Johnnydeppreads.com – Danau Singkarak merupakan danau kedua terluas di Pulau Sumatera dan menjadi salah satu objek wisata unggulan di Provinsi Sumatera Barat. Luas areanya mencapai 107,8 kilometer persegi yang membentang sepanjang 20 kilometer dengan lebar sebesar 6,5 kilometer. Danau ini juga populer di kalangan para wisatawan dengan keindahan alamnya yang akan membuat siapapun takjub.

Terlepas dari keindahan alamnya yang mempesona, Danau Singkarak juga menjadi tempat dimana anda dapat menemukan banyak objek wisata menarik. Dengan areanya yang sangat luas membuat para pengunjung bisa menjelajahi banyak tempat menarik dengan  berbagai spot unik yang bisa dijadikan tempat bersantai dan merasakan  pemandangan.

Apalagi, udara di sekitaran Danau Singkarak sangat sejuk, terlebih karena letaknya yang berada pada ketinggian 363,5 meter di atas permukaan laut. Karena luasnya tersebut, danau ini bahkan terletak pada dua kabupaten sekaligus di Sumatera Barat, yakni di Kabupaten Tanah Datar dan juga Kabupaten Solok.

Adapun Danau Singkarak ini adalah tipe danau tektonik atau yang dulunya terbentuk dari Sesar Sumatera. Tak hanya menjadi objek wisata yang sangat menarik, danau ini juga tidak terlepas dari mitosnya yang beredar luas di kalangan masyarakat sekitar. Namun demikian, danau ini layak dikunjungi karena keindahannya seolah menggambarkan bagaimana kekayaan alam Indonesia yang sangat memukau.

Berbagai Objek Wisata Menarik di Danau Singkarak

Dikenal sebagai salah satu kawasan wisata perairan terbaik yang ada di Indonesia, Danau Singkarak pastinya menyuguhkan beragam objek wisata menarik yang bisa anda jelajahi saat mengunjunginya. Dengan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan tentu akan menambah pengalaman yang memuaskan bagi para wisatawan seolah tidak ingin sesegera mungkin beranjak dari tempat tersebut.

Ditambah lagi dengan banyaknya akses maupun fasilitas yang disediakan pihak pengelola tentu tidak akan membuat wisatawan kesulitan selama berada di kawasan danau ini bahkan saat memulai perjalanan. Untuk menambah ketertarikan anda mengunjunginya, simak berbagai objek wisata menarik yang ada di Danau Singkarak seperti berikut ini:

  1. Bukit Chi Nang Kiek

Bukit Chi Nang Kiek atau yang biasa juga terkenal dengan sebutan Cinangkiak merupakan salah satu spot terbaik yang terdapat di kawasan Danau Singkarak berupa perbukitan bergelombang yang sangat menawan. Bukit ini bisa menjadi tempat terbaik anda menikmati indahnya pemandangan Danau Singkarak yang membentang sepanjang danau. Meski untuk mencapai bukit Cinangkiak ini akan sedikit menguras tenaga dan keringat, namun sesampainya di tempat tersebut akan membayar rasa lelah anda dengan melihat indahnya panorama danau dari atas ketinggian.

Untuk mengabadikan momen terbaik saat anda berada di Bukit Chi Nang Kiek agar bisa terus teringat dalam ingatan, anda bisa cari spot terbaik untuk berfoto. Panorama alamnya yang indah mungkin tidak akan pernah  bisa anda temukan di tempat lain selain di bukit yang berada di sekitaran Danau Singkarak ini.

  • Puncak Gobah

Selain bukit Chi Nang Kiek, Danau Singkarak di area sekitarnya juga terdapat Puncak Gobah, puncak yang berada di Nagari Aripan Kabupaten Solok yang sangat recommended untuk disambangi sewaktu anda mengunjungi objek wisata ini. Namun demikian, untuk mencapai Puncak Gobah diperlukan effort yang lebih karena jaraknya yang lumayan jauh yakni sepanjang 20 kilometer jika jaraknya diukur dari Danau Singkarak.

Akan tetapi, perjalanan panjang yang ditempuh tersebut akan terbayar lunas pada saat anda sampai di puncak itu. Karena di Puncak Gobah ini, anda bisa menyaksikan dan melihat secara jelas bagaimana keindahan pemandangan Kota Solok maupun melihat area lainnya di atas ketinggian puncak.

  • Puncak Thailand

Ketika anda berkunjung ke kawasan wisata Danau Singkarak, anda juga dapat mendatangi puncak lain bernama Puncak Thailand atau yang juga populer dengan nama Bukik Pulau. Dinamakan dengan Puncak Thailand karena memang puncak tersebut dianggap mempunyai kemiripan dengan salah satu objek wisata puncak yang berada di negara Thailand sehingga disebutlah dengan nama demikian.

Lokasi Puncak Thailand ini sendiri berada di Nagari Simawang, Tanah Datar. Jika arah yang anda ambil yaitu dari Kabupaten Solok, maka cuma akan memakan waktu selama 30 menit untuk dapat sampai di lokasi tersebut. Adapun wisata ini cuma berjarak  sekitar 3 kilometer dari Jembatan Ombilin di mana dapat anda kunjungi ketika pulang dari Puncak Thailand.

  • Dermaga Singkarak

Objek wisata menarik lainnya yang ada di kawasan Danau Singkarak yaitu Dermaga Singkarak. Dermaga ini menjadi basecamp wisata sport Tour de Singkarak dengan suasana yang sangat menyejukkan dan memanjakan mata. Tempat ini terlihat masih sangat asri, tenang dan juga menakjubkan. Dengan kelebihannya tersebut, wajar bilamana Dermaga Singkarak sering menjadi tempat peristirahatan bagi para peserta balap sepeda.

Tak hanya wisatawan lokal, bahkan banyak pula para pelancong dari mancanegara yang mengunjungi Dermaga Singkarak ini sewaktu berkunjung ke kawasan wisata Danau Singkarak. Terlebih, letaknya yang tidak berada jauh dari Danau Singkarak membuat siapapun bisa mengakses tempat tersebut dengan sangat mudah.

  • Pantai Tanjung Mutiara

Tidak lengkap rasanya bagi anda yang mengunjungi objek wisata Danau Singkarak jika belum menyambangi Pantai Tanjung Mutiara. Ya, Danau Singkarak juga menawarkan keindahan pantai yang tak kalah menarik dari pantai-pantai yang sudah terkenal di Indonesia.

Pantai Tanjung Mutiara terdapat di Nagari Batu Taba yang jaraknya sekitar 30 kilometer yakni dari Batusangkar menuju Kota Solok. Ketika anda berada di Pantai Tanjung Mutiara, anda bisa menikmati dan merasakan secara langsung kesejukan air danau dan menyaksikan pemandangan alam indah di sekitaran danau.

  • Kereta Wisata

Mengelilingi luasnya Danau Singkarak tentu bisa anda jajal dengan mudah sewaktu mengunjunginya. Karena untuk menjelajahi Danau Singkarak yang luas, anda bisa memanfaatkan kereta wisata yang merupakan salah satu fasilitas yang disediakan pihak pengelola kawasan wisata.

Luasnya perairan Danau Singkarak tidak akan mungkin bisa anda jelajahi dengan berjalan kaki saja. Karena itulah, anda bisa menyewa kereta wisata yang disediakan dengan cara membeli tiket terlebih dahulu sehingga bisa menyusuri luasnya danau tersebut dari ujung ke ujung.

Fasilitas Penginapan di Kawasan Danau Singkarak

Jika anda memiliki rencana menghabiskan waktu lebih lama di kawasan Danau Singkarak, tentu anda tak  perlu khawatir sebab bisa dengan mudahnya mencari tempat menginap yang sudah tersedia di kawasan tersebut. Anda bisa bermalam dengan menyewa hotel ataupun homestay yang mana juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dibutuhkan.

Selain menginap, di beberapa penginapan yang berada di lokasi Danau Singkarak juga menyuguhkan kuliner khas yang pastinya sangat lezat. Kemudian, untuk beberapa tempat penginapan yang bisa anda pilih ketika berada di objek wisata Danau Singkarak antara lain seperti:

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *