Johnnydeppreads.com – Sebagian dari masyarakat Indonesia mungkin belum pernah mendengar nama Danau Rana, danau yang disebut-sebut sebagai surga tersembunyi di Maluku. Hal itu tidaklah mengherankan karena lokasi dari danau ini sendiri berada di pedalaman Pulau Buru sehingga jarang sekali terekspos. Namun bagi masyarakat Maluku, danau dengan sejuta keindahan alamnya ini menjadi salah satu lokasi favorit bahkan telah menjadi kawasan wisata favorit di sana.

Bukan hanya mempesona karena keindahan alamnya yang luar biasa, Danau Rana Pulau Buru menjadi habitat bagi banyak flora maupun fauna yang bahkan oleh warga setempat dianggap sebagai tempat suci. Danau ini sudah ditetapkan sebagai sebuah destinasi wisata di Kabupaten Buru, Maluku lewat Peraturan Bupati Buru No. 27 tahun 2017.

Kendati demikian, adat istiadat serta berbagai hal kebersihan lingkungan, tentunya mesti diperhatikan oleh seluruh para wisatawan yang mengunjungi kawasan tersebut. Keasrian Danau Rana tentu sangat bermanfaat dan penting bagi kehidupan flora serta fauna yang ada di dalamnya. Terlepas dari semua itu, dengan keindahan alamnya yang sangat memukau membuat Danau Rana ini bisa dijadikan tujuan wisata terbaik apabila anda berkesempatan sedang mengunjungi Maluku.

Pesona Keindahan Danau Rana, Kawasan Wisata Menarik di Maluku

Danau Rana merupakan perairan yang berlokasi di pedalaman Pulau Buru, sehingga tak mengherankan jika keindahan alamnya masih terjaga dan terawat dengan sangat baik. Danau ini tepatnya berada di Kecamatan Air Buaya, yaitu berjarak sekitar kurang lebih 63 kilometer dari pusat Kota.

Pesona serta keindahan Danau Buru yang mempunyai ketinggian hingga mencapai 73 meter di atas permukaan laut jelas dapat memanjakan mata siapapun yang mengunjunginya. Wajar apabila berkunjung ke kawasan objek wisata yang berada di Pulau Buru ini akan memberikan pengalaman sangat memuaskan dan begitu luar biasa yang tidak akan dijumpai wisatawan di tempat lain manapun. Berikut adalah pesona keindahan serta daya tarik dari Danau Rana yang merupakan danau kedua terbesar di Maluku.

  1. Alam Sekitar dengan Penuh Pesona

Letaknya yang berada di Pedalaman Pulau Buru tentu saja membuat Danau Rana ini mempunyai alam sekitar yang mempesona. Air Danau Rana sangat jernih dengan suasana yang tenang sehingga sanggup menciptakan kedamaian paling sempurna bagi siapa saja wisatawan yang mengunjunginya.

Bukan itu saja, sejumlah perairan di danau ini bahkan juga dipenuhi oleh tanaman air, yakni berupa tanaman teratai yang sangat indah. Pemandangan danaunya tentu saja kian memukau, terlebih pada saat bunga teratai tersebut sudah bermekaran.

  • Aktivitas Seru di Danau Rana

Danau dengan keindahan alam yang mempesona juga dapat dinikmati dengan berbagai aktivitas seru oleh para wisatawan. Aktivitas seperti berenang di perairan yang sangat tenang ini bisa dilakukan dengan mudahnya untuk bisa merasakan lebih maksimal bagaimana suasana air yang jernih serta menyejukkan tersebut.

Para wisatawan yang mengunjungi Danau Rana ini juga dapat menaiki kapal guna mengeksplorasi pemandangan alam indah sekitar danau. Tak hanya itu, anda juga bisa mencoba aktivitas seru dan menarik lain di sekitaran danau tersebut seperti menyusuri alam sekitar danau dengan cara mendaki maupun dengan berjalan kaki saja.

Di samping itu, ada pula beberapa banyak jalur pendakian yang dapat anda tempuh untuk nantinya bisa mencapai puncak bukit di sekitaran danau tersebut. Melihat keindahan danau ini dari atas puncak bukit tentu akan semakin indah dan mampu memanjakan mata.

  • Habitat bagi Burung dan Hewan Liar

Kondisi alamnya yang masih terjaga dan asri membuat habitat yang ada di sekitar Danau Rana juga terpelihara dengan sangat baik. Terdapat begitu banyak spesies burung hingga hewan liar yang mendiami kawasan Danau Rana.

Tentu saja, tempatnya yang juga menjadi habitat bagi banyak spesies burung maupun satwa liar lain menjadikan Danau Rana sebagai tempat yang cocok untuk disambangi oleh para pengamat burung, pecinta alam ataupun bagi siapa saja yang memang hobi melakukan kegiatan fotografi alam.

  • Tempat Suci Suku Rana

Daya tarik selanjutnya yang juga bisa anda temukan saat berkunjung ke kawasan Danau Rana ini adalah tempatnya yang oleh Suku Rana dianggap suci. Ada banyak makna spiritual bagi sebagian besar Suku Rana terkait tempat ini. Suku Rana sendiri yakni penduduk asli yang tinggal menetap di Pulau Buru, Maluku.

Mereka sangat meyakini bahwasanya nenek moyang yang mereka anggap sebagai dewa, tinggal di Danau Rana dan gunung yang berada di sekitarnya. Kepercayaan tersebut pastinya sudah diteruskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Danau Rana pun tetap jadi tempat ibadah sekaligus bentuk penghormatan bagi seluruh Suku Rana yang  tinggal di sana.

  • Air Danau Jernih Berwarna Hijau Tosca

Pemandangan Danau Rana yang sangat indah memang tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, danau ini mempunyai air yang sangat jernih dengan berwarna hijau tosca yang tentu terlihat sangat cantik. Dengan keadaan perairannya tersebut membuat danau ini sangat layak untuk menjadi spot healing atau bersantai bagi siapapun yang ingin melepas kepenatan.

Terlebih pada saat mendekati waktu sore hari, tidak bisa dituliskan terkait indahnya atmosfer danau ini dengan background perairan danau yang begitu indah. Pantulan sinar  berwarna kuning kejinggaan juga dapat menciptakan suasana sore hari di pinggiran danau sangat menawan. Untuk menikmati danau ini, anda tak harus membayar mahal karena cukup dengan mengeluarkan sepeser budget untuk bisa menaiki perahu dan menjelajahi perairan danau.

  • Berbaur dengan warga lokal

Bedanya Danau Rana dengan beberapa danau lain di Indonesia yakni tidak ditemukan adanya hotel maupun demikian. Kendati seperti demikian, anda tidaklah sulit jika ingin menghabiskan waktu lebih lama berada di kawasan danau ini, sebab sebagai gantinya ada rumah-rumah warga di daerah pedalaman Pulau Buru yang senantiasa menyambut hangat para wisatawan.

Anda bisa menginap di rumah warga tersebut sekaligus dapat berbaur dan berinteraksi secara langsung dengan warga lokal di sana. Sayangnya, jarak dari Danau Rana ke rumah-rumah warga sangat jauh sehingga terkadang para wisatawan juga diharapkan membawa perlengkapan camping maupun tenda supaya bisa bermalam  di tepian danau yang sangat cantik ini.

  • Spot-spot menarik dan instagramable

Adapun daya tarik lain dari Danau Rana di Pulau Buru ini adalah terdapat begitu banyak spot menarik dan sangat instagramable. Beberapa tempat terbaik di sana bahkan dapat dijadikan sebagai spot foto terbaik jika anda memang ingin mengabadikan momen seru selama berada di kawasan objek wisata ini.

Bahkan, hasil jepretan akan terlihat sangat memukau karena anda bisa berfoto dengan latar belakang pepohonan yang rimbun dan tentu saja perairan danau ini.  Walau harus ditempuh dengan jarak yang jauh, rasa lelah anda akan tergantikan saat sampai di kawasan danau tersebut.


Baca Juga : Keindahan Danau Labuan Cermin dengan Pemandangan Alam Bak Surga

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *