Johnnydeppreads.com – Mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan yang besar dan luas, tidak heran jika di negara kita tercinta ini banyak sekali pulau-pulau menarik dan beberapa diantaranya layak buat dikunjungi. Bahkan, ada pula sejumlah pulau terluar di Indonesia yang sangat terpencil tetapi mempunyai pemandangan yang eksotis dan menakjubkan. Namun, beberapa pulau terpencil yang ada di Indonesia justru menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Pasalnya, ada banyak hal unik serta menarik dapat dijumpai di dalamnya yang tidak semua pulau lain memilikinya. Beberapa pulau yang berada jauh di luar wilayah negara Indonesia juga punya spot unggulan serta dikelilingi oleh pemandangan air laut yang biru nan luas.

Dengan adanya beberapa banyak pulau terluar di Indonesia, para pecinta wisata tentunya punya pilihan tempat wisata menarik yang tidak mainstream. Meskipun memerlukan effort yang lebih untuk menuju ke lokasinya, tetapi sesampainya di pulau-pulau tersebut segala rasa lelah anda akan terbayar dengan indahnya pemandangan alam sangat menakjubkan. Di Indonesia sendiri, pulau-pulau terluar biasanya dikategorikan ke dalam kelompok PPKT atau Pulau-Pulau Kecil Terluar. Karena memang, sebagian besar pulau terluar mempunyai ukuran yang kecil. Tentu saja, keberadaan pulau terluar menjadi daya tarik tersendiri dan memang sebagian besar pulau tersebut sudah menjadi kawasan objek wisata populer dan favorit bagi para pelancong.

Inilah Deretan Pulau Terluar di Indonesia yang Sangat Eksotis dan Menakjubkan

Bicara pulau terluar yang ada di Indonesia pastinya kurang lengkap jika tidak membahas pula nama-nama pulaunya. Apalagi, rata-rata pulau terluar memang memiliki ciri khas berupa pemandangan alam yang sangat eksotis dan memukau sehingga membuat beberapa pecinta wisata sangat penasaran untuk menyambanginya. Bahkan, beberapa pulau terluar justru ada yang lokasinya lebih dekat dengan negara lain dibanding wilayah Indonesianya sendiri. Di antara banyaknya pulau-pulau, berikut beberapa deretan pulau terluar di Indonesia yang sangat eksotis dan juga menakjubkan yang mungkin bisa menjadi destinasi wisata terbaik:

  • Pulau Natuna

Diketahui bahwa Pulau Natuna merupakan pulau yang berada paling utara yang terletak di Selat Karimata. Berada jauh dari daratan utama negara Indonesia, pulau ini bahkan berbatasan langsung dengan negara Kamboja dan Vietnam di bagian utaranya. Sementara itu, di bagian selatan, Pulau Natuna berbatasan dengan Sumatera Selatan dan juga Jambi. Bahkan selain dengan Vietnam dan Kamboja, pulau ini juga berbatas dengan Negara Singapura dan Malaysia.

Terlepas dari lokasinya yang sangat jauh dan menjadi pulau terluar, Pulau Natuna layak dieksplorasi karena menyuguhkan panorama alam sangat indah serta mempesona. Apalagi, di pulau ini terdapat banyak sekali spot pantai yang sangat cantik disertai dengan keindahan laut yang memukau di mana anda bisa menjajal beberapa aktivitas seru seperti snorkeling ataupun diving.

  • Pulau Marampit

Berlokasi di Sulawesi Utara, Pulau Marampit menjadi salah satu dari banyak pulau terluar di Indonesia dengan luas 12 kilometer persegi. Pulau yang satu ini berbatasan laut dengan negara Filipina sehingga membuatnya memiliki letak yang unik selain juga dengan pemandangan alamnya yang luar biasa serta sangat menakjubkan. Di Pulau Marampit sendiri memang sangat unik dengan adanya tiga kampung yakni Kampung Laluhe, Kampung Dampulis dan juga Kampung Marampit. Selain itu, alasan pulau ini jadi salah satu destinasi wisata bahari terbaik karena menjadi habitat bagi beberapa jenis spesies flora dan fauna yang endemik.

Untuk menjelajahi keindahan bawah  lautnya, di Pulau Marampit anda juga dapat menjajal kegiatan seru mulai dari snorkeling hingga diving. Apalagi, perairan di pulau ini juga memang sangat menunjang untuk melihat dengan jelas keindahan bawah laut dengan air yang jernih dan berwarna biru jika terlihat dari kejauhan.

  • Pulau Rote

Nama Pulau Rote memang sudah sangat populer bagi sebagian besar kalangan masyarakat di Indonesia. Hal yang membuat pulau ini paling terkenal sebab lokasinya yang berada sangat jauh dan terpencil sehingga termasuk ke dalam salah satu daftar pulau terluar di Indonesia. Pulau Rote berada di Perairan Laut Sawi serta di bagian selatannya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Pulau Rote juga begitu terkenal karena punya banyak sekali spot pantai yang salah satunya ialah Pantai Nemberala. Pantai ini dikenal unik karena pasir pantainya yang  berwarna putih dan tentu sering jadi incaran para wisatawan. Tak  hanya itu, berselancar juga menjadi kegiatan seru yang dapat anda coba di perairan Pulau Rote karena memang ombaknya yang sangat besar sehingga benar-benar menunjang.

  • Pulau Miangas

Jika anda ingin merasakan pengalaman terbaik berwisata dengan mengunjungi pulau terluar di Indonesia, Pulau Miangas adalah salah satunya pilihan menarik layak anda coba. Pulau Miangas berlokasi di perbatasan antara negara Indonesia serta Filipina, tepatnya terletak di Kabupaten Talaud. Pulau Miangas dijuluki sebagai “Palmas” yang mempunyai banyak sekali destinasi wisata pantainya yang sangat asri serta eksotis. Salah satu pantai tercantik yang ada di Pulau Miangas yaitu Pantai Merra, di mana pantai ini mempunyai pasir putih halus serta perairan laut yang begitu menyegarkan.

  • Pulau Weh

Pulau Weh terkenal dengan julukan “Surga di Ujung Barat Indonesia” karena memang lokasinya berada di Sabang, Provinsi Aceh yang memiliki panorama alam sungguh mempesona. Pulau Weh menyajikan banyak sekali spot-spot unggulan menarik yang bisa menjadi destinasi wisata para pelancong dengan keindahan alam paling memukau serta sangat eksotis. Ada beberapa spot yang wajib anda sambangi di Pulau seperti misalnya Pantai Iboih. Di sini, anda bisa menikmati fenomena sunset dengan jelas ditemani dengan perairan yang tenang. Tak hanya itu, pantai yang ada di Pulau Weh ini juga punya pasir berwarna putih keemasan dengan kilauan yang sangat indah sehingga menyuguhkan view paling menarik.

  • Pulau Liki

Berikutnya ada Pulau Liki di mana juga menjadi salah satu daftar pulau terluar yang terdapat di Indonesia. Pulau yang satu ini berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik yang sangat terkenal akan keindahan alam bawah lautnya. Memang, kehidupan bawah laut di perairan Pulau Liki ini sangat eksotis dan juga indah. Pengunjung yang datang ke Pulau Liki akan langsung disambut dengan indahnya pasir putih dengan jernihnya air laut yang akan sangat menenangkan. Jika beruntung, di pulau ini pula anda bisa menyaksikan uniknya kawanan lumba-lumba yang biasanya selalu muncul di pagi hingga menjelang siang hari.

Beberapa pulau terluar di Indonesia seperti yang disebutkan di atas memang mempunyai karakteristik dan keindahan alam yang bervariatif. Tentunya, setiap pulau terluar menjadi surga tersembunyi yang layak dieksplorasi apabila para wisatawan menginginkan pengalaman wisata berbeda dengan menemukan banyak  hal baru yang belum tentu ada di beberapa kawasan wisata lainnya.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Gunung Di Jawa Timur Yang Cocok Untuk Pemula

 

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *