Johnnydeppreads.com – Bicara mengenai candi, sebagian besar orang mungkin akan langsung teringat akan ketenaran Candi Borobudur di Magelang atau kemegahan Candi Penataran di Blitar. Karena memang, kebanyakan candi di Indonesia rata-rata berada di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Namun, Jawa Barat sendiri memiliki salah satu candi yang menarik karena menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa, yakni Candi Cangkuang yang berada di Kabupaten Garut.

Nama Candi Cangkuang sendiri sudah sangat populer bagi masyarakat Garut ataupun yang berada di daerah lain yang ada di Jawa Barat. Pasalnya, candi yang berada di Kecamatan Leles ini memiliki keunikan yang mungkin tidak akan pernah ditemukan pada beberapa candi lain yang ada di Indonesia. Karena itulah, Candi Cangkuang tak jarang menjadi destinasi wisata sejarah terbaik yang sering dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah.

Tak hanya sekedar mengenal sejarah, uniknya jika berkunjung ke Candi Cangkuang, para wisatawan juga menjajal berbagai atraksi wisata yang menakjubkan. Seperti misalnya dengan menaiki rakit, karena di kawasan candi ini pun terdapat sebuah situ bernama Situ Cangkuang yang tentu memiliki pemandangan sangat indah serta perairan yang relatif jernih.

Tak hanya itu, bahkan di kawasan candi ini pula terdapat sebuah kampung adat bernama Kampung Pulo. Di mana, kampung ini juga jauh dari kehidupan modern dan masih mempertahankan warisan budaya leluhur yang sudah ada sejak lama. Tentunya, di kawasan wisata Candi Cangkuang sendiri masih terdapat banyak lagi hal menarik yang bisa dijajal. Yang pastinya akan membuat anda terkagum-kagum saat melihat ataupun merasakannya sendiri.

Beragam Spot Terbaik dan Menarik di Candi Cangkuang yang Menyuguhkan Berbagai Keindahan

Candi Cangkuang memang terkenal dengan pemandangannya yang menakjubkan karena tak hanya ada bangunan candi, tetapi juga menjadi kawasan di mana terdapat situ di dalamnya. Bahkan, banyak juga beragam spot menarik di dalamnya yan bisa anda temukan di kawasan candi ini. Sejak diresmikan pada tahun 2021 lalu oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, candi ini menjadi semakin terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Maka dari itu, jika anda berkunjung ke kawasan candi ini, selain bisa mengenal sejarah, anda juga bisa mencoba berbagai atraksi wisata yang disediakan di dalamnya yang akan membuat pengalaman wisata semakin lebih menarik. Adapun beragam spot terbaik dan menarik  yang ada di Candi Cangkuang dengan berbagai keindahan alamnya yang bisa anda jajal antara lain sebagai berikut:

Keindahan Alam Situ Cangkuang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya kalau di kawasan Candi Cangkuang terdapat sebuah perairan yakni Situ Cangkuang. Situ ini tentu menjadi salah satu daya tarik tersendiri di Candi Cangkuan. Karena dilihat dari kejauhan akan nampak sangat menarik dengan pemandangan yang luar biasa.

Tak hanya sekedar melihat keindahan pemandangannya saja, bahkan para wisatawan juga bisa menyusuri perairan Situ Cangkuang dengan menaiki rakit sekaligus bisa menyaksikan pemandangan bukit hijau yang berada di sekitarnya. Meskipun Situ Cangkuan ini hanya merupakan danau buatan dengan luas sebesar 15 hektar. Namun kesannya seperti sudah menyatu dengan alam sejak lama sehingga bisa menjadi tempat healing terbaik.

Berkeliling Desa Sambil Menikmati Pemandangan Gunung Guntur

Lokasi tempat berdirinya Candi Cangkuang tidak berada jauh dari Gunung Guntur. Sehingga anda  bisa mengelilingi desa sekitar kawasan candi ini sembari menikmati keindahan pemandangan gunung tersebut yang sangat indah dan nampak dekat. Bahkan, kegiatan berkeliling desa ini menjadi kegiatan yang sayang untuk dilewatkan. Sehingga ketika anda sedang berada di kawasan wisata Candi Cangkuang karena menyuguhkan pemandangan alam menakjubkan.

Dengan melakukan jalan-jalan di sekitaran desa di kawasan Candi Cangkuang. Sehingga anda bisa melakukan kegiatan berfoto dengan dilatari oleh pemandangan Gunung Guntur yang sangat indah. Alhasil, anda akan merasakan keindahan pemandangan alam yang asri dan bisa melepas lelah serta penat anda ketika mencobanya.

Bersantai di Tepi Situ Cangkuang

Selain menyusuri keindahan perairan Situ Cangkuang yang terlihat sangat luas dan menarik. Sehingga anda pun juga bisa bersantai sambil menikmati momen terbaik dengan berada di tepi danau buatan tersebut. Karena, Situ Cangkuan sendiri merupakan pembatas antara Candi Cangkuang dengan desa wisata yang ada di dalamnya.

Hal ini mengindikasikan bahwa Situ Cangkuang mempunyai pesonanya tersendiri yang menarik untuk tidak anda lewatkan saat mengunjunginya. Apalagi, di tepi situ ini anda dapat mengabadikan momen terbaik anda untuk bersantai sambil berfoto yang setiap sudutnya bisa anda jajal. Lebih menariknya lagi, ketika berada di tepian Situ Cangkuang, anda dapat menikmati pemandangan menarik berbagai rakit yang berada di atas situ tersebut.

Sejarah dan Budaya Kampung Pulo

Tak hanya mengunjungi Candi Cangkuang ataupun danau buatan, di kawasan candi ini pula anda bisa mengenal sejarah beserta budaya di Kampung Pulo. Kampung ini sendiri berlokasi tepat sebelum pintu masuk kawasan candi. Menariknya dari Kampung Pulo ini adalah keindahan dan ketenangannya karena jauh dari hiruk pikuk perkotaan, terlebih kampung tersebut masih sangat asri.

Berbeda dengan tempat lain pada umumnya, di kampung ini sangat jauh dari kehidupan yang modern. Seperti misalnya tidak ada listrik, barang-barang elektronik, dan hanya ada perkampungan tradisional yang menjaga keasliannya. Apalagi, kampung ini merupakan peninggalan dari Eyang Embah Dalem Arif Muhammad. Salah satu tokoh penting yang sudah berjasa dalam menyebarkan ajaran Islam di kawasan desa tersebut.

Makam Eyang Embah Dalem Arif Muhammad

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya bahwa di Candi Cangkuang terdapat sebuah makam tokoh penting. Yangdi mana telah berkontribusi besar dalam menyebarkan dan mengajarkan agama Islam kepada para penduduk. Meskipun Candi Cangkuang adalah bangunan candi yang bercorak Hindu dari Sunda Kuno. Namun masyarakat di sana menganut agama Islam berkat usaha dan kerja keras Muhammad Arif.

Adapun makam dari mendiang Eyang Embah Dalem Arif Muhammad sendiri berada tepat di dalam bangunan candi. Sehingga, para wisatawan yang mengunjungi candi ini selain bisa menikmati keindahan alam dan daya tarik bangunan candi. Mereka biasanya juga melakukan ziarah ke makam Eyang Embah Dalem Arif Muhammad.

Menjajal Jajanan dan Spot Kuliner Terbaik

Anda yang berkunjung ke kawasan Candi Cangkuang juga bisa menjajal berbagai jajan ataupun beragam kuliner yang dijajakan oleh warga lokal. Di kawasan candi tersebut, anda dapat mencicipi berbagai hidangan Sunda yang sangat lezat dan khas. Tak hanya itu, beberapa jenis makanan ringan juga bisa anda beli di sana karena banyak yang menjualnya.

Sambil menikmati berbagai kuliner, anda bisa bersantai, menikmati dan merasakan keindahan pemandangan Candi Cangkuang. Apalagi, sebagian besar kuliner yang berada di lokasi tersebut menawarkan harga relatif terjangkau sehingga sama sekali tidak menyulitkan para wisatawan.

Baca Juga : Keindahan Taman Laut Tempat Terbaik Diving Dan Snorkeling

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *