Johnnydeppreads.com – Mencari destinasi wisata terbaik dan eksotis yang sangat cocok buat healing, Pulau Samosir mungkin menjadi salah satu pilihan terbaik anda saat liburan yang layak dipertimbangkan. Pulau yang berada di Sumatera Utara ini sangat unik karena lokasinya yang tepat berada di tengah danau terbesar di Indonesia yang tidak lain ialah Danau Toba.

Letaknya yang tidak biasa tersebut menjadikan Pulau Samosir ini menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan. Terlebih, di pulau vulkanik ini anda bisa merasakan sendiri kesejukan maupun panorama keindahan alam yang sangat mahal dan tidak akan anda bisa jumpai di pulau lain manapun.

Bagi yang belum mengetahui seperti apa Pulau Samosir, pulau ini merupakan sebuah pulau di tengah perairan Danau Toba yang membuatnya sangat unik serta menarik. Bukan cuma karena letaknya saja, tetapi pemandangan alam di pulau ini memang sangat indah dengan perairan danau terhampar luas yang bisa menghipnotis mata anda.

Selain itu, Pulau Samosir sendiri sudah menjadi salah satu kawasan objek wisata andalan masyarakat Sumatera Utara. Bahkan pada waktu-waktu tertentu, pulau ini juga kerap kali dikunjungi oleh banyak wisatawan dari berbagai daerah lain di Indonesia bahkan sudah cukup populer bagi kalangan wisatawan  mancanegara.

Awal Mula Terbentuknya Pulau Samosir

Sedikit ringkasan tentang Pulau Samosir, di mana pulau ini merupakan tipe pulau vulkanik yang artinya terbentuk karena adanya letusan gunung berapi di masa lalu, yakni Gunung Toba yang merupakan gunung purba. Terciptanya Pulau Samosir diperkirakan terjadi pada 74 ribu tahun lalu.

Letusan Gunung Toba di masa lalu tak hanya menciptakan sebuah pulau, tetapi juga menyebabkan terbentuknya sebuah danau yang kita kenal saat ini dengan Danau Toba. Pun demikian halnya dengan Pulau Samosir yang hingga kini menjadi salah satu pulau unik nan indah yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan karena menyuguhkan pemandangan alam.

Beberapa Spot Terbaik di Pulau Samosir yang Menawarkan Keindahan Alam Luar Biasa

Meskipun Pulau Samosir merupakan pulau terpencil di tengah danau, nyatanya pulau ini berpenghuni. Di mana, pulau ini sendiri jadi tempat tinggal  suku batak yang sangat kaya akan budaya serta tradisinya. Tidak hanya itu, pulau ini juga menyuguhkan banyak sekali spot-spot menarik yang menawarkan keindahan alam yang mana bisa para wisatawan jelajahi untuk mengenal lebih dekat tentang kehidupan di pulau tersebut.

Setiap spot atau tempat terbaik di Pulau Samosir juga menyuguhkan masing-masing keindahan alam serta keunikan tersendiri. Jika anda belum  mengetahuinya, simak beberapa spot terbaik yang ada di Pulau Samosir dengan menawarkan keeksotisan serta keindahan alam yang sangat luar biasa seperti berikut ini:

  1. Bukit Holbung

Percaya atau tidak, Pulau Samosir berada di ketinggian 1.000 meter lebih yang membuatnya tentu memiliki beberapa bukit, salah satu yang paling ikonik adalah Bukit Holbung. Di bukit ini anda bisa memanjakan diri sambil bersantai menikmati pemandangan alam yang sangat epic dari Danau Toba yang bisa anda saksikan langsung dari atas ketinggian.

Selai sejuk dan cantik, Bukit Holbung juga menyuguhkan suasana yang tenang bagi setiap para pengunjungnya. Maka dari itu, sangat pas apabila anda mengunjungi bukit ini untuk melepas penat sekaligus mencari ketenangan.

  • Pusuk Buhit

Selain Bukit Holbung, spot terbaik selanjutnya yang juga bisa anda sambangi di Pulau Samosir adalah Pusuk Buhit. Pusuk Buhit merupakan salah satu tempat paling hits di pulau ini yang sangat disukai oleh para pelancong, baik lokal maupun mancanegara.

Berada pada puncak  gunung yang mempunyai ketinggian 1.982 meter di atas permukaan laut, Pusuk Buhit menyajikan panorama keindahan alam sungguh mempesona serta dianggap sakral  oleh masyarakat setempat. Sehingga anda yang mengunjunginya harus mematuhi aturan masyarakat Pulau Samosir.

Selain itu, Pusuk Buhit juga dipercaya masyarakat Suku Batak sebagai awal mula dari peradaban suku tersebut. Meski dianggap sangat sakral, namun keindahan pemandangan di Pusuk Buhit ini tidak terelakkan karena dari atas puncaknya anda juga bisa melihat indahnya pemandangan Danau Toba yang mengelilingi Pulau Samosir.

  • Sibea-bea

Sibea-bea merupakan spot terbaik yang paling layak dikunjungi ketika anda berada di Pulau Samosir. pulau ini sendiri adalah tempat berdirinya sebuah patung raksasa Christ The Redeemer sehingga anda tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke Rio de Janeiro di Brazil.

Adapun patung ini sendiri berdiri tegak di puncak Bukit yang telah dibuka secara resmi pada tanggal 18 Februari 2023 lalu. Agar anda bisa sampai di puncak ini, anda mesti melewati jalan berkelok guna menikmati pemandangan yang super estetik dari Danau Toba.

  • Desa Wisata Tomok

Di Pulau Samosir, pengunjung juga dapat menyambangi salah satu desa wisata paling menarik yaitu Desa Wisata Tomok. Seperti mana desa wisata pada umumnya, Desa Tomok pun juga menyajikan pemandangan pemukiman yang sangat eksotis dan masih otentik. Anda masih dapat menemukan banyaknya bangunan tradisional di Desa Tomok dengan rumah-rumah adat yang berjejer sekaligus bisa menyaksikan langsung tarian Tor-tor yang terkenal dan dilakukan oleh warga setempat.

Di Desa Wisata Tomok, pengunjung tidak akan pernah kehabisan spot untuk disambangi. Pasalnya, terdapat sejumlah tempat yang bersejarah serta sakral di mana sangat menarik. Di tempat ini pula anda akan menemukan Makam Keluarga Raja Sidabutar, Gereja Tua, Museum Batak serta masih banyak lagi yang bisa anda eksplorasi di dalamnya.

  • Danau Sidihoni

Pernahkah anda mendengar ada sebuah pulau di tengah danau yang di dalamnya juga terdapat danau? Ini bisa anda jumpai salah satunya di Pulau Samosir. Karena memang, Danau Sidihoni merupakan sebuah danau yang berada di dalam Pulau Samosir, yang mana pulau ini pun berada di tengah Danau Toba sehingga menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri.

Dikarenakan fenomena yang sangat langka ini, pengunjung Pulau Samosir tentu saja tidak akan pernah ingin melewatkan untuk mendatangi Danau Sidihoni karena akan memberikan pengalaman yang begitu menarik. Bahkan, keindahan alam dari danau ini memang tidak main-main karena sangat mempesona serta menyuguhkan kecantikan yang luar biasa.

  • Bukit Simarjarunjung

Ada pula bukit lain yang berada di Pulau Samosir yang bisa para wisatawan kunjungi ialah Bukit Simarjarunjung. Bukit ini jadi spot terbaik untuk memandang indahnya panorama alam Danau Toba dari atas ketinggian secara utuh dan juga estetik.

Tak cuma sekedar menyuguhkan pemandangan perairan Danau Toba yang berwarna kebiruan, pengunjung yang berada di Bukit Simarjarunjung juga bisa menyaksikan hijaunya hutan pinus yang sangat luas dengan luas area mencapai 4.000 meter persegi. Namun berbeda dengan Bukit Holbung, bukit ini telah dilengkapi dengan sejumlah wahana untuk rekreasi, tidak terkecuali arena bermain hingga spot foto yang sangat instagramable.

Baca Juga : Eksotisme Keindahan Pulau Enggano yan Terbaik

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *