Johnnydeppreads.com – Warga Jambi pasti sudah sangat familiar dengan nama Danau Kumbang karena letaknya yang unik berada di atas puncak Gunung Masurai, Jambi. Berdiri pada ketinggian 2.702 meter di atas permukaan laut menjadikan Danau Kumbang ini sebagai danau kedua tertinggi yang ada di Indonesia setelah Danau Habema di Papua.

Danau Kumbang yang berada di puncak gunung ini tentu saja menyuguhkan pesona keindahan alam yang mengagumkan serta mampu memikat hati bagi siapapun yang mengunjunginya. Apalagi, danau ini juga menjadi tempat terbaik di mana anda bisa melihat dengan gagahnya Gunung Kerinci sebagai gunung tertinggi di Pulau Sumatera tersebut.

Belum ada penelitian yang menyebutkan secara rinci kapan Danau Kumbang terbentuk. Namun yang pasti, danau ini merupakan jenis danau vulkanik yang terbentuk dari letusan Gunung Masurai  pada masa lalu. Letaknya yang berada di ketinggian pegunungan membuat kehidupan serta alam di sekitar Danau Kumbang masih terjaga dengan sangat alami dan juga menawan.

Puncak Gunung Masurai sendiri yang berlokasi di Kabupaten Merangin ini memanglah bukan destinasi yang populer seperti mana Gunung Kerinci. Namun, keunikan dari danau ini sangat mempesona sehingga tidak sedikit dari kalangan para pecinta alam yang ingin menyambangi Danau Kumbang.

Danau Kumbang sendiri terletak  di tiga kecamatan yakni Kecamatan Jangkat, Sungai Tenang dan Lembah Masurai. Tak hanya itu, danau ini menyuguhkan pengalaman trekking lumayan menantang hingga nantinya para pengunjung bisa sampai di ketinggian tersebut.

Daya Tarik Danau Kumbang

Dilingkupi dan dikelilingi oleh lebatnya hutan membuat Danau Kumbang sangat memukau dengan menyuguhkan panorama pemandangan alam sangat menakjubkan. Air danau yang berwarna hijau juga menambah daya tarik Danau Kumbang beserta keeksotisannya. Meski belum sepopuler seperti danau-danau lain di Indonesia, Danau Kumbang merupakan surga tersembunyi yang tak terbantahkan.

Panorama alam di Danau Kumbang tidak kalah indahnya dari Danau Ranu Kumbolo maupun Danau Gunung Tujuh. Apabila ingin mencapai Danau Kumbang ini, para pengunjung akan memulai petualangan dengan melalui ladang serta perkebunan kopi yang akan menciptakan pengalaman mendaki menantang sekaligus memukau.

Setelahnya melalui jalan setapak, pendakian akan ditemani dengan kicauan burung-burung merdu yang ada di sekitar kawasan tersebut. Perjalanan melewati Shelter 1, dengan terdapatnya sumber air menyegarkan dapat memberikan kesempatan para wisatawan beristirahat sekaligus menikmati keindahan alam sekitar.

Perjalanan terus berlanjut melewati trek yang kian ekstrim serta curam dengan melalui hutan lumut basah dan lembab. Walaupun medang yang dilalui lumayan sulit, komunitas pecinta alam setempat sudah memberi petunjuk atau arahan jalan yang akan memandu para wisatawan hingga sampai menuju Danau Kumbang.

Selepas perjalanan yang menantang, perairan danau yang terhampar dengan air yang jernih tentu akan memancarkan keindahan alam sangat menakjubkan. Hal itu dapat menciptakan pemandangan bak lukisan alam yang sangat mengagumkan. Semua rasa lelah anda akan terbayar sesampainya di Danau Kumbang yang penuh dengan pesona.

Aktivitas Seru di Danau Kumbang

Berkunjung Danau Kumbang kurang lengkap rasanya apabila tidak mencoba beberapa aktivitas seru dan menarik yang ada di dalamnya. Pasalnya, banyak kegiatan menarik bisa anda coba selama berada di danau ini yang akan menambah banyak pengalaman serta kepuasan anda. Berikut beberapa aktivitas seru dan menarik yang dapat anda lakukan di Danau Kumbang, diantaranya:

  1. Menikmati Keindahan Alam dengan Pemandangan Gunung Masurai

Letaknya yang berada di atas puncak Gunung Masurai membuat Danau Kumbang ini menjadi satu-satunya spot terbaik untuk bisa menyaksikan secara langsung dan jelas pemandangan dari gunung tersebut. Apalagi, dengan sedikitnya jumlah wisatawan akan membuat anda bisa lebih maksimal menikmati keindahan alam yang sangat tenang, bersih dan juga sunyi, jauh dari kebisingan.

Selama di perjalanan, anda akan disuguhi oleh hutan rimbun dengan hijaunya pepohonan yang mempesona. Dengan menikmati keindahan alam Danau Kumbang dari atas puncak maupun tepian danau akan menjadi pengalaman berharga anda ketika berada di tempat ini.

  • Hunting Foto

Danau Kumbang menjadi surga tersembunyi yang di dalamnya pasti terdapat begitu banyak spot-spot yang bagus untuk kegiatan fotografi. Cekungan air, hijaunya hutan dan rimbunnya pepohonan akan menciptakan latar belakang yang sangat indah serta mengesankan untuk anda yang ingin berfoto di sana.

Berbagai sudut danau memberi kesempatan anda untuk mengabadikan berbagai momen magis serta keindahan alam yang abadi. Bahkan, anda juga bisa menjelajahi spot terbaik di sekitaran danau ini tanpa harus berdesakan dengan pengunjung lain karena biasanya sangat sedikit orang yang berkunjung ke danau ini.

  • Bermalam di Tepi Danau

Untuk memaksimalkan pengalaman anda saat berkunjung ke Danau Kumbang, tidak ada salahnya bagi anda untuk camping ataupun bermalam di tepian danau. Dengan lahan yang luas sangat memungkinkan bagi para wisatawan memasang tenda untuk berkemah sambil menyaksikan keindahan dan ketenangan air Danau Kumbang.

Ketika memasuki waktu malam, udara dingin akan mulai terasa sehingga sangat dianjurkan bagi setiap pengunjung untuk membawa berbagai perlengkapan yang memadai. Namun begitu di keesokan pagi harinya anda bisa menghirup udara segar yang mampu menciptakan kenangan yang abadi dan tak terlupakan.

Fasilitas yang Terdapat di Kawasan Danau Kumbang

Berada di puncak gunung membuat Danau Kumbang memang tidak memiliki fasilitas yang menunjang bagi para wisatawan. Karena itulah anda yang akan berkunjung ke danau ini diusahakan untuk menyiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan, terlebih untuk mencapai danau ini yang memerlukan perjalanan jauh menyusuri jalan setapak dengan trek yang sulit.

Walau begitu, beberapa shelter biasanya akan menyediakan sumber air guna mengatasi kehausan para pengunjung. Selain itu, Desa Sungai Lalang juga menyediakan berbagai fasilitas seperti kendaraan, penitipan barang, jasa guide hingga warung makanan dengan menjajakan sejumlah kuliner. Tak hanya itu, ada juga homestay yang terdapat di desa tersebut yang memberikan alternatif akomodasi ketika para wisatawan turun dari gunung atau danau tersebut.

Harga Tiket Danau Kumbang

Bagi anda yang ingin mengunjungi Danau Kumbang, tentu hal yang paling ingin anda ketahui ialah berapa harga tiket masuk ke kawasan danau ini. Namun sayangnya, tidak ada informasi yang rinci terkait harga tiket masuk ke Danau Kumbang. Tetapi biasanya, para wisatawan hanya perlu membayar saja biaya parkir kendaraan jika memang membawa kendaraan pribadi.

Apalagi, di kawasan Danau Kumbang juga tidak ada fasilitas tertentu untuk disewa sehingga pengunjung tidak akan mengeluarkan biaya untuk menyewa apapun. Hanya saja, pengunjung diharuskan membawa perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhan sebelum berencana untuk berkunjung ke danau ini.

Sementara itu, tidak ada batas waktu kapan anda bisa mengunjungi kawasan wisata Danau Kumbang karena danau ini beroperasi selama 24 jam dalam setiap harinya. Namun, sangat disarankan untuk menuju lokasi antara jam 07.00 – 17.00 WIB guna memudahkan perjalanan.

Baca Juga : Deretan Danau Tertinggi di Indonesia dengan Pemandangan Alam Spektakuler

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *