Johnnydeppreads.com – Tidak dipungkiri lagi apabila Pulau Jawa terkenal sebagai salah satu pulau utama di Indonesia yang terdapat banyak sekali kekayaan alam yang sangat menakjubkan. Selain hamparan pegunungan dengan garis pantai yang panjang dan indah, di Pulau Jawa juga ada beberapa banyak deretan danau-danau cantik sangat mempesona yang layak untuk dikunjungi terutama semasa liburan tiba.

Sejumlah danau yang ada di Pulau Jawa terkenal dengan panorama alamnya yang indah sehingga seringkali menjadi destinasi wisata bagi banyak pelancong, baik wisatawan lokal ataupun bahkan dari mancanegara. Tak hanya itu, ada pula puluhan bahkan hingga ratusan danau di Pulau Jawa yang tersebar dengan memiliki keunikan masing-masing.

Tidak hanya danau-danau yang ada di Pulau Sumatera ataupun Sulawesi, beberapa danau di Pulau Jawa juga layak dikunjungi karena beberapa diantaranya memiliki keindahan alam yang masih terjaga dengan baik. Memiliki panorama yang indah tentu akan memberikan pengalaman sangat memuaskan sewaktu anda mengunjunginya.

Beberapa danau di Pulau Jawa bahkan menyuguhkan berbagai spot-spot terbaik untuk menjadikannya sebagai tempat di mana anda bisa merasakan dan menikmati keindahan alamnya. Terlebih, danau adalah pilihan destinasi wisata menarik selain gunung ataupun pantai di Indonesia pasti memberikan pengalaman tidak  biasa.

Inilah Daftar 5 Danau dengan Panorama yang Indah di Pulau Jawa

Mengunjungi beberapa danau terbaik di Pulau Jawa adalah cara terbaik lain anda bisa menyaksikan seperti apa dan bagaimana kekayaan alam yang dimiliki negara Indonesia. Selain panorama alam indahnya, danau juga menjadi rumah bagi banyak flora dan fauna khas daerah masing-masing bahkan telah menjadi sumber penghasilan utama bagi warga sekitar.

Tentu saja, keberadaan danau telah meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar dari sektor pariwisata. Terlebih, tidak sedikit wisatawan yang selalu tertarik serta penasaran mengunjunginya. Lebih lengkapnya, simak deretan 5 danau di Pulau Jawa dengan panorama yang indah dan menakjubkan berikut ini.

  1. Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng yang berada di Wonosobo, Jawa Tengah mungkin menjadi danau atau objek wisata air paling populer yang berada di Pulau Jawa. Sesuai dengan namanya, Telaga Warna ini mempunyai warna air yang menarik dan akan terlihat berwarna biru kehijauan. Hal tersebut karena telaga ini mempunyai air dengan kandungan sulfur sehingga bahkan bisa membuat warna airnya berubah-ubah.

Menariknya lagi, di Telaga Warna Dieng ini terletak tepat di antara hamparan pegunungan Dieng sehingga para wisatawan bisa menyaksikan keindahan pegunungan yang di dalamnya terdapat telaga yang memukau dengan pemandangan alam indah yang khas. Tidak heran jika banyak yang berspekulasi kalau Telaga Warna Dieng ini selalu diidentikan mirip seperti Plitvice Lake yang ada di negara Kroasia karena karena topografinya yang indah seolah bukan di Indonesia.

  • Situ Gede

Berikutnya ada Situ Gede, situ atau danau dengan panorama indah yang terletak di Bogor, Jawa Barat. Saking indahnya pemandangan alam di Situ Gede, sering membuatnya dijadikan sebagai lokasi utama syuting beberapa film dan sinetron. Hal itu bisa terlihat dari letak situ yang dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan sehingga tentu bisa memanjakan mata bagi siapa saja yang berkunjung ke tempat ini.

Berkunjung ke Situ Gede juga bisa membuat anda melakukan berbagai kegiatan seru atau aktivitas menarik untuk melengkapi pengalaman memuaskan anda selama berada di sini. Beberapa kegiatan menarik yang mungkin bisa anda coba di Situ Gede antara lain seperti memancing, menyusuri air situ yang indah, atau bahkan sekedar jalan-jalan untuk menikmati indahnya pemandangan alam danau.

  • Kawah Ijen

Seperti halnya Telaga Warna Dieng di Wonosobo, Kawah Ijen juga terkenal dengan keindahan air danaunya yang berwarna sangat indah kebiruan. Kawah Ijen merupakan kawah air yang berada di Gunung Ijen dan berlokasi di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Adapun Gunung Ijen sendiri yang menjadi tempat beradanya Kawah Ijen merupakan tipe gunung stratovolcano yang mempunyai ketinggian 2.769 meter di atas permukaan laut.

Kawah Ijen sangat identik dengan api berwarna biru yang bahkan cuma ada dua di seluruh dunia, di mana satunya lagi berada di negara Islandia. Hal unik dan  keindahannya inilah yang membuat Kawah Ijen sangat populer di kalangan para wisatawan lokal, bahkan tidak sedikit dari para pelancong mancanegara yang mengunjungi kawah api biru ini.

  • Danau Ranu Kumbolo

Jika anda melakukan kegiatan mendaki Gunung Semeru, maka belum lengkap rasanya apabila tidak menyambangi Danau Ranu Kumbolo. Danau Ranu Kumbolo merupakan danau vulkanik yang berlokasi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, atau lebih tepatnya berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Meskipun perairan Danau Ranu Kumbolo memiliki luas yang hanya sebesar 24 hektar, namun ada begitu banyak keindahan dan  hal-hal menarik bisa anda temukan di dalamnya.

Bicara Ranu Kumbolo pastinya tidak terlepas dari mitos. Konon, jika seseorang mendaki tanjakan cinta yang  berada di depan danau, jika menaikinya tanpa menoleh sekalipun ke belakang serta menyebutkan nama pasangannya, kisah cinta orang tersebut akan langgeng selamanya. Mitos tersebut masih beredar luas di kalangan masyarakat sekitar hingga hari ini.

  • Telaga Sarangan

Berikutnya ada Telaga Sarangan yang merupakan sebuah telaga yang sangat terkenal dengan kualitas airnya yang segar dan bersih. Telaga Sarangan berlokasi di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Telaga ini akan menjadi tempat terbaik anda di mana bisa menikmati sekaligus merasakan udara sejuk dengan disuguhi oleh pemandangan sangat indah.

Pasalnya, Telaga Sarangan mempunyai suhu yang relatif rendah dengan rata-rata 15 derajat celcius. Luas area telaga ini sebesar 30 hektar. Tidak heran apabila telaga ini menjadi tempat terbaik anda melakukan relaksasi.

  • Situ Patenggang

Situ Patengan atau Situ Patenggang merupakan danau yang berlokasi di kawasan objek wisata alam Kabupaten Bandung Selatan, tepatnya di Ciwidey, Jawa Barat.Di tempat ini, anda dapat menikmati dan menyaksikan keindahan alam dengan menyusuri perairan menggunakan rakit atau perahu yang bisa disewa. Tidak hanya itu, banyak juga spot-spot menarik di danau ini yang dapat dijadikan tempat terbaik melakukan  kegiatan fotografi dengan latar belakang yang memukau.

Baca Juga : Menjajal Keeksotisan Danau Ranau, Danau Terbesar Kedua di Pulau Sumatera

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *