Johnnydeppreads.com – Dari sebagian besar kalangan masyarakat di Indonesia memang lebih jarang mengenal nama Pulau Tanimbar dibanding beberapa pulau lain. Namun demikian, Pulau Tanimbar merupakan kepulauan yang terdapat di Provinsi Maluku sekaligus menjadi nama kabupaten, yakni Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Dulunya, Kepulauan Tanimbar bernama Kabupaten Maluku Tenggara Barat setidaknya hingga sampai pada tahun 2019 yang berganti nama menjadi Kepulauan Tanimbar. Sesuai dengan namanya, kabupaten di Maluku ini mempunyai sejumlah pulau yang sangat eksotis serta terkenal dengan keindahan alamnya yang menarik.

Ada beberapa pulau besar yang bisa anda temukan di Kepulauan Tanimbar diantaranya seperti Pulau Selaru dan juga Pulau Yamdena. Bahkan, beberapa pulau yang ada di Kepulauan Tanimbar telah menjadi kawasan objek wisata menarik yang layak dikunjungi sebab punya keindahan alam tak biasa. Makanya, tidak ada salahnya bagi anda yang ingin berwisata bahari dengan mengunjungi Pulau Tanimbar.

Wilayah Indonesia bagian timur memang sangat populer dengan keindahan maupun kekayaan alamnya. Hal ini bisa anda jumpai salah satunya di Kepulauan Tanimbar yang menyuguhkan panorama alam sangat indah serta menakjubkan. Tak hanya itu, beberapa wisatawan yang pernah menyambangi kepulauan ini tidak jarang selalu mengatakan kalau keindahan Pulau Tanimbar tidak kalah eksotisnya dengan Raja Ampat yang berada di Papua.

Spot Terbaik di Kepulauan Tanimbar yang Eksotis dan Menarik

Kepulauan Tanimbar memang tidak lebih banyak dikunjungi jika dibandingkan dengan Raja Ampat atau Labuan Bajo. Namun yang pasti, pulau ini menawarkan keindahan alam yang sangat memukau, eksotis serta menarik sehingga layak untuk dikunjungi oleh para penikmat wisata. Tak cuma itu, banyak pula spot-spot terbaik di kepulauan ini yang wajib dieksplorasi sehingga dapat memberikan pengalaman yang begitu luar biasa.

Jika anda merencanakan menjelajahi provinsi Maluku, akan lebih lengkap rasanya bilamana anda menyambangi Pulau Tanimbar. Karena, mengunjungi kawasan kepulauan eksotis ini akan memberikan pengalaman berbeda yang tak pernah anda lupakan. Adapun sejumlah spot terbaik di Kepulauan Tanimbar yang eksotis serta menarik buat dikunjungi antara lain sebagai berikut.

Pintu Batu Batlosa

Bicara spot terbaik di Kepulauan Tanimbar, salah satu yang paling menarik tentu saja adalah Pintu Batu Batlosa. Objek wisata satu ini memang sangat ikonik dan juga populer yang ada di kepulauan tersebut. Lokasi Pintu Batu Batlosa terdapat di Desa Latdalam di Kecamatan Tanimbar Selatan. Cara untuk bisa sampai di objek wisata ini dapat ditempuh kurang lebih selama 30 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat dari Saumlaki.

Pintu Batu Batlosa sendiri yaitu sebuah batu karang besar seperti pintu alami di mana berdiri dengan kokoh di tepian pantai. Bahkan, kawasan ini pula jadi spot terbaik dan paling menarik untuk anda bisa menikmati sunset. Terutama bagi anda yang memang penggemar fotografi.

Air Bomaki

Jika ingin menikmati suasana sejuk disertai dengan jernihnya mata air di Kepulauan Tanimbar, Air Bomaki bisa menjadi salah satu spot yang layak anda kunjungi. Air Bomaki merupakan sumber mata air alami yang mempunyai warna biru kehijauan di mana sering kali juga dikunjungi oleh warga lokal. Para wisatawan sendiri dapat menikmati keindahan dari mata air ini sambil bermain air. Sesuai namanya, lokasi Air Bomaki berada di Desa Bomaki, desa yang terletak di Kecamatan Tanimbar Selatan. Pengunjung dapat menempuh lokasi mata air ini dari Saumlaki yang membutuhkan waktu perjalanan sekitar 20-40 menit.

Pulau Matakus

Berkunjung ke Kepulauan Tanimbar belum lengkap rasanya apabila tidak menjajal Pulau Matakus. Keindahan pulau ini memang tak diragukan lagi, terlebih karena pantai pasir putihnya yang sangat mempesona dan bisa memanjakan mata siapapun yang mengunjunginya. Tak cuma itu, di pantai Pulau Matakus juga jadi spot terbaik buat snorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya.

Sejak dari tahun 2016, Pulau Matakus dan juga beberapa pulau lain disebut-sebut sebagai pusatnya diving karena lokasinya yang sangat mendukung dengan air laut yang jernih. Bahkan, Pulau Matakus pun didaulat sebagai pusat pembangunannya yang tentu bisa dibayangkan sendiri seperti apa surga di bawah laut Kepulauan Tanimbar yang ada di Pulau Matakus ini.

Pantai Sife

Memang tidak dipungkiri bahwasannya Pulau Tanimbar mempunyai spot pantai yang sangat indah serta menarik. Satu dari sekian banyak pantai di kepulauan ini yang layak dikunjungi karena eksotis dan pemandangannya yang indah adalah Pantai Sife. Pantai ini terletak di Pulau Asutubun, salah satu pulau eksotis di Kepulauan Tanimbar.

Menurut bahasa setempat, Sife sendiri memiliki makna ayam, tetapi tentu bukan sembarang ayam. Terdapat batu karang di lokasi tersebut yang menyerupai ayam di mana juga dipercaya oleh masyarakat lokal sebagai jelmaan dari ayam peliharaan Inkelu. Inkelu ialah sosok penunggu sekaligus pelindung Pulau Asutubun menrut penuturan dari warga sekitar.

Terlepas dari mitosnya tersebut, Pantai Sife punya pemandangan alam sungguh luar biasa dengan air laut yang jernih serta pasir pantai yang berwarna agak putih. Tidak salah bilamana pantai ini juga jadi destinasi wisata terbaik di Kepulauan Tanimbar yang sayang jika anda lewatkan.

Pulau Nukaha

Kepulauan Tanimbar memang terdiri dari banyaknya pulau-pulau indah nan eksotis, termasuk salah satunya yaitu Pulau Nukaha. Berbeda dengan pulau-pulau lain di Tanimbar, Pulau Nukaha ini adalah pulau yang tidak berpenghuni dan memiliki ukuran yang kecil. Namun, tidak ada yang menyangka bahwa keindahan alamnya sangat memukau seperti menyimpan surga tersembunyi yang pada akhirnya telah menarikĀ  perhatian banyak wisatawan.

Pulau Nukaha sendiri bahkan sudah dipromosikan oleh pemda setempat sejak dari tahun 2020. Makanya, wajar apabila nama pulau ini mulai populer di kalangan pecinta wisata terutama karena memang eksotisme keindahan alam pulau ini yang begitu menakjubkan. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan air laut yang jernih berwarna biru kehijauan sehingga cocok untuk tempat healing.

Pantai Sambunyi

Berikutnya ada Pantai Sambunyi yang juga merupakan bagian dari spot terbaik di Kepulauan Tanimbar. Berdasarkan namanya, Pantai Sambunyi ini terletak di antara kedua tebing yang berlokasi di Pulau Asutubun. Anda cuma dapat mengunjungi Pantai Sambunyi ini lewat jalur laut. Meski mengaksesnya cukup sulit, tetapi anda bisa menemukan surga tersembunyi di pantai ini karena sepanjang kawasan pantai dikelilingi oleh tebing atau lebih tepatnya batuan besar yang memberikan view sangat cantik.

Saat air lautnya sedang surut, pengunjung dapat melewati jalur samping. Pengunjung Pantai Sambunyi mesti melewati tebing karang yang sangat curam serta cukup tajam sehingga perlu berhati-hati saat melaluinya. Akan tetapi, perjuangan anda untuk sampai ke pantai ini akan terbayar dengan keindahan alam yang tersaji di dalamnya. Bahkan, anda bisa puas merasakan keindahan pantai ini dengan maksimal sebab biasanya tidak banyak dikunjungi pula oleh wisatawan lain.

Baca Juga : Keindahan Gunung Bromo yang Cocok Untuk Liburan Terbaik

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *