Johnnydeppreads.com – Papua sudah sejak lama menjadi salah satu destinasi wisata di Indonesia yang bahkan membuat banyak wisatawan domestik ataupun mancanegara ingin mengunjunginya. Hal yang paling diingat sebagian besar orang tentang Papua pastinya adalah Raja Ampat, taman laut bak surga yang menyuguhkan keindahan alam bawah laut. Namun, Papua tidak hanya memiliki Raja Ampat, tetapi juga memiliki salah satu danau dengan pesona yang mengagumkan, salah satunya yaitu Danau Sentani.

Danau Sentani merupakan danau yang berada di Kota Jayapura, Papua di mana terkenal sebagai surga tersembunyi. Saat ini, Danau Sentani sudah menjadi salah satu kawasan objek wisata yang telah dikunjungi oleh banyak pelancong. Danau ini mempunyai luas area sebesar 104 kilometer persegi. Bahkan, danau ini pula yang menjadi tempat di mana selalu terselenggaranya Festival Danau Sentani.

Memiliki pesona alam yang mengagumkan dan sangat indah, Danau Sentani tentu sangat layak dijadikan salah satu destinasi wisata terbaik selain Raja Ampat. Pasalnya, banyak tempat-tempat menarik dan unik dapat anda jelajahi ketika mengunjungi kawasan danau ini yang akan memberikan pengalaman terbaik serta menakjubkan.

Letaknya yang strategis karena tidak berada jauh dari pusat Kota Jayapura membuat siapapun yang ingin berkunjung ke danau ini akan memperoleh akses yang mudah. Apalagi, di sekitar wilayah daerah danau ini pun juga telah dilengkapi berbagai fasilitas yang diperlukan oleh para pengunjung dari mulai penginapan, moda transportasi hingga beberapa kuliner.

Sejumlah Pesona Keindahan Alam yang Ada di Danau Sentani, Papua

Dengan segudang keindahan alamnya, Danau Sentani memang layak disebut sebagai salah satu surga tersembunyi. Bukan tanpa alasan, danau ini terletak di lokasi hamparan bukit yang sangat memukau dan memanjakan mata bagi siapa saja yang berkesempatan berkunjung ke kawasan objek wisata ini. Berikut sejumlah pesona keindahan alam yang ada di Danau Sentani diantaranya:

  • Gugusan Pulau Kecil yang Indah

Danau Sentani memang terkenal punya panorama pemandangan alam yang sangat memukau nan indah. Apalagi, di danau ini juga terdapat gugusan puluhan pulau-pulau kecil setidaknya sebanyak 22 pulau yang berada tepat di dalam danau tersebut. Masing-masing pulau kecil tersebut mempunyai keindahan alam dan keunikan tersendiri dengan pemandangan yang nampak berbeda.

Bayangkan saja, anda akan mempunyai banyak sudut pandang pemandangan saat mengunjungi beberapa pulau yang ada di Danau Sentani. Para wisatawan bahkan juga dapat merasakan pengalaman naik perahu motor yang bisa disewa dari penduduk setempat. Uniknya, beberapa pulau di danau ini bahkan menyediakan pula penyewaan akomodasi apabila anda berencana ingin menghabiskan malam di tempat wisata ini.

Di pagi harinya, anda akan disuguhkan oleh sejuknya suasana Danau Sentani yang menenangkan pikiran anda. Jika beruntung, anda bisa menikmati indahnya sunrise atau matahari terbit di kawasan danau tersebut khususnya di beberapa pulau kecil sehingga memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

  • Kampung Yoboi yang Penuh Warna

Tidak berhenti hanya pada wisata alamnya, Danau Sentani juga menawarkan para wisatawan untuk dapat merasakan pengalaman berwisata budaya yakni dengan berkunjung ke Kampung Yoboi. Kampung ini terkenal indah karena penuh warna dan tempatnya yang unik serta menarik karena berada di atas air Danau Sentani.

Kampung Yoboi dikenal sebagai wilayah tempat di mana taman sagu terbesar di Indonesia berada. Bukan cuma melakukan interaksi sosial dengan warga setempat, pengunjung juga dapat menemukan keunikan mereka bagaimana cara menghias rumah dan juga fasilitas publik. Salah satu yang paling menarik perhatian ialah jembatan kayu utamanya di mana menyuguhkan warna yang menarik.

  • Hamparan Bukit yang Menakjubkan

Keindahan Danau Sentani juga karena didukung dengan adanya hamparan bukit yang memukau dan mengelilinginya. Keindahannya akan semakin tampak dari kejauhan meskipun ketika berada di danau ini anda bisa melihat perbukitan lebih jelas. Luasnya hamparan perbukitan di sekitaran danau ini bahkan tak jarang membuatnya sering dijuluki sebagai Bukit Teletubbies yang berwarna hijau segar serta bergelombang.

Apabila anda berada di kawasan Danau Sentani pada waktu sore hari, anda akan bisa menikmati sekaligus merasakan sendiri keindahan senja yang akan membiaskan warna rerumputan bukit serta permukaan danau jadi tampak indah. Untuk bisa mencapai bukit tersebut, ada baiknya bagi anda untuk membawa berbagai perlengkapan maupun kebutuhan mendaki dasar supaya tidak menemukan kesulitan saat melaluinya.

Meskipun diperlukan  perjalanan yang cukup lelah serta menantang, sesampainya anda di atas bukit maka akan membayar segala rasa lelah anda. Terlebih, dari atas bukit anda bisa melihat secara langsung keindahan air Danau Sentani beserta keindahan alam sekitarnya.

  • Berbagai Jenis Ikan Endemik

Dengan kawasan perairan yang tenang, tentu saja Danau Sentani menyimpan Keindahan Danau begitu banyak keanekaragaman hayati yang amat kaya. Betapa tidak, danau ini memiliki banyak sekali biota air tawar yang tentu sangat menarik serta menakjubkan. Bahkan, ada berbagai jenis ikan endemik yang tentu hanya akan dapat anda temukan di tempat ini.

Jika beruntung, anda akan dapat menemukan setidaknya empat spesies ikan endemik yang cuma ada di Danau Sentani.

Keempat jenis spesies ikan endemik tersebut diantaranya Ikan Gabus Danau Sentani, Hiu Gergaji, Ikan Pelangi Merah, serta Ikan Pelangi Sentani. Sayangnya, berbagai jenis spesies ikan unik tersebut masuk ke dalam kategori terancam punah yang diakibatkan oleh perburuan liar atau adanya sejumlah aktivitas manusia yang merusak alam. Maka itulah, pihak pengelola memberikan perlindungan penuh terhadap kawasan wisata Danau Sentani agar semua ekosistem yang ada di dalamnya tidak benar-benar punah.

  • Keunikan Kesenian Lukis Lokal

Di luar pemandangan alamnya yang begitu memukau, Danau Sentani juga mempunyai keunikan lain seperti adanya kesenian lukis lokal. Apalagi, di dalam danau ini terdapat puluhan pulau dengan keragaman keunikannya masing-masing yang berbeda. Salah satu pulau yang menyuguhkan daya tarik yang kuat di danau ini adalah Pulau Asel.

Di samping menyuguhkan pemandangan alam yang begitu menakjubkan, Pulau Asel jadi pusat seniman berkarya yang karyanya bisa anda jadikan sebagai buah tangan sebelum meninggalkan  tempat ini setelah sebelumnya berlibur. Seniman lukis yang ada di Danau Sentani khususnya di Pulau Asel menuangkan masing-masing keindahan karyanya pada kulit kayu yang khas dari Papua. Biasanya, motif yang sering banyak ditemukan yaitu jenis fauna yang sangat ikonik dari Papua serta berbagai kombinasi spiral di mana sangat penuh dengan warna.

Masih banyak tentunya pesona keindahan alam lain yang bisa anda jumpai di kawasan Danau Sentani ini saat mengunjunginya. Danau Sentani sendiri menandakan bahwa Indonesia ialah negara yang sangat kaya dengan keindahan alamnya. Terlebih, keberadaan danau ini sangat bermanfaat baik bagi banyak flora dan fauna maupun bagi warga lokal itu sendiri karena mempunyai mata pencaharian.


Baca Juga : Fakta Danau Tempe, Danau Purba yang Menawan Khas Wajo

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *