia memiliki berbagai macam spot petualang di titik-titik terpencil yang sangat eksotis dan masih jarang diketahui dan dikunjungi banyak wisatawan. Salah satu spot petualangan yang dimaksud adalah taman laut atau taman nasional laut yang menawarkan keindahan bawah laut. Bagi penyuka diving atau snorkeling cocok untuk mengunjungi tempat tersebut. Taman laut nasional akan menyuguhkan terumbu karang, serta berbagai biota laut lainnya yang hidup dengan harmoni. Diberbagai taman laut yang tersebar ke beberapa titik di wilayah Indonesia. Untuk datang ke tempat tersebut, biasanya sudah ada ijin tertentu sehingga wisatawan pun tahu jika tempat yang dikunjunginya adalah wilayah konservatif. Wisatawan pun tidak bisa berlaku sembarangan, harus menjaga lingkungan dan kebersihan di tempat tersebut.

Indonesia sendiri memiliki taman laut nasional yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Diantara banyaknya taman laut yang ada terdapat beberapa yang masih kurang dikenali oleh masyarakat atau wisatawan. Padahal taman laut tersebut menawarkan keindahan yang luar biasa. Memiliki surga bawah laut yang siapa pun melihatnya akan terpesona.

Inilah 5 Taman Laut Di Indonesia Yang Masih Jarang Dikunjungi

Pergi berlibur bersama teman atau keluarga adalah moment yang paling mengasyikan. Saat hendak berlibur tentunya sudah menentukan tempat mana yang akan dikunjungi. Tidak ada salahnya untuk berkunjung ke taman laut nasional di Indonesia, dimana tempat tersebut menyuguhkan keindahan bawah laut yang menakjubkan. Di antara banyaknya taman laut yang tersebar di Indonesia, ada beberapa yang masih jarang dikunjungi. Untuk itu, inilah taman laut di Indonesia yang masih jarang dikunjungi yaitu:

Taman Laut Taka Bonerate

Taman Laut Taka Bonerate berlokasi di ujung Selatan Provinsi Sulawei Selatan, gugusan atoll di spot petualangan taman laut nasional ini merupakan terbesar ke tiga yang ada di dunia. Dibalik gugusan tersebut, hidup dengan harmoni sejumlah spesies ikan. Terdapat 295 spesies ikan karang, 261 terumbu karang dan masih banyak lagi. Taman laut bonerate masuk ke dalam konservatif yang artinya tidak sembarang mengambil apapun yang ada di sana untuk di bawa pulang. Kelestarian di sana benar-benar di jaga dengan baik. Jika ingin berkunjung ke tempat wisata ini, anda bisa menempuh perjalanan melalui Bandara Internasional Sultan Hasanudin di Makassar menuju Bandara H Aroeppala Selayar. Waktu penerbangan cukup singkat sekitar 30 menit.

Jika sudah mendarat di Bandara H Aroeppala Selayar, anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ibu kota kabupaten kepulauan selayar benteng yang juga cukup singkat, hanya sekitar 15 menit. Musim terbaik untuk mengunjungi tempat ini yaitu April-Juni dan Oktober-Desember.

Taman Laut Rubiah

Taman Laut Rubiah berlokasi di Sabang, Aceh tepatnya di barat laut Pulau Weh. Rubiah ini merupakan sebuah pulau dengan luas kawasan kurang lebih 2600 hektare yang dulunya pulau tersebut menjadi banteng pertahanan pasukan koloniais yang dating ke Indonesia. Di Pulau Rubiah sendiri terdapat taman laut nasional yang sama dikenal dengan nama taman laut rubiah. Di sana terdapat berbagai jenis ikan tropis, terumbu karang serta kerang raksasa jadi daya Tarik utama bagi para petualang.

Taman laut satu ini memiliki arus ombak yang cukup tenang. Maka, cukup nyaman dan aman untuk snorkeling atau diving. Untuk bisa ke tempat ini, dari Kota Banda Aceh menuju Pelabuhan Ulee Lheue, kemudian dilanjutkan ke Pelabuhan Balohan yang adda di Pulah Weh. Kemudian, dari pelabuhan balohan tersebut, anda perlu melanjutkan perjalanan darat untuk sampai ke pantai lboih. Dari pantai tersebut, naik kapal laut untuk mencapat pulau rubiah.

Taman Laut Teluk Cendrawasih

Taman laut teluk cendrawasih sebenarnya cukup terkenal di kalangan wisatawan. Tempat ini sempat viral karena kemunculan kawanan ikan hiu paus yang cukup lama dan menarik perhatian. Selain biota laut besar tersebut, masih banyak hal-hal menarik yang ada di taman laut nasional ini seperti gua alam, sumber air panas di pulau misowaar. Gua dalam air di tanjung mangguar serta spot-spot snorkeling dan diving yang super eksotis.

Untuk sampai ke tempat ini, anda bisa melakukan perjalanan udara ke biak, kemudian dilanjutkan dengan pesawat kecil ke Manokwari atau Nabire. Dari sana anda bisa melanjutkan perjalanan dengan jalur air menggunakan longboat atau motorboat.

Taman laut selat pantar

Taman laut selat pantar mungkin terdengar seperti asing padahal sebenarnya taman laut nasional emiliki 26 titik. Penyelam yang menjanjikan keindahan alam bawah laut yang luar biasa. Pasalnya, taman laut  nasional ini meliputi perairan Alor Besar, Alor kecil, Dulolong, Pulau Buaya, Pulau Kepa, Pulau Ternate, dan pulau pura.

Untuk sampai ke tempat ini, anda bisa menuju kupang terlebih dahulu lewat jalur udara, kemudian melanjutkan perjalanan laut dengan menggunakan kapal feri menuju larantuka. Setelah sampai, bisa menaiki kapal kecil menuju pelabuhan kalabahi untuk masuk ke kawasan kepulauan alor.

Taman laut kepulauan togean

Taman laut kepulauan togel berada di teluk Tomini di Sulawesi Tengah, taman laut nasional ini merupakan salah satu yang paling eksotis. Pasalnya di taman laut kepulauan togean memiliki banyak sekali biota laut serta terumbu karang yang dilindungi. Oleh karena itu, tempat ini termasuk wilayah konservatif.

Wisawatan yang berkunjung ke tempat ini tentunya tidak boleh berlaku sembarangan harus jaga lingkungan dan kebersihan, mentaati aturan yang ada di tempat tersebut. Untuk sampai ke tempat ini, pastikan untuk mendarat di Bandar sultan jalaludin. Kemudian, bisa naik apa saja termasuk tranposrtasi umum karena kepulauan togean bisa dijangkau dari enam kabupaten yang berada di sekitar pesisir teluk tomini.

5 taman laut nasional yang sudah disebutkan diatas meskipun jarang terdengar di kalangan wisatawan namun tempat tersebut memiliki keindahan alam yang luar biasa termasuk keindahan bawah lautnya.Siapa pun yang berkunjung ke tempat tersebut pasti akan terpana akan pesonanya dan pasti ingin datang lagi ke tempat tersebut.

Tips Aman Pergi Berlibur Ke Taman Laut Nasional Yang Indah

Taman laut menjadi salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi karena menawarkan keindahan bawah laut yang luar biasa sehingga sangat cocok bagi anda yang penyuka diving atau snorkeling.Disini akan disebutkan tips aman pergi berlibur ke taman laut nasional yang indah.

Tipsnya agar tetap aman yaitu mencari informasi tentang tempat tujuan yang akan dikunjungi. Mulai dari transportasi untuk sampai ke tempat tujuan, aksesnya bagaimana serta tempat penginapan. Selain itu, Anda pun bisa menyiapkan buget yang akan digunakan selama liburan. Dengan begitu liburan pun akan terasa menyenangkan dan aman.

Baca Juga : Kepulauan Pulau Tanimbar dengan Sejumlah Objek Wisata Menarik

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *