Johnnydeppreads.com – Daftar-daftar candi di  Indonesia dengan bangunan candi yang sangat  banyak. Apalagi, Nusantara dulunya merupakan tempat penyebaran agama Hindu dan Buddha terbesar yang mana juga banyak kerajaan-kerajaan di masa lampau yang menganut agama Hindu-Buddha. Karena memang, candi sendiri adalah situs bangunan peninggalan Buddha maupun Hindu yang dulu dibangun sebagai tempat suci sekaligus untuk beribadah. Tak hanya itu, beberapa kawasan berdirinya candi yang berdiri di sejumlah daerah yang ada di Indonesia bahkan menawarkan keindahan dan pesona alam yang sungguh memukau. Tidak sedikit dari candi-candi di negara kita sudah sangat populer sebagai kawasan wisata terbaik yang banyak dikunjungi para wisatawan dari berbagai wilayah, termasuk sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Apalagi, bangunan candi biasanya dijaga keasliannya dan dikelola secara baik supaya tidak ada aktivitas manusia yang dapat merusak situs bangunan bersejarah tersebut. Beberapa bangunan candi yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia juga menawarkan rekomendasi pilihan destinasi wisata yang menarik, terutama bagi yang ingin mengenal sejarah sekaligus menikmati suasana yang indah di sana. Beberapa kawasan candi di Indonesia tak hanya menarik karena bangunannya yang unik. Tetapi, di sana biasanya juga terdapat kampung budaya yang menjadi referensi buat anda kunjungi. Memilih wisata sejarah dengan mengunjungi beberapa candi terindah di Indonesia adalah alternatif bagi anda yang mungkin sudah terlalu terbiasa mengunjungi objek-objek wisata mainstream seperti pantai ataupun pegunungan.

Sejumlah Candi Bersejarah dan Terindah yang Menarik Ada di Indonesia

Dari begitu banyaknya candi di belahan Indonesia, beberapa di antaranya bahkan mungkin sudah sangat familiar dan namanya sudah terkenal hingga ke luar negeri. Misalnya saja beberapa nama yang populer seperti Candi Prambanan, Candi Borobudur, atau bahkan Candi Dieng. Namun, tak jarang pula dari beberapa masyarakat yang mungkin belum tahu secara pasti seperti apa sejarahnya dan hal-hal unik apa saja yang ada di dalamnya.

Maka dari itu, dengan berkunjung ke beberapa kawasan wisata candi yang ada di Indonesia, anda bisa menjelajahi banyak spot menarik dan akan memberikan pengalaman wisata yang begitu luar biasa. Selengkapnya, inilah dia daftar candi terindah dan bersejarah paling menarik yang ada di Indonesia:

  • Candi Dieng

Candi Dieng adalah sebuah kompleks candi yang terkenal dengan lokasinya yang sangat tinggi yakni berada di atas ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Tentu saja, hal yang pertama akan anda rasakan ketika mengunjungi Candi Dieng adalah udaranya yang dingin namun juga sejuk sehingga akan memberikan suasana yang menenangkan.

Candi Dieng berlokasi di kawasan Dieng atau tepatnya berada di kota Wonosobo, Jawa Tengah. Adapun Pembangunan Candi Dieng sudah dilakukan sejak pada abad kedelapan Masehi dan merupakan situs peninggalan Hindu. Daftar candi ini dibangun oleh para raja wangsa sanjaya, di mana saat ada mengunjungi akan menemukan beberapa banyak tulisan Jawa yang berusia kurang lebih 808 Masehi. Selain sejarahnya, candi ini terkenal dengan penampakannya yang terlihat sangat cantik serta indah sejauh mata memandang.

  • Candi Borobudur

Borobudur adalah nama yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia karena merupakan candi Buddha terbesar yang ada di Indonesia. Candi Borobudur bahkana terkenal dengan bangunannya yang unik, luas dan pernah terdaftar sebagai satu dari tujuh keajaiban di dunia. Sampai sekarang, candi ini bahkan masih difungsikan dan digunakan sebagai tempat beribadah umat Buddha, selain sebagai kawasan wisata sejarah yang populer.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, Candi Borobudur telah melakukan beberapa kali perbaikan karena aktivitas gunung berapi. Candi yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah ini juga menyajikan pemandangan yang bersejarah dan juga sangat indah dengan luasnya yang luar biasa sehingga dapat dijadikan pilihan terbaik bagi anda yang ingin melakukan perjalanan wisata.

  • Candi Prambanan

Seperti halnya Borobudur, Daftar Candi Prambanan juga terkenal akan keindahannya. Pemandangan candi ini sangat cantik karena memiliki banyak sekali susunan candi yang menjulang tinggi. Di balik keindahannya, Candi Prambanan juga sangat kental dengan sejarahnya, terutama di kalangan warga lokal di mana candi ini menjadi kisah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang. Lokasi dari candi ini juga sangat unik karena berada di dua wilayah sekaligus antara Sleman di Yogyakarta dan juga Klaten di Jawa Tengah.

Sebagai informasi, jika Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di Indonesia, Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari desain arsitektur bangunannya yang sangat lekat dengan budaya Hindu. Selain itu, candi ini sudah dibangun sejak abad ke 8-9 Masehi. Hingga saat ini, Candi Prambanan masih menjadi salah satu destinasi wisata favorit banyak  pelancong.

  • Candi Muara Takus

Bergeser ke Pulau Sumatera, ada Candi Muara Takus yang berlokasi di Kota Kampar Riau. Hal yang membuat candi ini unik karena di sekitarnya dikelilingi oleh pepohonan serta rumput hijau yang terlihat sangat cantik serta indah. Namun sayangnya, belum ada catatan pasti kapan candi ini pertama kali dibangun, tetapi banyak yang meyakini bahwa candi ini menjadi bangunan yang berdiri pada masa keemasan Kerajaan Sriwijaya.

Hal unik lainnya dari Candi Muara Takus ada pada bangunannya. Jika beberapa daftar candi pada umumnya terbuat dari andesit, beda halnya dengan Candi Muara Takus yang banguannya terbuat dari pasir dan batuan sungai serta batu bata. Meski demikian, hal tersebut tentu sama sekali tidak sedikit pun mengurangi segi artistik dari Candi Muara Takus.

  • Candi Brahu

Candi terindah dan juga bersejarah di Indonesia yang berikutnya ada Candi Brahu, terletak di Mojokerto, Jawa Timur. Candi Brahu punya keunikannya tersendiri, di mana dari beberapa candi lainnya dibangun menggunakan batu bata merah serta prasastinya yang ditulis oleh empu sendok

Bahkan, Candi Brahu sendiri merupakan ibu kota dari kerajaan Majapahit yang juga sangat populer akan tempat pembakaran setiap jasad dari para raja. Candi ini juga menjadi tempat ibadah dan dianggap suci oleh umat Buddha.

  • Candi Pawon

Candi Pawon berlokasi tidak jauh dari Candi Mendut ataupun Candi Borobudur yang konon diketahui menjadi tempat penyimpanan abu Raja Indra. Pawon sendiri jika diartikan mempunyai makna pawuan yakni tempat penyimpanan hasil pembakaran jenazah di mana abunya akan disimpan di dalam Candi Pawon.

Sebutan lain dari Candi Pawon yaitu Candi Brajanalan dan masih memiliki keterikatan dengan candi-candi lain yang lokasinya tidak jauh. Apabila anda melihat pada dinding di bagian depan di sana, anda akan menemukan pahatan yang menggambarkan sebuah raja kejayaan. Tak  hanya dari keunikan dari bangunannya, Candi Pawon meskipun memiliki ukuran yang kecil tetapi menyuguhkan pesonanya yang indah dan menarik bagi para pengunjung.

Baca Juga : Wisata Taman Laut di Indonesia yang Eksotis Cocok untuk Diving

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *