Johnnydeppreads.com – Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu provinsi kepulauan di Indonesia yang sudah sangat terkenal akan keindahan maupun kekayaan alamnya. Hal itu juga termasuk beberapa pulau-pulau di dalamnya, di mana salah satu yang paling eksotis dan menyita banyak perhatian para pelancong ialah Pulau Sabu Raijua.

Pesona Keindahan Pulau Sabu Raijua memang sangat menarik buat dijelajahi, bahkan para wisatawan mungkin sudah tak asing lagi mendengar namapulauyang satu ini karena keeksotisannya yang luar biasa. Sesuai dengan namanya, Pulau Sabu Raijua sendiri merupakan pulau yang berada di Kabupaten Sabu Raijua.

Luasnya memang tidak seberapa, namun Pulau Sabu Raijua tidak kalah indah dibandingkan dengan Pulau Komodo, Danau Kelimutu ataupun Desa Wae Rebo. Apalagi, pengunjung pulau ini akan dibuat takjub karena perairan laut yang biru dan luas mengelilingi pulau ini sehingga mampu menambah daya tarik.

Pulau Sabu Raijua sendiri berlokasi di sebelah barat daya Pulau Sawu yang secara administratif termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Raijua, Nusa Tenggara Timur. Pulau indah di NTT yang satu ini juga menyuguhkan flora dan fauna yang sangat kaya serta keindahannya bak surga tersembunyi yang ada di timur Indonesia sehingga tidak heran apabila banyak dari wisatawan yang sangat ingin mencoba keindahan pulau ini.

Keindahan Pulau Sabu Raijua yang Sangat Eksotis

Bicara tentang Nusa Tenggara Timur pastina tak akan lengkap apabila tidak membahas pulau-pulau indah yang ada di salah satu provinsi yang ada di timur Indonesia ini. Termasuk halnya dengan Pulau Sabu Raijua yang disinyalir sebagai sebuah pulau cantik di mana telah menjadi salah satu objek wisata terbaik andalan di NTT.

Bahkan yang membuat Pulau Sabu Raijua ini menarik dan unik karena letaknya yang terpencil sekaligus jadi salah satu pulau yang terluar di Indonesia. Makanya, bagi anda yang mencari ketenangan, mengunjungi Pulau Sabu Raijua yang sangat eksotis ini tentu bisa jadi pilihan terbaiknya. Pemandangan alam yang disuguhkan oleh pulau terpencil ini memang sangat mengagumkan.

Luas Pulau Sabu Raijua sendiri ialah sekitar 460,78 kilometer persegi. Meski letaknya terpencil, namun pulau ini ternyata berpenghuni yang di dalamnya menjadi tempat tinggal bagi sebanyak 30.000 jiwa. Kehidupan masyarakat di pulau ini sangat tergantung dari lahan pertanian kering, kerajinan, menangkap ikan, beternak, berdagang, bahkan hingga membuat gula sabu yang berbahan nira lontar.

Meskipun kawasan ini tak sepopuler seperti Pulau Komodo ataupun beberapa tempat terbaik lain yang ada di NTT, tetapi Pulau Sabu Raijua layak dikunjungi sebab menyajikan pemandangan alam yang sangat indah dengan pasir pantai berwarna putih, air laut yang jernih hingga deburan ombak yang menggulung yang tidak akan membuat anda jemu memandangnya.

Beberapa Destinasi Wisata Pulau Sabu Raijua dengan Keindahan Alam Paling Eksotis

Menjelajahi keindahan Pulau Sabu Raijua tentu akan semakin mampu melengkapi petualangan anda yang lebih menyenangkan apabila berkunjung pula ke beberapa destinasi wisata yang ada di pulau tersebut. Apalagi, setiap spot terbaik di pulau ini juga menawarkan keindahan alam menakjubkan dan tidak akan pernah anda lupakan.

Selain itu, dengan banyaknya beberapa destinasi wisata di Sabu Raijua tentu menjadikannya pilihan cocok saat berlibur karena keindahan alamnya yang sangat eksotis serta mampu memanjakan mata siapapun pengunjungnya. Inilah beberapa destinasi wisata Pulau Sabu Raijua yang paling menarik untuk dikunjungi:

  • Bukit Kelebang Maja

Destinasi menarik pertama yang ada di Pulau Sabu Raijua adalah Bukit Kelebang Maja. Bukit ini sangat terkenal karena menyuguhkan keajaiban alam berupa gradasi warna yang sangat unik dan menakjubkan. Bukit ini juga menyajikan pemandangan perbukitan yang indah dengan gradasi warna birunya yang sangat ikonik serta mampu membuat mata terpukau.

Tak hanya indahnya pemandangan perbukitan, di Bukit Kelebang Maka pula pengunjung akan disuguhi dengan tebing yang berwarna pelangi. Ada pula batu keseimbangan di bukit ini yang  jadi sebuah simbol kepercayaan bagi masyarakat setempat.

  • Kampung Adat Namata

Ketika anda berkunjung ke Pulau Sabu Raijua, anda juga akan menemukan kampung adat yang sangat unik bernama Kampung Namata. Kampung adat ini menjadi tempat yang cocok bagi wisatawan yang ingin menyelami seperti apa budaya leluhur dengan autentik. Pasalnya, para wisatawan bisa menyaksikan berbagai kegiatan maupun aktivitas di mana masih mempertahankan berbagai nilai kebudayaan leluhur. Tidak terkecuali dalam hal proses pembuatan kain tenun tradisional.

  • Gowa Lima Bala

Jika anda berkunjung ke Pulau Sabu Raijua, maka tidak lengkap rasanya bilamana tak menyambangi pula Gowa Lima Bala yang akan memberikan tantangan seru serta menarik. Gowa Lima Bala sendiri berlokasi di Desa Eimau, desa yang berada di Kecamatan Sabu Tengah yang menyuguhkan pengalaman cukup menantang dengan stalakmit ataupun stalaktit yang sangat indah.

Kemudian, cabang-cabang yang ada di Gowa Lima Bala juga memungkinkan bagi para wisatawan untuk bisa menembus Kecamatan Sabu Timur ataupun Sabu Barat. Bahkan, tak jarang Gowa Lima ini sering para pengunjung jadikan sebagai spot foto terbaik sebab sangat instagramable dan juga menyajikan pemandangan alam eksotis serta sangat indah.

  • Bukit Salju

Meski sebetulnya tidak ada salju, namun di Pulau Sabu Raijua terdapat salah satu spot yang di dalamnya mirip seperti hamparan salju berwarna putih yang indah, bukit tersebut yaitu Bukit Salju. Sebetulnya, warna putih di bukit tersebut bukan benar-benar salju sebagaimana namanya, melainkan warna putih tersebut merupakan warna yang berasal dari Bukit Kapur sehingga seolah mirip seperti salju jika dilihat dari kejauhan.

Bahkan, pengunjung yang baru pertama kali mengunjungi Bukit Salju di Pulau Raijua ini akan mengira kalau bukit tersebut merupakan bukit bersalju. Namun, udara di kawasan ini tidak terlalu dingin namun sejuk sehingga jadi destinasi wisata paling menarik untuk dikunjungi.

  • Pantai WBL

Untuk destinasi wisata menarik lain di Pulau Sabu Raijua yang bisa anda kunjungi yaitu Pantai WBL ata singkatan dari Wah Terang, Berlima dan Laborai. Pantai WBL bahkan disebut-sebut sebagai surga tersembunyinya Nusa Tenggara Timur karena tak hanya menarik tetapi juga mempunyai pemandangan alam yang sungguh menakjubkan.

Uniknya pantai ini karena jika melihat tebingnya mempunyai warna-warni yang sangat indah serta adanya tebaran cangkang kerang di mana mampu menambah pesona yang ada di pantai ini. Dengan berkunjung ke Pantai WBL, anda bisa merasakan langsung indahnya pemandangan laut.

Masih banyak sebetulnya tempat-tempat lain yang bisa dieksplorasi ketika berkunjung ke kawasan Pulau Sabu Raijua. Semua hal menarik dan keindahan alam yang terdapat di dalamnya membuat pulau ini sangat layak anda kunjungi untuk memberikan suatu pengalaman yang berharga. Keindahan alam di pulau ini masih sangat terjaga dengan baik karena tidak adanya aktivitas manusia yang merusak lingkungan alam.

Baca Juga : Keindahan Pulau Samosir Beserta Spot Terbaik

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *