Johnnydeppreads.com – Rekomendasi Gunung di Jawa Barat, Mendaki gunung adalah pengalaman yang sangat menyenangkan, karena rasa lelah yang dirasakan selama mendaki akan terbayarkan saat berada di puncak gunung tersebut. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali jumlah gunung di setiap daerahnya. Gunung-gunung di Indonesia juga menawarkan keindahan alam yang luar biasa, sehingga banyak sekali para pendaki yang selalu rindu untuk melakukan pendakian gunung.

Namun, bagi anda yang masih pemula belum pernah mencoba naik gunung bisa mencoba gunung-gunung yang cocok untuk pemula. Dimana, trek untuk naik gunungnya tidak begitu rumit. Di Jawa Barat juga terdapat beberapa gunung yang bisa dicoba oleh pemula, tentunya juga sudah didampingi oleh pendaki yang sudah berpengalaman.

Inilah 10 Rekomendasi Gunung Di Jawa Barat Yang Cocok Untuk Pemula

Provinsi Jawa Barat mempunyai bentai alam yang unik dan khas. Sebagian wilayah Jawa Barat banyak memiliki gunung yang cocok didaki oleh pendaki pemula. Terlebih lagi, ada beberapa gunung di jawa barat yang lokasinya tidak jauh dari Jabodetabek. Untuk itu, ini beberapa gunung di Jawa Barat yang cocok untuk pendaki pemula yaitu:

Gunung Papandayan

Gunung yang bisa dicoba untuk didaki oleh pemula adalah gunung papandayan. Sehingga gunung ini merupakan salah satu gunung berapi yang terletak di Garut, Jawa Barat. Jalur pendikan gunung ini terbiang mudah dilalui dan cukup populer di kalangan pendaki pemula. Waktu tempuh untuk mencapai puncak papandayam ayai camp area hanya makan waktu sekitar 3-4 jam. Tidak hanya itu, sepanjang perjalanan, para pendaki juga bisa menikmati pemadangan alam yang indah, seperti danau, perbukitan, dan kawah yang masih aktif.

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung tangkuban perahu berada di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Sehingga gunung ini sangat cocok sekali untuk pendaki pemula dan juga terkenal dengan kawahnya yang besar dan bisa diakses lebih mudah. Selain itu, gunung ini pun memiliki jalur pendakian yang cukup mudah dan bisa dilalui oleh pendaki. Waktu tempuh untuk mencapai puncak tangkuban perahu realtif singkat, hanya memakan waktu sekitar 2 sampai 3 jam.

Gunung Patuha

Adapun gunung Patuhan berada di dalam kawasan kawah putih, Bandung. Gunung Patuhan ini mempunyai jalur beberapa pendakian yang ramah untuk pemula yaitu jalur kawah putih, jalur Sunan Rama dan Jalur Cipagaten. Jalur pendakian Sunan Rama dan Cipanganten cocok bagi pemula yang ingin merasaan pengalaman pendakian yang lebih menantang. Selama perjalanan, anda pun akan menikmati panorama alam kawah putih yang bagus.

Gunung Kencana

Rekomendasi Gunung untuk pemula selanjutnya yaitu Gunung Kencana yang berada di kawasan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Gunung Kencana ini mempunyai jalur yang cukup menantang namun masih ramah untuk pendaki pemula. Untuk sampai ke puncak, hanya dibutuhkan trekking selama 45 menit hingga satu jam terhitung dari pos tiket. Perjalanan menuju basecamp Gunung Kencana dapat dilalui dnegan mobil atau motor melintasi perkebunan teh.

Gunung Cikuray

Gunung Cikuray mempunyai beberapa jalur pendakian yang cukup panjang. Dalam beberapa kondisi gunung ini memang kurang ramah bagi pemula yang ingin mendaki gunung dengan waktu singkat. Namun, jika ingin mendaki gunung cikuray ini dengan santai dan menginap di pos bisa dipertimbangkan.

Gunung Gede

Gunung Gede ini berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat. Sehingga gunung terpopuler di Jawa Barat ini selalu menjadi favorit bagi banyak pendaki, baik pemula atau pun pendaki berpengalaman. Gunung ini memiliki jalur pendakian yang ramah pemula dan memakan waktu sekitar 5 sampai 6 jam untuk mencapai puncaknya. Anda juga bisa naik dan turun gunung pada hari yang sama jika ingin mencbanya.

Gunung Batu

Gunung batu masuk ke dalam rekomendasi yang ccocok untuk pendaki pemula. Karena, hanya dibutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke puncaknya. Selama pendakian, anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah seperti hutan yang masih asri dan beberapa air terjun yang menyegarkan.

Gunung Burangrang

Gunung Burangrang berada di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Meskipun cukup menantang, jalur pendikan Gunung Burangrang masih cocok untuk latihan pendaki pemula. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak berkisar antara 5 sampai 7 jam, tergantung pada kondisi fisik dan cuaca. Selama perjalanan menuju puncak, para pendaki akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah, seperti hutan pinus, kebun teh dan bukit yang hijau.

Gunung Malabar

Gunung Malabar berada di kawasan Cililin, Kabupaten Bandung Barat dan termasuk salah satu gunung terpopuler untuk pendaki pemula. Dari puncaknya, anda bisa menikmati pemandangan yang sangat menawan. Para pendaki bisa melihat pemandangan Kota Bandung, Sehingga gunung Tangkuban Perahu dan hamparan perkebunan teh yang menyegarkan.

Gunung Galunggung

Rekomendasi gunung untuk pemula selanjutnya ada gunung galunggung. Gunung berapi ini berada di wilayah kabupaten tasikmalaya dan garut memiliki jalur pendakian yang menantang namun cukup mudah. Sebab jalur pendakiannya tersusun dari ratusan anak tangga yang cukup menantang.

Namun karena gunung galunggung ini masih aktif dan terdapat resiko bahaya erupsi, pendaki haru mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan pendakian. Persiapan sebelum memulai pendakian sagat penting untuk mencegah resiko yang tidak diinginkan. Selain persiapan fisik dan mental, anda juga perlu menyiapkan perlengkapan hiking terbaik dan memenuhi standar.

Apa Saja Persiapan Yang Harus Dilakukan Sebelum Naik Gunung

Melakukan pendakian gunung tentunya harus memiliki persiapan terlebih dahulu, apalagi bagi pemula sangat dibutuhkan. Untuk itu, disini akan disebutkan apa saja persiapan yang harus dilakukan sebelum naik gunung yaitu:

Tentukan lokasi dan level mendaki

Pilihlah lokasi dengan jalur pendakian yang sesuai dengan kemampuan anda. Jangan langsung memilih jalur yang sulit untuk dilalui, terutama jika baru naik gunung. Kenali terlebih dahulu jalur pendakian dari lokasi yang anda pilih dengan bertanya atau membaca ulasan pendakian.

Cek lokasi dan cuaca

Penting sekali untuk mengetahui seperti apa cuaca pendakian sehingga anda bisa mempersiapkan dan mengubah rencana jika diperlukan. Anda bisa periksa cuaca di lokasi melalui ramalan cuaca atau bertanya kepada penjaga pos atau pengawas di lokasi tersebut.

Gunakan pakaian yang sesuai

Saat mendaki gunung, pilihlah pakaian yang tepat dan nyaman. Gunakan pakaian yang bisa menyerap keringat agar kulit tetap kering. Di gunung suhu bisa saja berubah ubah, jadi pertimbangkan untuk menggunakan jaket dan pakaian berlapis agar tubung tetap hangat dan terlindungi.

Rekomendasi gunung di jawa barat untuk pemula sudah disebutkan diatas, pada saat mendaki gunung pun perlu beberapa persiapan terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan supaya selama pendakian bisa lebih aman dan nyaman sehingga akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Baca Juga : Kumpulan 17 Daftar Keindahan Indonesia Pantai Terkenal

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *