Johnnydeppreads.com – Pulau Bawean merupakan pulau yang kerap kali disebut sebagai surga yang tersembunyi di Provinsi Jawa Timur. Pulau ini menyuguhkan keindahan alam sungguh memesona serta menakjubkan yang tak jarang membuat pulau ini sering dikunjungi para wisatawan dan menjadi salah satu objek wisata andalan di Jawa Timur. Meski memang namanya kurang begitu familiar jika dibandingkan dengan pulau-pulau lain yang ada di Indonesia.

Pulau Bawean sendiri berlokasi di Kabupaten Gresik, Jawa Timur atau terletak tepat di Laut Jawa. Tak hanya dari eksotisme keindahan alamnya saja, pulau ini bahkan juga sangat ikonik dengan pantainya yang memiliki pasir berwarna putih, air laut yang jernih, hingga kehidupan bawah lautnya yang sungguh  memukau sehingga bisa memanjakan mata siapapun yang mengunjunginya.

Tidak sedikit bahkan dari para wisatawan yang sering kali terpukau dengan indahnya panorama alam di pulau ini yang masih sangat asri dan terjaga serta perairannya yang tenang. Tak cuma itu,keindahan Pulau Bawen bahkan juga  layak disandingkan dengan beberapa pulau lain di Indonesia yang populer seperti Pulau Karimunjawa, Pulau Raja Ampat, bahkan dengan Kepulauan Wakatobi sekalipun.

Informasi Menarik Seputar Pulau Bawean

Meskipun namanya belum setenar selayaknya pulau-pulau lain di Indonesia, keberadaan Pulau Bawean seolah memberikan bukti bahwa Indonesia punya banyak surga tersembunyi yang belum banyak dieksplorasi. Karena memang, Pulau Bawean mempunyai keindahan alam tidak perlu lagi diragukan mulai dari pasir pantai, air laut jernih kebiruan hingga kekayaan alam lainnya yang ada di sekitaran pulau tersebut.

Keindahan alamnya yang menakjubkan inilah yang membuat Pulau Bawean sangat layak dikunjungi dan bisa menjadi destinasi wisata sempurna karena masih sangat jarang dijamah oleh para pelancong lain khususnya yang berada di luar Jawa Timur. Tak  hanya keindahan pantainya, tetapi Pulau Bawean pun menyuguhkan kesempatan para pengunjung menjelajahi beberapa danau yang mempesona, mendaki berbagai bukit yang hijau, serta menikmati kehidupan warga lokal yang sangat khas.

Selain itu, anda yang berkesempatan mengunjungi Pulau Bawean, jangan lupa pula untuk menyambangi kekayaan bawah lautnya yang sangat mempesona dan juga menarik. Hal itu bisa anda lakukan dengan cara snorkeling maupun diving karena sudah tersedia di pulau tersebut untuk menjelajahi seperti apa keindahan kehidupan bawah laut Pulau Bawean yang sungguh menakjubkan.

Serangkaian Destinasi Menarik dan Menakjubkan di Pulau Bawean

Sebagai objek wisata terbaik di Pulau Jawa, tentu saja Pulau Bawean  juga menawarkan berbagai macam destinasi menarik serta menakjubkan dengan spot-spot unggulan yang bisa anda jelajahi. Makanya, anda yang mengunjungi pulau ini tidak lengkap bilamana tidak mencoba pula beberapa spot menarik yang ada di dalamnya untuk melengkapi pengalaman terbaik anda. Berikut serangkaian destinasi wisata menarik serta menakjubkan yang terdapat di Pulau Bawean antara lain:

  1. Pulau Gili

Pulau Gili merupakan sebuah pulau yang terletak di Bawean dan telah sejak lama menjadi magnet buat para wisatawan yang ingin mencari ketenangan serta keindahan alam yang masih terjaga alami. Meski belum begitu terkenal, Pulau Gili tentu saja mempunyai daya tarik tersendiri yang tentu bisa memikat siapapun para pengunjung.

Tak hanya keindahan alamnya, Pulau Gili juga jadi rumah bagi komunitas lokal di mana sekitar 700 keluarga tinggal di pulau indah ini. Selain itu, warga penghuni Pulau Gili juga turut berkontribusi dalam menjaga keaslian maupun kebersihan lingkungannya sekaligus menjaga agar tidak adanya aktivitas manusia yang mengancam maupun merusak alam di sana.

  • Pantai Ria

Pulau Bawean mempunyai beberapa spot pantai yang memang sangat indah dan menarik, salah satu yang paling layak buat dikunjungi ialah Pantai Ria. Pantai ini akan membuat siapa pun yang mengunjunginya sangat jatuh hati karena mempunyai indahnya pasir pantai berwarna putih bersih nan lembut.

Bahkan, pemandangan alam di Pulau Ria juga membuat mata siapapun takjub dan seolah tak ingin segera beranjak. Selain itu, Pantai Ria di Pulau Bawean juga menjadi spot cantik untuk bermain ombak ataupun sekedar untuk bersantai sembari menyaksikan indahnya sunset yang sangat menawan.

Ketenangan dan keindahan Pantai Ria di Pulau Bawean ini juga sangat cocok bagi yang menginginkan tempat wisata yang sepi tanpa harus melihat banyaknya wisatawan lain. Anda pun bisa berjalan-jalan santai di sepanjang Pantai Ria sambil menikmati pemandangan alam di sana hingga mencoba beberapa spot foto terbaik untuk anda abadikan.

  • Tanjung Gaang

Berkunjung ke Pulau Bawean rasanya tidak lengkap bilamana tidak mencoba pula mengunjungi Tanjung Gaang, salah satu destinasi menarik dan menakjubkan lain yang bisa anda kunjungi. Di Tanjung Gaang, anda dapat melihat tebing-tebing karang menjulang sangat tinggi hingga indahnya pemandangan batu karang yang sungguh mempesona.

Untuk bisa sampai ke Tanjung Gaang ini, pengunjung dapat menaiki perahu carteran yang dapat disewa. Tapi, tidak menutup kemungkinan pula bagi anda yang ingin mengunjungi tempat menarik di Pulau Bawean ini dengan mencoba petualangan trekking lewat jalur alam yang sangat menarik dan akan menjadi pengalaman paling tidak akan terlupakan.

  • Danau Kastoba

Berikutnya ada Danau Kastoba, danau bak permata tersembunyi yang juga berada di Pulau Bawean. Danau Kastoba merupakan danau vulkanik karena memang terbentuknya danau ini akibat dari letusan gunung berapi. Terlepas dari hal tersebut, keindahan danau ini tidak terelakkan lagi karena memiliki perairan danau yang jernih serta ditumbuhi oleh rimbunnya pepohonan yang hijau sehingga cocok dijadikan sebagai tempat bersantai.

Bagi penyuka petualangan, Danau Kastoba juga menyuguhkan jalur trekking di sekitarannya dan juga bisa anda jelajahi dengan berjalan-jalan santai. Tak hanya itu, pemandangan alam yang indah dari danau ini pun sangat cocok buat anda jadikan sebagai spot berfoto terbaik dengan latar keindahan Danau Kastoba yang begitu menakjubkan.

  • Penangkaran Rusa Bawean

Tempat menarik di mana juga layak anda kunjungi ketika mengunjungi Pulau Bawean di Gresik ini adalah penangkaran rusa Bawean. Karena memang, di pulau ini terdapat lokasi penangkaran hewan rusa Bawean dan selalu menjadi daya tarik buat para wisatawan.

Sejumlah rusa yang terdapat di Pulau Bawean juga merupakan hewan endemik atau satwa asli yang  berada di pulau ini. Bahkan, rusa Bawean juga merupakan salah satu spesies rusa langka dan keberadaannya sudah terancam punah sehingga terus dijaga serta dilestarikan.

Penangkaran rusa Bawean terletak di dalam lahan dengan luas sekitar 4 hektar dan menjadi tempat para rusa tersebut dilestarikan serta dijaga supaya tidak punah. Walaupun berada di dalam kawasan penangkaran, tetapi para wisatawan yang berkunjung mesti mematuhi segala aturan yang ketat di sini.

Misalnya saja pengunjung tidak boleh memberi makan rusa tersebut, terlebih rusa di Pulau Bawean termasuk satwa liar. Sehingga memberi makan rusa akan dianggap dapat mengganggu kehidupan maupun pola makan alami mereka.


Baca Juga : Deretan Pulau Terindah Paling Eksotis di Sumatera

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *