Johnnydeppreads.com – Papua memang menjadi surganya bagi para wisatawan karena menyuguhkan berbagai daya tarik keindahan alam luar biasa. Tidak hanya dari gunungan ataupun danau, di Tanah Papua juga terdapat begitu banyak pulau-pulau cantik serta menarik untuk dikunjungi karena punya pesona dan keindahan alam memukau, salah satunya seperti Pulau Rumberpon yang ada di Papua Barat.

Pulau Rumberpon dikenal sebagai salah satu pulau cantik dan indah di Papua karena mempunyai pantai berpasir putih. Tak hanya itu, dikenal sebagai surga yang ada di tanah Papua sebab pulau ini juga dikelilingi oleh air laut berwarna biru sangat jernih serta keanekaragaman hayati sangat menakjubkan meskipun namanya belum setenar seperti beberapa pulau-pulau lain yang ada di Tanah Air.

Pulau Rumberpon sendiri ialah salah satu destinasi wisata Papua yang sangat menarik serta layak dikunjungi selain Raja Ampat. Karena, pemandangan alam yang indah di pulau ini tak kalah menariknya dari Raja Ampat yang sudah sangat mendunia. Bahkan, pulau yang lebih jarang terjamah ini pasti menyimpan kekayaan alam yang melimpah ruah sehingga bisa anda eksplorasi sewaktu mengunjunginya.

Sebagai informasi, Pulau Rumberpon termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih yang dikelola pemerintah daerah setempat untuk menjaga kelestarian dan kealamian pulau tersebut. Bagi anda yang berkesempatan berkunjung ke Papua Barat, tentu akan semakin lebih menarik dan lengkap bilamana anda juga menyambangi pulau cantik ini.

Keunikan Pulau Rumberpon di Papua Barat

Pulau Rumberpon secara administratif berlokasi di Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat. Para pengunjung dapat menyambangi pulau ini dengan melewati jalur laut selama 5,5 jam dari Manokwari. Selain itu, pulau ini juga bisa dikunjungi lewat jalur darat yang dimulai dari Manokwari menuju Ransiki yang akan memakan waktu perjalanan kurang lebih selama 3 jam. Berikutnya akan dilanjutkan dengan perjalanan melewati laut dari Ransiki menuju Pulau Rumberpon selama 2 jam perjalanan.

Meski letaknya yang cukup jauh, tetapi keunikan dari Pulau Rumberpon rasanya tidak perlu diragukan lagi. Terbukti, pemandangan alam di sekitar pulau ini memang sangat memesona dan menakjubkan yang menjadikannya sebagai salah satu destinasi terbaik yang tidak boleh terlewatkan, khususnya ketika anda mengunjungi Papua.

Seperti mana destinasi wisata di bumi Cenderawasih, tentu saja Pulau Rumberpon juga menyuguhkan pesona keindahan alam yang sangat begitu istimewa serta memukau. Apalagi, anda bisa merasakan langsung indahnya pantai di pulau ini yang berpasir putih sangat cantik dengan air laut yang jernih sehingga dapat memanjakan mata.

Keunikan lain dari Pulau Rumberpon di Papua Barat yaitu air lautnya yang membentang sangat luas. Bahkan, pemandangan bawah laut di sekitaran pulau ini juga tak kalah memesona dengan banyaknya biota laut serta berbagai jenis spesies ikan yang mendiami perairan pulau tersebut. Para wisatawan dapat menikmati keindahan bawah laut Pulau Rumberpon dengan cara scuba diving maupun snorkeling.

Rangkaian Kegiatan Seru dan Menarik di Pulau Rumberpon

Seperti dikatakan bahwasannya Pulau Rumberpon menjadi lokasi menarik yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan berbagai kegiatan seru, seperti salah satunya dengan diving ataupun snorkeling. Anda bisa menyaksikan lebih jelas dan detail seperti apa keindahan bawah laut pulau ini dengan diving atau snorkeling sembari mengamati berbagai spesies ikan kecil dan beberapa biota laut lain.

Selain berenang dan menyelam, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan lain di Pulau Rumberpon seperti memancing. Tak cuma itu, para wisatawan pun dapat mengamati burung serta satwa khas lain misalnya kuskus.

Di samping menikmati keindahan alam bawah laut, mengunjungi Pulau Rumberpon juga akan memberikan pengalaman sangat menarik di kala anda bisa menjajal spot unik. Karena di pulau ini, ada titik penyelaman tidak biasa yakni berupa kerangka pesawat tempur yang karam pada saat Perang Dunia 2 milik tentara Jepang.

Wisata Pantai Wondui, Spot Terbaik Pulau Rumberpon yang Layak Dikunjungi

Pulau Rumberpon memang mempunyai beberapa spot pantai terbaik untuk dikunjungi para wisatawan. Salah satu yang jadi daya tarik ialah wisata Pantai Wondui yang disebut-sebut sebagai spot paling menarik yang terdapat di pulau ini. Selain mempunyai pasir putih, pantai ini pun juga jadi tempat sangat pas bagi siapapun wisatawan yang ingin berjemur sembari menikmati keindahan sunrise ataupun sunset.

Pasalnya, di Pantai Wondui sendiri terdapat pondok wisata yang dikelola oleh BBTNTC atau Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih di mana bisa anda gunakan sebagai tempat penginapan yang memang khusus disediakan untuk setiap wisatawan. Jika tak ingin tinggal di pondok wisata, anda pun sebetulnya bisa melakukan camping atau berkemah di antara pepohonan hutan yang rindang yang berlokasi di dataran rendah sehingga sangat aman.

Tak hanya itu, anda bahkan bisa sambil berenang dan menyelam untuk dapat menikmati indahnya ekosistem terumbu karang serta berbagai fauna laut. Di sisi lain, Pulau Rumberpon juga menyediakan jalur tracking bagi setiap para wisatawan menuju ke alang-alang Kampung Isenebuay yang tentu sangat menarik sekaligus menantang.

Tradisi Unik Pulau Rumberpon

Bukan cuma dari sisi keindahan alamnya yang sudah terkenal sangat mempesona, tetapi di Pulau Rumberpon juga sangat lekat dengan tradisinya yang unik dari warga lokal. Ada salah satu tradisi unik di pulau ini yakni tradisi perkenalan dengan memakan pinang, Isenebuai yang dilakukan bertujuan untuk menyambut tamu yang datang ke Pulau Rumberpon.

Pinang mempunyai rasa yang pahit dan juga sepet, namun bagi masyarakat di sana tradisi memakan pinang ini sangat penting sebagai etika untuk menyambut para tamu. Apalagi, tradisi ini sudah ada sejak lama dan menjadi kebiasaan buat para tamu atau wisatawan yang berkunjung ke pulau ini.

Pulau Rumberpon Menjadi Habitat Asli Beberapa Fauna Endemik

Di luar eksotisme keindahan alamnya yang memukau, Pulau Rumberpon sendiri menjadi habitat asli bagi beberapa fauna endemik yang beberapa di antaranya bahkan cuma bisa anda jumpai di pulau ini. Di daratan utama Pulau Rumberpon, ada habitat kuskus, rusa serta elang laut.

Tak hanya di daratannya, di perairan Pulau Rumberpon juga menjadi habitat bagi penyu dan duyung. Selain itu, kawasan Pulau Rumberpon jadi bagian dari Taman Nasional Teluk Cenderawasih yang di dalamnya terdapat situs arkeologi dengan  nama Situs Suwef Imande Kamberei serta Situs Inurikiyari. Kedua situs tersebut punya peninggalan arkeologi yakni berupa pecahan rangka manusia.

Dengan berbagai keunikan serta pemandangan alam indahnya tersebut, tidak ada salahnya jika menjadikan Pulau Rumberpon di Papua Barat ini menjadi tujuan destinasi wisata. Selain menikmati panorama alam yang memukau, berkunjung ke pulau cantik ini juga akan membuat anda bisa menambah wawasan dengan mengenal banyak kehidupan di pulau tersebut sekaligus menjelajahi segala keunikan yang di tempat lain pun belum pernah anda temukan sebelumnya.

Baca Juga : Menilirik Panorama Alam Pulau Samalona yang Sangat Eksotis

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *