Johnnydeppreads.com – Jika mencari salah satu wisata bahari yang menarik dengan pemandangan alam yang sangat memukau, Pulau Enggano mungkin bisa menjadi salah satu destinasi terbaik dan paling recommended buat dikunjungi. Apalagi, Pulau Enggano merupakan satu di antara banyak pulau terluar di Indonesia sehingga bisa menyuguhkan pengalaman wisata bahari paling menarik dan tidak biasa yang tidak akan pernah anda lupakan.

Pulau Enggano merupakan sebuah pulau di Sumatera yang secara administratif dimiliki oleh provinsi Bengkulu, tepatnya di Kabupaten Bengkulu Utara. Luas wilayah pulau ini adalah sebesar 397,2 kilometer persegi yang menjadi habitat bagi banyak flora dan fauna di samping keindahan alamnya yang amat menakjubkan dan juga sangat eksotis.

Eksotisme Pulau Enggano memang tidak perlu diragukan lagi, meski lokasinya yang sangat jauh serta namanya yang belum sefamiliar pulau-pulau lain yang ada di Indonesia. Apalagi, pulau ini yang berlokasi di tengah Samudera Hindia serta dekat dengan Australia.

Tak hanya itu, ada pula suku pendatang yang juga tinggal di pulau ini yaitu suku Kamay. Dengan jumlah populasi sebanyak 3.000an jiwa. Mereka mencari penghasilan dari hasil laut serta hutan yang sangat kaya.

List Destinasi Wisata Tersembunyi yang Eksotis dan Menarik di Pulau Enggano

Pulau Enggano adalah pulau utama di kawasan tersebut di mana di dalamnya juga masih terdapat banyak pulau-pulau lain yang berukuran lebih kecil. Namun, bukan itu yang menjadi daya tarik pulau ini, tetapi beberapa pulau yang tersebar juga menjadi destinasi wisata tersembunyi paling eksotis serta menarik sehingga layak dikunjungi.

Berbeda dengan pulau-pulau di kepulauan lain yang ada di Indonesia, deretan pulau di Pulau Enggano belum banyak terjamah sehingga mengindikasikan bahwa lokasi di sana masih sangat alami. Tak hanya pulau-pulau kecil, ada pula berbagai spot menarik lain bisa anda temukan di pulau tersebut yang bisa anda jelajahi. Inilah dia list destinasi wisata tersembunyi yang eksotis dan menarik yang ada di Pulau Enggano:

  1. Pulau Dua

Pulau Dua secara historis merupakan tempat tinggal bagi penduduk asli Pulau Enggano. Akan tetapi, karena satu dan lain hal, pulau ini akhirnya ditinggalkan sampai tidak ada lagi penduduk yang tersisa hingga hari ini. Terlepas dari sejarahnya tersebut, Pulau Dua memang menyuguhkan keindahan pantai maupun ekosistem pantainya yang sangat memukau serta masih terjaga dengan sangat alami sehingga cocok buat anda kunjungi.

  • Bak Blau

Berikutnya ada Bak Blau yang merupakan destinasi wisata paling layak buat disambangi ketika anda berkunjung ke Pulau Enggano. Bak Blau sendiri yaitu sumber mata air yang biru di mana langsung bermuara ke laut. Adapun Bak Blau sendiri bermakna “mata biru” yang dalam bahasa Enggano mendefinisikan warna kolam ini di mana memiliki warna biru yang kehijauan.

Dikarenakan menjadi salah satu spot favorit, tidak mengherankan bilamana Bak Blau ini telah dikembangkan dengan dilengkapi berbagai fasilitas yang menunjang kebutuhan semua wisatawan saat mengunjungi Pulau Enggano. Meski begitu, tidak akan menghilangkan keindahan alamnya yang memang sangat alami sehingga menjadikannya tempat yang cocok untuk melakukan kegiatan berwisata.

  • Pantai Komang (Batu Lobang)

Salah satu yang juga menjadi destinasi wisata andalan Pulau Enggano adalah Pantai Komang atau yang juga bisa disebut dengan nama Batu Lobang. Di pantai ini menyuguhkan atraksi berupa uniknya struktur bebatuan di daerah sekitaran pantai.

Pantai Komang sendiri ialah atraksi wisata yang terletak di sebalik Pulau Enggano serta langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Adapun pantai ini punya susunan tebing yang mempunyai lubang pada bagian tengahnya sehingga menjadi keunikannya tersendiri.

Untuk bisa mencapai lokasi Pantai Komang, terbilang lumayan sulit sebab pengunjung mesti menaiki sampan supaya bisa sampai ke tujuan. Namun, usaha tersebut tidak akan sia-sia sebab sesampainya anda di pantai ini akan disuguhkan dengan pemandangan alam sangat indah dan begitu eksotis yang  bisa memanjakan mata.

  • Pantai Senggol

Pantai ini merupakan spot terbaik di Enggano dan menjadi destinasi wisata di jalan Utama pulau tersebut. Pantai ini juga berlokasi di jalan utama simpang Trans-Malakoni di mana menyuguhkan pemandangan indah disertai hamparan pasir luas yang bisa anda jelajahi.

Selain itu juga telah cukup diperhatikan lembaga maupun komunitas setempat sebagai destinasi wisata paling menarik. Pasalnya, berbeda dengan ke Pantai Komang di mana akses untuk menuju Pantai ini terbilang cukup bagus dan tidak menantang sehingga sangat mudah dilalui oleh para wisatawan.

  • Danau Pulau

Sesuai dengan namanya, Danau Pulau merupakan sebuah danau yang terdapat di Pulau Enggano yang berada di tengah pulau kecil di tengah-tengah samudera. Keindahan Danau Pulau memang sangat menakjubkan di mana anda bisa menikmati keeksotisan danau ini dengan berkemah sembari menikmati suasana yang tenang.

Apalagi, keindahan danau ini akan semakin terasa saat anda berkemah karena letak dari Danau Pulau ini dikelilingi oleh hutan tropis masih asri. Udara sejuk bisa anda dapatkan di danau ini sambil bersantai dengan menikmati eloknya suasana danau.

  • Pantai Podipo

Seperti beberapa pantai lain di Pulau Enggano, Pantai Podipo juga menjadi salah satu destinasi wisata paling menarik dan mengagumkan di pulau ini. Apalagi, ciri khas utama dari pantai ini ialah memiliki perairan laut berwarna hijau tosca serta pasir putih yang terhampar luas dan sangat indah sejauh mata memandang.

Anda dapat mengunjungi Pantai Podipo untuk berjalan-jalan santai di pantai, menikmati pemandangan alam laut yang indah, serta menjajal beberapa spot-spot terbaik untuk berfoto di mana akan mampu memberikan pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Tak hanya itu, keindahan Pulau Enggano bisa anda rasakan ketika mengunjungi Pantai Podipo dengan air pasir pantainya yang putih dan halus. Dengan dikelilingi oleh suasana perairan yang indah akan menambah kepuasan anda di kala berada di Pantai Podipo.

Itulah sedikit gambaran menarik tentang Pulau Enggano beserta dengan eksotisme keindahan alamnya yang sungguh menakjubkan. Pulau Enggano menjadi bagian dari rangkaian pulau terluar di Indonesia namun tidak kalah menarik dalam menyuguhkan panorama alam yang memukau sehingga jadi tempat paling cocok untuk anda kunjungi ketika ingin menghabiskan masa liburan yang menyenangkan dengan penuh pesona.

Baca Juga : Menjelajahi Keeksotisan Pulau Mentawai, Objek Wisata terbaik

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *