Johnnydeppreads.com – Sebagian besar masyarakat di Indonesia khususnya yang tinggal di daerah Sumatera Barat pasti sudah mengenal nama Danau Singkarak. Pasalnya, Danau Singkarak adalah danau kedua terluas di Pulau Sumatera setelah Danau Toba yang berada di Sumatera Utara. Danau ini berlokasi di dua kabupaten sekaligus di Provinsi Sumatera Barat, yakni di antara Kabupaten Tanah Datar dan Solok.

Area permukaan Danau Singkarak memiliki luas mencapai 107,8 kilometer persegi dengan panjang 20 kilometer. Keindahan alam danau ini juga menjadi daya tarik para wisatawan untuk menjadikannya sebagai destinasi wisata air terbaik, terlebih saat anda berkesempatan mengunjungi Sumatera Barat.

Danau Singkarak juga menjadi tempat tinggal asli bagi beberapa banyak spesies ikan, terutama ikan wader dan ikan bilih yang mendiami perairan tersebut. Bahkan, kedua jenis ikan tersebut tidak akan anda temukan di tempat lain. Bagi warga sekitar, ikan bilih jadi aneka camilan yang banyak dijajakan sebagai buah tangan dari Danau Singkarak.

Selain itu, Danau Singkarak juga memiliki beragam fakta menarik serta mitos bagi masyarakat lokal. Banyaknya tempat-tempat unik di kawasan danau ini tentu membuatnya layak untuk dikunjungi para wisatawan. Apalagi, Danau Singkarak saat ini juga telah menjadi salah satu objek wisata terpopuler kebanggan masyarakat Sumatera Barat.

Wisata Danau Singkarak dengan Berbagai Hal Unik di Dalamnya

Menjadi sebuah kawasan wisata terbaik dan populer tentu  tidak terlepas dari berbagai hal unik serta menarik yang dimiliki oleh Danau Singkarak. Apalagi, danau yang berada pada ketinggian 363 meter di atas permukaan laut ini menyuguhkan udara yang sejuk dan segar selain menawarkan pemandangan alam yang sangat luar biasa.

Berkunjung ke Danau Singkarak membuat para wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas seru dan menari. Di samping bisa menikmati serta merasakan keindahan di sana, di kawasan danau ini anda juga bisa menjajal tempat-tempat atau spot terbaik untuk kebutuhan anda berfoto yang sangat instagramable.

Selain itu, banyak pula jenis-jenis kuliner lezat dan khas bisa anda cicipi saat mengunjungi Danau Singkarak. Bukan hanya camilan dari ikan bilih, banyak pula jenis-jenis makanan khas lain bisa anda coba, terutama makanan yang berbahan utama jenis-jenis ikan yang biasanya hidup di perairan Danau Singkarak.

Deretan Fakta Menarik Mengenai Danau Singkarak

Danau Singkarak menyimpan banyak sekali fakta menarik yang mungkin belum banyak diketahui oleh sebagian besar masyarakat di Tanah Air. Hal itu juga termasuk kehidupan yang ada di dalamnya yang disinyalir bahwa danau ini menjadi salah satu surga tersembunyi dengan banyaknya tempat-tempat yang belum banyak terekspos. Berikut deretan fakta menarik mengenai Danau Singkarak yang dijamin bisa membuat anda penasaran untuk mengunjunginya.

  1. Danau Kedua Terluas di Sumatera

Seperti yang tadi disebutkan di awal bahwasanya Danau Singkarak memiliki luas area sebesar 107,8 kilometer persegi dengan panjang 20 kilometer yang membuatnya jadi danau kedua terbesar yang terdapat di Pulau Sumatera, tentunya setelah Danau Toba yang berada di Sumatera Utara. Bentang air danau ini mencapai 1.076 kilometer dengan lebar permukaan 6,5 kilometer, sehingga tidak heran bila lokasinya berada di dua kabupaten.

Tak hanya dikenal besar serta luas, Danau Singkarak juga punya ketinggian yang lumayan curam sekitar 363 meter di atas permukaan laut dengan  kedalaman air mencapai 268 meter. Karena memang, danau ini sendiri ialah bagian dari Sesar Sumatera. Namun demikian, dengan berada ada ketinggian yang cukup curam serta luas permukaan air yang lumayan besar membuat danau ini menyuguhkan udara yang sejuk.

  • Mitos yang Beredar

Di balik pemandangan alamnya yang sangat indah, Danau Singkarak juga tidak terlepas dari mitos yang  beredar di sebagian besar masyarakat sekitar. Mitos yang sangat populer di kalangan masyarakat Sumatera Barat terkait dengan Danau Singkarak yaitu adanya makhluk tak kasat mata yang konon dipercaya oleh masyarakat mendiami perairan danau tersebut.

Menurut kepercayaan yang beredar di masyarakat, makhluk tersebut kerap kali mengadakan perayaan ketika Idul Adha tiba. Hal itulah yang membuat banyak orang memilih untuk tidak pergi berwisata ke danau ini pada waktu tersebut. Hal tersebut juga diyakini masyarakat supaya tidak adanya pergesekan antara manusia dengan  para penghuni danau tersebut guna mencegah hal-hal yang tak diinginkan yang mungkin bisa terjadi.

  • Kuliner Khas yang Sangat Menggugah

Terlepas dari mitosnya, Danau Singkarak punya kuliner khas yang sangat menggugah yang bisa para wisatawan coba ketika berkunjung ke danau ini. Dengan menjajal berbagai kuliner khas akan melengkapi pengalaman wisata anda di Danau Singkarak.

Setidaknya, terdapat kurang lebih 19 spesies ikan tinggal di Danau Singkarak dengan ekosistem di dalamnya. Seperti yang disebutkan, ikan yang sangat ikonik menjadi kuliner khas daerah ini ialah ikan bilih yang biasanya sering dijadikan makanan cemilan yang lezat. Apalagi, ikan bilih tak dapat dibudidayakan di tempat lain manapun. Maka, cara agar bisa menikmati kelezatan ikan ini adalah dengan mengunjungi objek wisata Danau Singkarak.

Selain ikan bilih, ada pula berbagai jenis kuliner lain di kawasan Danau Singkarak yang juga tidak kalah lezat dan menarik. Biasanya, banyak dari para pedagang yang akan menjajakan kuliner tersebut sehingga tidak sulit bagi wisatawan untuk menikmatinya.

  • Asal Mula Terbentuknya Danau

Danau Singkarak bukanlah danau vulkanik seperti Danau Toba yang terbentuk dari letusan gunung purba. Akan tetapi, Danau ini merupakan danau tektonik atau proses pembentukannya ialah dari aktivitas Sesar Sumatera. Proses alam tersebut tentu saja menimbulkan terjadinya cekungan besar yang berada di Solok dan Singkarak.

Objek Wisata yang Ada di Danau Singkarak

Berbagai macam wisata wahana tentu bisa anda nikmati saat mengunjungi kawasan Danau Singkarak selain sekedar merasakan  keindahan alamnya. Apalagi, danau ini menyuguhkan alam yang indah yang didukung oleh adanya barisan perbukitan, pantai, dermaga maupun menaiki kereta wisata.

Adanya beberapa banyak objek wisata di Danau Singkarak dapat menambah kepuasan para pengunjung dengan menjajal berbagai tempat terbaik. Bahkan, setiap tempat juga memiliki keunikan masing-masing yang tentu menjadi daya tarik para wisatawan. Adapun sejumlah objek wisata terbaik dan paling menarik  yang ada di Danau Singkarak antara lain meliputi:

  • Bukit Chi Nang Kiek (Cinangkiak)
  • Puncak Gobah
  • Puncak Singkarak
  • Puncak Thailand
  • Pantai Tanjung Mutiara
  • Kereta Wisata

Dengan deretan objek wisata menarik tersebut, Danau Singkarak bisa menjadi tempat terbaik buat para wisatawan dengan memperoleh banyak pengalaman yang luar biasa. Terlebih lagi, keindahan Danau Singkarak sendiri merupakan aset pariwisata di Provinsi Sumatera Barat yang wajib dilestarikan serta terus dijaga dengan baik keasriannya. Sehingga, kawasan ini akan lebih banyak didatangi para pelancong dengan mengunjungi Desa Singkarak yang tentu tidak akan pernah anda temukan di tempat lain manapun.

Baca Juga : Menelusuri Pesona Danau Gunung Tujuh dengan Keajaiban Alam yang Memukau

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *