Johnnydeppreads.com – Mendapat predikat sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia tentu memiliki begitu banyak pulau-pulau. Beberapa pulau di antaranya bahkan merupakan pulau terluar namun menyuguhkan panorama alam yang sangat eksotis dan indah. Seperti mana salah satunya yang bisa anda temukan di Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Berau yakni Pulau Maratua.

Pulau Maratua adalah salah satu dari sekitar ratusan pulau terluar di Indonesia yang berada di Provinsi Kalimantan Timur. Meski menjadi pulau terluar, namun Pulau Maratua dikenal sebagai paradise island karena memang memiliki pemandangan alam luar biasa bak surga tersembunyi sehingga selalu menjadi salah satu tujuan wisata bagi banyak pelancong.

Bahkan yang menarik di Pulau Maratua ini karena lokasinya yang menjadi lokasi bertelurnya hewan penyu hijau terbesar yang ada di Indonesia, tepatnya berlokasi di area pantainya. Apalagi, pulau ini memiliki luas sekitar 22,93 kilometer persegi yang membuatnya juga menjadi habitat beberapa fauna lain.

Karena keindahan alamnya yang eksotis serta mengagumkan, Pulau Maratua juga dijuluki sebagai serpihan surga yang berada di utara Indonesia. Berdasarkan informasi yang dikutip dari laman resmi Pemprov Kalimantan Timur, pulau ini merupakan salah satu destinasi wisata bahari di Kepulauan Derawan dan juga disebut-sebut sebagai surga wisata.

Terlebih lagi, Pulau Maratua sangat terkenal dengan keindahan pantainya serta berbagai biota laut yang tinggal di kawasan perairan pulau tersebut. Untuk menunjang kebutuhan para wisatawan, Pulau Maratua juga menyediakan berbagai fasilitas penginapan ataupun resort yang pastinya menawarkan harga lebih murah ketimbang yang ada di Bali sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tujuan wisata.

Potensi Kekayaan Alam Pulau Maratua

Pulau Maratua adalah pulau menarik di Indonesia karena kaya akan terumbu karang sangat indah serta menjadikannya sebagai salah satu wisata andalan menarik yang ada di Indonesia. Bahkan, di perairan sekitar pulau ini pun hidup berbagai jenis ikan maupun biota laut lain yang menambah kekayaan alam yang ada di Pulau Maratua.

Tak hanya berbagai jenis fauna, sejumlah flora ataupun pepohonan yang tumbuh di Pulau Maratua juga menambah keeksotisan pulau ini serta menyuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan sehingga layak dikunjungi. Apalagi, Pulau Maratua yang terletak jauh memungkinkan para wisatawan bisa menikmati dan merasakan keindahan alamnya secara langsung lebih sempurna karena biasanya pada waktu-waktu tertentu tidak terdapat banyak pengunjung lain.

Bahkan, Pulau Maratua layak dijadikan destinasi wisata terbaik karena memiliki pasir berwarna putih serta air laut yang sangat jernih berwarna kebiruan. Tidak heran jika di pulau ini anda bisa merasakan kesejukan dengan angin segar khas pantai tropis yang mungkin tidak akan dijumpai di tempat lain.

Pesona Pulau Maratua dengan Eksotisme Keindahan Alam yang Tak Terduga

Sebagian penikmat wisata mungkin tidak akan mengira bahwa di Pulau Maratua ini terdapat banyak sekali keindahan alam yang tak kalah menariknya dibandingkan dengan pulau-pulau lain di Tanah Air. Apalagi, pulau terluar yang berada di Berau, Kalimantan Timur ini memang memiliki alam yang masih terjaga keasliannya sehingga layak disambangi ketika anda berkesempatan berada di Kaltim.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwasannya Pulau Maratua merupakan bagian dari Kepulauan Derawan di mana sangat terkenal sebagai lokasi dengan kawasan terumbu karang sangat Indonesia di Indonesia. Lantas, seperti apa pesona keindahan Pulau Maratua? Berikut informasinya yang dapat anda simak untuk menambah ketertarikan anda mengunjungi pulau yang berada di provinsi Kalimantan Timur ini.

  1. Paradise Island

Memang tidak dipungkiri bahwa Pulau Maratua dikenal sebagai salah satu pulau tercantik yang berada di Kepulauan Indonesia. Hal itu dikarenakan di pulau ini terdapat banyak sekali atol maupun terumbu karang yang masih terjaga sangat alami serta bisa membuat para pengunjung terpukau saat mengunjunginya.

Dijuluki sebagai paradise island karena memang Pulau Maratua punya pasir pantai berwarna putih hingga perairan yang jernih layaknya Kristal. Apalagi, untuk bisa lebih merasakan keindahan bawah lautnya, anda bisa melakukan snorkeling ataupun menyelam guna mengamati bagaimana kehidupan bawah laut di Pulau Maratua ini.

  • Surganya untuk Diving

Dengan air laut yang jernih di Pulau Maratua, tidak mengherankan jika para pengunjung bisa melakukan diving atau menyelam untuk menyaksikan secara langsung kehidupan bawah laut. Pulau Maratua sendiri sedikitnya menyuguhkan sebanyak 21 spot diving dan snorkeling yang bisa anda eksplorasi. Bahkan, di beberapa spot snorkeling menyajikan tempat yang sangat menakjubkan karena banyak jenis hewan laut bisa anda temukan di dalamnya.

Apabila beruntung, anda bisa menikmati pengalaman diving yang menyenangkan disertai oleh kawanan penyu hijau dan manta melintas di sekitaran anda menyelam. Selain itu, hamparan terumbu karang yang berwarna-warni juga melengkapi keeksotisan bawah laut Pulau Maratua yang semakin lebih istimewa. Tentu saja dengan suasana alam memukau dan tenang membuat anda tidak ingin beranjak dari Pulau Maratua.

  • Resor Tropis yang Memanjakan Mata

Selain keindahan alamnya yang sangat memukau dan luar biasa, Pulau Maratua juga terkenal akan resornya yang sungguh memanjakan mata. Termasuk salah satu primadona wisata yang ada di pulau ini yaitu Maratua Paradise Resort.

Keindahan pantai dengan disertai laut yang indah membuat Pulau Maratua sangat layak buat anda kunjungi dengan konsep penginapan yang juga sangat eksotis seolah menyatu dengan alam. Berbagai sarana dan prasarana di Pulau Maratua juga tersedia lengkap sehingga anda tidak perlu khawatir mengunjungi pulau ini.

  • Suku Bajo

Tak hanya sekedar menikmati keindahan alam yang eksotis, di Pulau Maratua anda juga bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat Suku Bajo di mana merupakan penduduk asli yang tinggal di Pulau Maratua. Mayoritas Suku Bajo menggantungkan hidup sebagai nelayan dari hasil  tangkapan ikan di perairan yang ada di pulau tersebut.

Selain itu, setiap wisatawan juga bisa merasakan langsung kebudayaan serta adat istiadat Suku Bajo dengan dapat melihat berbagai rumah kayu masyarakat lokal  yang sangat unik serta menarik. Setiap rumah masyarakat Suku Bajo juga dihubungkan oleh jembatan yang terbuat dari kayu serta desain rumah panggung yang diletakkan di atas batu-batu laut ataupun hamparan terumbu karang.

  • Keunikan Danau Payau

Pantai yang indah berpasir putih dengan air laut jernih bukan satu-satunya daya tarik di Pulau Maratua. Di dalam pulau ini bahkan juga terdapat salah satu danau yang unik dengan pemandangan alam menakjubkan yaitu Danau Payau.

Danau Payau sendiri merupakan danau di Pulau Maratua yang terkenal dengan airnya yang jernih dan sangat sejuk. Bahkan, para pengunjung bisa berenang di danau tersebut dengan aman karena perairannya yang tenang dan memiliki kedalaman relatif dangkal. Keberadaan Danau Payau tentu jadi pilihan cocok bagi anda yang mungkin merasa takut apabila harus berenang di sekitaran perairan pantai.


Baca Juga : Mengeksplorasi Beragam Keajaiban di Pulau Bawean Terbaik

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *