Johnnydeppreads.com – Menjadi negara kepulauan sekaligus perairan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi kekayaan alam yang luar biasa. Indonesia tidak hanya terkenal dengan pantai-pantai ataupun pegunungannya yang indah dan mempesona, tetapi juga di setiap kepulauannya terdapat banyak danau dengan segala keunikannya.

Danau menjadi salah satu bentuk kekayaan alam yang dimiliki oleh negara Indonesia. Beberapa danau yang terdapat di setiap pulau atau daerah di Tanah Air bahkan menjadi objek wisata air menarik  di mana sebagian besarnya sudah banyak dikunjungi para wisatawan. Bahkan, danau terbesar di Indonesia maupun di Asia Tenggara ini salah satunya terdapat di Indonesia, yakni Danau Toba yang berada di Sumatera Utara.

Tak hanya itu, keindahan alam danau serta letaknya yang unik juga menjadi keunggulan beberapa danau di Indonesia. Berbagai hal menarik yang berada di dalamnya bahkan tidak akan anda dapat jumpai di tempat-tempat lain. Belum lagi dengan kekayaan flora dan faunanya yang di beberapa kawasan danau menjadi tempat atau habitat sejumlah spesies endemik.

Sebagian dari kita mungkin belum bisa mengeksplorasi keindahan alam di semua danau yang ada di Indonesia karena sangat banyak dan luas. Namun yang pasti, banyaknya danau menambah khazanah kekayaan alam yang dimiliki Indonesia, beberapa diantaranya bahkan disebut sebagai surga yang tersembunyi karena belum banyak diekspos.

Deretan Hal Unik  Sejumlah Danau yang Ada di Indonesia

Setiap danau yang tersebar di daerah-daerah yang ada di Indonesia tentu mempunyai keunikan dan ciri khas masing-masing. Hal-hal unik tersebut bisa karena letaknya yang tidak biasa, flora dan fauna yang kaya, pemandangan alam yang eksotis, hingga kehidupan masyarakat yang ada di sekitarnya.

Bahkan, berkunjung ke kawasan wisatawan danau yang ada di Indonesia membuat para pengunjung bisa menjajal spot-spot terbaik untuk keperluan berfoto dengan background alam yang mempesona. Di beberapa tempat bahkan juga terdapat banyak kuliner khas yang bisa anda cicipi di mana akan menambah pengalaman wisata lebih menarik. Adapun beberapa deretan hal unik sejumlah danau yang ada di Indonesia antara lain seperti berikut:

  1. Terdapat danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara

Tahukah anda bahwa danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara terdapat di Indonesia. Danau tersebut tidak lain merupakan Danau Toba yang berlokasi di Provinsi Sumatera Utara. Dengan luas areanya yang mencapai 1.130 kilometer persegi, Danau Toba dinobatkan sebagai danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara.

Tak hanya itu, danau ini juga memiliki beragam hal menarik, seperti misalnya mempunyai pulau di tengah danau yakni Pulau Samosir yang terbentuk dari letusan gunung purba, yakni Gunung Toba yang meletus pada sekitar 74.000 tahun yang lalu. Danau ini juga menjadi rumah bagi sebagian besar masyarakat Suku Batak dengan tradisi budayanya yang sangat kaya.

  • Memiliki area yang luas

Tak hanya Danau Toba, danau-danau lain yang ada di Indonesia juga unik karena mempunyai area yang sangat luas. Selain Danau Toba, danau lainnya yang juga mempunyai luas area yang besar ialah Danau Towuti yang terdapat di Sulawesi Selatan. Bahkan, danau ini memiliki area seluas 561,1 kilometer persegi sekaligus menjadikannya sebagai danau air tawar terbesar kedua di Tanah Air setelah Danau Toba.

Selain Danau Towuti, di Indonesia juga terdapat banyak pula sejumlah danau yang sangat luas. Beberapa danau terluas lain yang ada di Indonesia diantaranya meliputi Danau Tempe, Danau Poso, Danau Sentarum, Danau Paniai, Danau Ranau, Danau Matano, Danau Maninjau hingga Danau Singkarak. Area yang luas tersebut membuat beberapa danau di Indonesia menjadi habitat bagi banyak kehidupan flora dan fauna.

  • Danau di tengah puncak gunung

Indonesia sangat ikonik dengan adanya danau yang letaknya tidak biasa yang berada di tengah-tengah puncak gunung. Danau tersebut terletak di Flores, Nusa Tenggara Timur yaitu Danau Kelimutu. Letaknya yang unik tersebut membuat Danau Kelimutu menyuguhkan panorama keindahan alam sangat menakjubkan yang dikelilingi oleh pegunungan.

Keunikannya tersebut membuat danau ini menjadi tempat yang sangat diinginkan untuk dikunjungi oleh sebagian besar wisatawan domestik ataupun mancanegara. Bukan hanya letaknya saja yang menarik, Danau Kelimutu juga terkenal dengan warna airnya yang berubah-ubah dan memiliki 3 warna. Jika dilihat, warna air Danau Kelimutu terkadang akan berwarna putih, biru dan merah di mana menurut kepercayaan masyarakat sekitar, ketiga warna tersebut mempunyai makna tersendiri masing-masing.

  • Kaya akan flora dan fauna

Indonesia memiliki sejumlah Pemandangan Danau yang sangat kaya akan flora dan faunanya. Dengan kondisi alam maupun area tertentu, beberapa danau bahkan menjadi rumah bagi sejumlah spesies endemik atau hanya ada di tempat tertentu.

Beberapa danau di Indonesia yang kaya dengan flora dan fauna tentu menambah daya tarik bagi banyak orang untuk menjelajahi lebih dalam keunikan yang terdapat di dalamnya. Bahkan, sudah banyak dari danau-danau di Tanah Air menjadi objek penelitian para ilmuwan guna mengetahui terbentuknya danau tersebut, iklim di masa lalu hingga relativitas bagaimana flora dan fauna ada di kawasan tersebut dan masih bertahan sampai sekarang.

  • Destinasi wisata yang menarik

Sudah banyak beberapa danau yang terdapat di Indonesia menjadi objek wisata yang dikelola oleh pemerintah setempat. Tentu bukan tanpa alasan mengapa sebagian besar danau di Indonesia jadi tempat wisata karena lokasinya yang sangat mendukung, disediakan berbagai fasilitas hingga terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona.

Bahkan, beberapa danau di negara kita bisa menjadi destinasi wisata yang paling menarik serta layak dikunjungi sebagai alternatif lain apabila anda sudah terlalu terbiasa mengunjungi pantai maupun gunung. Pasalnya, keindahan alam yang ada di danau juga tak kalah menariknya untuk para wisatawan nikmati semasa liburan. Apalagi, beberapa kawasan objek wisata danau di Indonesia sangat worth it untuk dipilih sebab menawarkan tarif yang sangat value for money.

  • Pulau di tengah danau

Ini dia yang juga sangat terkenal dari beberapa danau yang ada di Indonesia karena memiliki terdapat pulau di dalamnya. Salah satu danau yang sangat ikonik di Indonesia dengan pulau di tengahnya ialah Danau Toba. Danau terbesar di Indonesia ini memiliki pulau di  tengah-tengah areanya yang bernama Pulau Samosir.

Pulau Samosir sendiri terbentuk dari letusan Gunung Toba yang merupakan gunung purba di mana letusannya juga menciptakan Danau Toba yang kita kenal sekarang. Selain itu, Pulau Samosir menjadi tempat tinggal Suku Batak di mana anda juga bisa menemukan berbagai tradisi dan budaya unik Batak.

Danau lain di Indonesia yang juga terdapat pulau di tengahnya ialah Danau Towuti di Provinsi Sulawesi Selatan. Danau Towuti bahkan memiliki tiga pulau di dalamnya yakni pulau Loeha, Pulau Kembar dan Pulau Bolong yang menjadi daya tariknya.

Baca Juga : Keindahan Danau Towuti, Danau Purba di Sulawesi Selatan yang Penuh Pesona

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *