Johnnydeppreads.com – Bicara taman laut terbesar dan terkenal, sebagian besar masyarakat di Indonesia mungkin mengenalnya terdapat di Pulau Sulawesi ataupun Papua. Sulawesi mempunyai taman laut yang paling menawan dan terkenal akan keindahan bawah lautnya seperti Bunaken atau Wakatobi. Sedangkan, Papua dikenal karena mempunyai surga bawah laut yang populer hingga mancanegara yaitu Raja Ampat. Namun, Bukan hanya Sulawesi dan Papua saja yang memiliki keindahan perairan. Pasalnya, Kalimantan juga mempunyai salah satu taman laut dengan eksotisme yang sangat menarik, yakni berada di Kepulauan Derawan.

Taman Laut Kepulauan Derawan terdapat di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Wilayah ini menjadi salah satu destinasi wisata bahari terbaik dan unik karena terdapat sebanyak 31 pulau di dalamnya. Pulau Derawan ialah pulau utama serta yang paling populer di kawasan ini karena memiliki panorama bawah laut yang dikenal sebagai surga tersembunyi di wilayah Borneo. Tentu saja, eksotisme taman laut ini yang menarik bisa menjadi destinasi wisata bagi anda yang ingin menikmati keindahan perairan Nusantara.

Berkunjung ke taman laut yang ada di Kalimantan ini akan memanjakan anda dengan pemandangan pantainya yang menakjubkan. Bagaimana tidak, hamparan pasir putih yang lembut semakin menambah daya tarik pantai yang ada di setiap pulau Kepulauan Derawan. Tak cuma itu, air laut dengan warna biru jernihnya kian menambah view menarik wilayah taman laut ini. Bahkan, ada banyak pula beberapa fauna yang mendiami kawasan Taman Laut Derawan.

Bagi anda yang belum mengetahuinya, Kepulauan Derawan sendiri menjadi salah satu tempat atau rumah bagi penyu hijau raksasa. Selain itu, penyu sisik juga bisa anda temukan di tempat ini yang mana sampai sekarang masih terus dijaga serta dilestarikan karena disinyalir terancam punah. Kepulauan Derawan juga sangat kaya akan flora dan faunanya sehingga disebut-sebut tidak kalah dari Bunaken atau Raja Ampat sekalipun.

Asal Usul Taman Laut Kepulauan Derawan

Sebelum menjadi kawasan wisata bahari yang sangat terkenal seperti sekarang, Taman Laut Kepulauan Derawan tentu mempunyai sejarah yang panjang. Kepulauan Derawan sendiri tidak terlepas dari cerita rakyat dari penuturan masyarakat setempat. Di mana dulunya, wilayah ini dihuni oleh 2 keluarga yang berdomisili di pulau yang berbeda dan ingin melangsungkan acara pernikahan bagi kedua anak mereka. Keluarga perempuan dan laki-laki berangkat bersama menuju Pulau Panjang dengan menaiki kapal layar.

Sayangnya, musibah terjadi menimpa mereka sebelum sempat sampai di Pulau Panjang dan dikisahkan semua orang yang mengalami tragedi tersebut berubah menjadi pulau-pulau. Adapun Pulau Derawan sendiri sebelumnya merupakan calon mempelai wanita yang masih perawan, sementara Pulau Kakaban yaitu saudara dari perempuan tersebut. Lalu, Pulau Sangkalaki yang juga berada di kepulauan tersebut merupakan calon mempelai pria dan calon mertua pria tersebut berubah menjadi Pulau Maratua.

Terlepas dari cerita dan asal usul penamaannya, Taman Laut Kepulauan Derawan sendiri cukup terkenal dan menjadikannya sebagai destinasi wisata bahari menarik. Pada tahun 2005, kepulauan ini pernah didaftarkan ke UNESCO oleh pemerintah setempat sebagai salah satu situs warisan dunia. Semenjak itu pulau tersebut memiliki julukan Pristine Island yang tak lain karena memiliki keasrian pulau yang masih terjaga serta terawat dengan sangat baik.

  1. Destinasi Wisata

Sesudah cukup mengenal nama dan asal usul sejarahnya, anda yang penasaran dengan Taman Laut Kepulauan Derawan bisa mencoba mengunjungi tempat ini dan menjelajahi keindahan spot-spot yang ada di dalamnya. Apalagi, Kepulauan Derawan bisa menjadi alternatif destinasi wisata bahari selain Raja Ampat, Wakatobi atau Bunaken bahkan dengan tiket yang jauh lebih terjangkau. Para pengunjung dapat berkeliling dari satu pulau ke pulau lain untuk mengetahui bagaimana keunikan dari setiap pulau di wilayah tersebut.

Selain dapat menjajaki berbagai pulau dan keunikannya, berkunjung ke Taman Laut Kepulauan Derawan tentunya akan lebih lengkap jika menyambangi pantainya. Seperti kami sebutkan bahwa pantai yang ada di Kepulauan Derawan mempunyai pasir putih yang lembut serta air lautnya yang terlihat jernih berwarna kebiruan. Sementara itu, keindahan bawah laut Kepulauan Derawan ini bisa anda eksplor dengan melakukan diving atau snorkeling sehingga bisa lebih jelas melihat sejumlah biota laut yang hidup di perairan tersebut serta menyaksikan deretan terumbu karang yang menghiasi alam bawah lautnya.

Selain menemukan banyak spesies ikan, biota laut ataupun terumbu karang, di taman laut ini anda juga bisa menyaksikan indahnya ubur-ubur yang berenang di sekitaran perairan terutama pada saat anda diving. Adapun beberapa jenis ubur-ubur yang mendiami perairan Kepulauan Derawan diantaranya yakni Moon Jellyfish dan juga Jellyfish.

  • Destinasi Kuliner

Untuk melengkapi perjalanan wisata bahari anda di Taman Laut Kepulauan Derawan, anda pun bisa mencoba beberapa jenis kuliner yang terdapat di wilayah ini. Ada banyak jenis makanan khas yang dapat pengunjung coba sewaktu berkunjung ke taman laut ini. Selain makanan khas daerah, anda bisa juga mencoba hidangan hewan laut segar yang bisa dibeli dari beberapa penjual yang menjajakinya di sekitaran kepulauan tersebut.

Beberapa jenis kuliner yang sangat ikonik di Kepulauan Derawan yang memiliki cita rasa lezat diantaranya meliputi Kima-kima, beragam jenis makanan ikan asin, Kulabutan atau cumi-cumi besar, serta masih banyak lagi kuliner unik dan menarik lain yang bisa anda coba di mana terkenal mempunyai rasa yang sangat lezat.

Fasilitas yang Disediakan Objek Wisata Taman Laut Kepulauan Derawan

Memilih destinasi wisata bahari ke Taman Laut Kepulauan Derawan tentunya tidak akan membuat para pengunjung kesulitan dengan banyaknya fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola setempat. Untuk menuju ke lokasi, para wisatawan bisa menggunakan berbagai mode transportasi seperti melalui jalur darat, laut ataupun udara.

Di lokasi Taman Laut Kepulauan Derawan, anda bisa menyewa ataupun membeli perlengkapan selam untuk  diving bilamana anda ingin mengeksplor lebih dalam segala keindahan yang ada di bawah laut kawasan tersebut. Kemudian, jika anda ingin menikmati keindahan Kepulauan Derawan dalam waktu lebih lama, anda tidak perlu cemas karena di sekitar lokasi kawasan tersebut juga sudah banyak penginapan serta hotel yang bisa anda sewa guna keperluan menginap.

Sementara itu, di tempat ini juga terdapat begitu banyak spot-spot yang unik untuk anda manfaatkan dalam melakukan kegiatan fotografi. Selain itu, tentu masih banyak fasilitas dan hal menarik lain bisa anda jumpai di Kepulauan Derawan yang akan memberikan anda kemudahan menjajal keindahan pemandangan di kawasan wisata bahari tersebut.

Demikian sederet informasi menarik mengenai eksotisme keindahan Taman Laut Kepulauan Derawan yang bisa menjadi rekomendasi wisata bahari terbaik yang ada di Indonesia. Dengan segala keindahannya tersebut bisa menjadikan pengalaman anda lebih luar biasa menghabiskan waktu liburan dengan berkunjung ke taman laut ini.

Baca Juga : Kepulauan Padaido, Spot Wisata Taman Laut Terbaik di Timur Indonesia

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *