Johnnydeppreads.com – Bali tak hanya dikenal dengan pantai-pantainya yang indah dan mempesona yang banyak dikunjungi wisatawan lokal ataupun mancanegara. Pasalnya, di Pulau Dewata juga terdapat beberapa danau yang indah dengan view yang memukau di mana juga menjadi tempat paling layak dikunjungi saat berwisata, salah satunya yaitu seperti Danau beratan.

Danau Beratan atau disebut juga dengan Danau Bratan ini merupakan salah satu destinasi wisata danau cukup populer yang berada di Tabanan, Bali. Danau ini merupakan danau vulkanik yang terdapat di kawasan Bedugul yang luas permukaannya mencapai 159 kilometer persegi dengan lebar 75 kilometer serta kedalaman mencapai 88 meter.

Hal ini membuat Danau Beratan juga termasuk ke dalam salah satu dari banyak danau terluas yang ada di Indonesia dengan volume air sebanyak 0,82 kilometer kubik. Tak hanya bagi wisatawan domestik, tetapi keindahan alam dan keunikan dari Danau Beratan ini membuatnya juga memikat perhatian para turis asing.

Berlokasi di kawasan Bedugul, danau alami satu ini menempati area  yang luasnya mencapai 375 hektar dan juga berada pada ketinggian 1.239 meter di atas permukaan laut. Makanya, tidak heran jika area di sekitaran danau ini menyuguhkan udara dan suasana yang sejuk serta menyegarkan, mirip seperti yang ada di Danau Batur yang juga sama-sama berada di Pulau Bali.

Keindahan Danau Beratan yang berpadu dengan pesona alam yang ada di sekitarnya membuat tempat ini jadi salah satu yang wajib didatangi saat wisatawan berkunjung ke Pulau Dewata. Pasalnya, ada banyak keajaiban alam bisa dijumpai di dalamnya berikut dengan berbagai keunikannya yang pasti tidak akan anda temukan di tempat lain.

Serba-serbi Hal Menarik yang Terdapat di Danau Beratan

Sebelum berencana untuk mengunjungi objek wisata Danau Beratan, anda tentunya penasaran dengan apa saja yang ada di tempat tersebut serta bagaimana keindahan alamnya. Namun, satu hal yang pasti bahwa dengan menjadikan danau ini sebagai destinasi wisata terbaik tentu tidak akan membuat anda menyesal dan pasti akan takjub ketika melihat keindahan alamnya yang memukau.

Bahkan, keindahan dari danau ini tidak  kalah dengan yang ada di danau Batur maupun danau-danau lain di seluruh daerah yang ada di Indonesia. Untuk lebih mengenalnya, berikut berbagai macam hal menarik yang terdapat di Danau Beratan, diantaranya:

  1. Pura di Tengah Danau

Salah satu daya tarik dari Danau Beratan yang juga sangat ikonik dan populer selama ini ialah adanya pura di tengah danau. Ya, di tengah perairan danau ini anda akan menemukan adanya pura yang tentu sangat unik sekaligus menarik seolah pura tersebut terlihat mengapung di atas permukaan danau. Adapun pulau yang berada di tengah-tengah Danau Beratan tersebut bernama Pura Ulun Danu.

Pura tersebut jadi lokasi pemujaan bagi Sang Hyang Dewi yang memberi kesuburan untuk seluruh pria dan juga wanita. Wajar apabila destinasi wisata Danau Beratan masuk ke dalam daftar para pasangan yang hendak berbulan madu di Pulau Dewata. Pura Ulun Danu juga merupakan pura yang memiliki arsitektur khas sehingga tampilannya nampak mencolok.

  • Wahana Air

Terdapat begitu banyak hal dapat para wisatawan jumpai ketika melakukan wisata ke Danau Beratan, salah satunya ialah seperti menikmati wahana permainan air. Wahana air yang terdapat di kawasan Danau Beratan terdiri dari kano, jetski, parasailing serta masih banyak lagi.

Untuk bisa menikmati wahana permainan air tersebut, biasanya akan ada biaya tambahan yang mesti para wisatawan keluarkan. Tapi, semua itu sangat worth it dengan apa yang akan anda dapatkan mulai dari keseruan serta hal memuaskan yang pastinya  tidak ada di tempat lain.

  • View yang Indah

Tidak mengherankan apabila view atau pemandangan yang indah menjadi salah satu daya tarik paling utama yang ada di Danau Beratan. Pemandangannya bahkan terlihat begitu mempesona layaknya surga dunia yang akan membuat siapapun yang melihatnya dibuat takjub.

Sebagian besar wisatawan pun yang mengunjungi Danau Beratan bahkan ingin merasakan langsung seperti apa panorama keindahan alamnya. Terlebih, untuk menikmati dan merasakan keindahan alam di danau ini sangat mudah sebab terdapat banyak spot menarik di area sekitar danau tersebut.

Pemandangan di Danau Beratan tergolong sangat eksotis sebab tak hanya ada pura di tengah perairan danau. Hal yang juga membuatnya selalu menarik yaitu terdapat pemandangan gunung hingga bukit yang menjulang tinggi yang berada di seberang Danau Beratan.

Maka dari itu, setiap para wisatawan yang berkunjung ke Danau Beratan dapat mengambil foto dengan background danau, gunung dan bukit serta pura sekaligus hanya dalam satu kali jepretan saja. Hasil foto inilah yang akan terlihat begitu estetik dan tentu sangat jarang dijumpai di kawasan wisata lain yang pernah anda kunjungi sebelumnya.

  • Terdapat Kijang dan Rusa

Jika anda ingin melihat secara langsung bagaimana uniknya hewan kijang dan rusa, tempat terbaik untuk mencobanya tentu saja adalah Danau Beratan. Karena, di kawasan wisata danau ini terdapat banyak sekali kawanan rusa dan kijang yang hidup berkeliaran dan telah lama menjadi habitatnya.

Maka itulah, tidak heran jika di kawasan wisata Danau Beratan ini terlihat sangat asri seolah tidak pernah ada sedikitpun aktivitas manusia yang mengganggu ataupun merusak keaslian dan keindahan alam. Selain menemukan kedua hewan tersebut, anda juga akan menemukan hal menarik dan memuaskan lain seperti hamparan rumput hijau, pohon-pohon cemara yang rimbun serta masih banyak lagi.

  • Berkeliling Danau Menaiki Perahu

Anda yang belum puas menikmati keindahan perairan Danau Beratan dari kejauhan atau hanya menyaksikannya di satu titik saja, maka anda dapat berkeliling menjelajahi lebih dalam keindahan dari danau tersebut. Pasalnya, untuk mengelilingi perairan Danau Beratan sangat mudah di mana setiap wisatawan bisa menaiki perahu yang dapat disewa.

Selain bisa melihat langsung keindahan Danau Beratan, mengelilingi perairan dengan menggunakan perahu juga akan membuat anda semakin dibuat takjub ketika melihat Pura Ulun Danu dari berbagai sudut. Untuk menyewa perahu pun harganya relatif murah yang hanya sebesar Rp100.000 untuk yang berkapasitas 4 penumpang serta jika ingin mengangkut lebih banyak bisa menyewa perahu dengan  kapasitas 8 penumpang dengan tarif sewa Rp185.000.

Rangkaian Upacara Adat di Pura Ulun Danu, Danau Beratan

Selain pemandangan indah dan beragam hal menariknya, Danau Beratan juga menjadi salah satu tempat di mana selalu diadakan serangkaian upacara adat, khususnya di Pura Ulun Danu. Acara adat di sana sangat simbolik dan penuh makna yang mendalam.

Satu dari sekian banyak upacara adat paling terkenal di Pura Ulun Danu yaitu upacara Panca Wali Krama yang digelar setiap  bulan sekali. Ribuan Umat Hindu pun akan berkumpul di pura tersebut melakukan sembahyang atau sebagai bentuk ungkapan rasa syukur.

Baca Juga : Keindahan Danau Linow, Pesona Alam di Sulawesi Utara yang Jarang Terekspos

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *