Johnnydeppreads.com – Pulau Sumatera merupakan satu di antara pulau terbesar yang terdapat di Indonesia di mana juga terkenal dengan berbagai wisata alamnya yang sangat menarik. Di Sumatera sendiri tidak hanya terdapat banyak gunung ataupun danau-danau indah yang bisa menjadi destinasi wisata terbaik yang patut dikunjungi, tetapi juga ada deretan pulau-pulau kecil di sekelilingnya yang mana juga layak untuk di explore.

Serangkaian pulau kecil yang  berada mengelilingi Pulau Sumatera bahkan memiliki keindahan alam yang sungguh memesona bahkan sangat eksotis. Bahkan, beberapa di antaranya sudah sejak lama menjadi kawasan wisata populer serta sering dikunjungi oleh para wisatawan karena menyuguhkan panorama alam yang indah serta sangat langka untuk dijumpai di tempat-tempat lain manapun di Indonesia.

Tentu saja, dengan beragam pulau terindah dan paling eksotis yang ada di Pulau Sumatera bisa menjadi destinasi wisata anda saat liburan tiba. Bukan tentang menikmati eksotisme keindahan alamnya, namun mengunjungi beberapa pulau kecil yang indah dan menarik juga bisa membuat anda menjajal berbagai wisata kulinernya serta budaya masyarakat lokal lengkap dengan tradisi dan budayanya.

Inilah Deretan Pulau Terindah Paling Eksotis di Sumatera yang Layak di Explore

Sumatera memang terkenal dengan kekayaan alamnya yang memesona dan bisa dibuktikan dari banyaknya pulau-pulau kecil di sana. Dari sekian banyaknya gugusan pulau yang mengelilingi Pulau Sumatera, tentunya ada beberapa yang layak anda explore karena menyuguhkan pemandangan alam sangat indah dan sangat eksotis yang akan memberikan kepuasan anda selama mengunjunginya.

Tidak hanya itu, ada pula pulau di Sumatera yang memiliki letak sangat unik hingga sejarah terbentuknya pulau tersebut yang mengundang daya tarik banyak orang. Berikut deretan pulau-pulau terindah paling eksotis di Sumatera yang layak untuk di explore, diantaranya:

  1. Pulau Samosir

Daftar pertama pulau terindah yang ada di Sumatera ialah Pulau Samosir yang berlokasi di dataran tinggi Provinsi Sumatera Utara, atau tepatnya berada di Kabupaten Samosir. Nama pulau ini sangat legendaris dan terkenal karena letaknya yang berada tepat di tengah-tengah Danau Toba. Di mana seperti kita tahu, Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di Indonesia dan bahkan juga di dunia.

Seperti halnya Danau Toba, Pulau Samosir juga terbentuk akibat dari letusan Gunung Purba, gunung purbakala yang meletus pada 74 ribu tahun silam. Makanya, tidak salah apabila Pulau Samosir menjadi pulau vulkanik dan menjadi tempat wisata terbaik paling menarik di Sumatera Utara.

Untuk mengunjungi Pulau Samosir, para pengunjung akan melewati luasnya perairan Danau Toba yang sangat indah. Saat berada di Pulau Samosir, tentunya anda bisa menyaksikan dan menikmati langsung keindahan danau terbesar di Indonesia ini sekaligus bisa mengenal budaya maupun tradisi dari Suku Batak yang mendiami pulau ini.

  • Pulau Mursala

Selain Pulau Samosir, di Sumatera Utara juga terdapat pulau menarik lain yang sangat eksotis dengan pemandangan alamnya yang sangat memesona yaitu Pulau Mursala. Keindahan dari Pulau Mursala ini sepertinya tak perlu diragukan lagi sebab pulau ini sudah berkali-kali diliput berbagai media ataupun acara televisi hingga syuting film karena panorama keindahan alamnya yang sangat menunjang.

Hal yang paling indah dan jadi daya tarik paling ikonik dari Pulau Mursala ini ialah adanya air terjun yang menjulang tinggi menuruni langsung tebing berbatu yang jatuh ke laut. Bukan itu saja, Pulau Mursala juga juga punya spot yang menarik untuk para wisatawan menyelam atau snorkeling di mana bisa langsung menyaksikan indahnya pemandangan terumbu karang.

  • Pulau Weh

Siapa yang tidak kenal dengan Pulau Weh, pulau yang berada di ujung barat Indonesia yang terkenal dengan Tugu Nol Kilometer ini. Secara administratif, Pulau Weh berlokasi di Sabang, Provinsi Aceh. Pulau ini tak hanya terkenal dengan Tugu Nol Kilometernya saja, tetapi juga sangat menarik karena keindahan alam yang memesona dan keadaan lingkungan sekitar pulau tersebut yang sangat eksotis sehingga jadi tempat terbaik yang layak buat di explore.

Meski berada jauh sekali di ujung barat Indonesia, namun tak sedikit para wisatawan yang tertarik mengunjungi Pulau Weh. Apalagi di pulau ini, terdapat banyak sekali spot-spot unggulan paling menarik yang bisa dijelajahi seperti Danau Aneuk Laut, Pantai Iboih dan  masih banyak lagi.

  • Pulau Berhala

Pulau Berhala disebut-sebut sebagai salah satu pulau terindah yang berada di Pulau Sumatera. Hal itu memanglah tidak mengherankan, sebab pulau dengan luas 2,5 kilometer persegi yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai ini adalah salah satu pulau terluar di Indonesia yang  berada di Selat Malaka dan dimiliki oleh Provinsi Sumatera Utara.

Meski menjadi kawasan yang terluar, tetapi Pulau Berhala sangat layak untuk anda kunjungi dengan eksotisme keindahan alamnya yang begitu mengagumkan. Pulau ini juga dimanfaatkan pula sebagai tempat penangkaran penyu serta kaya dengan hutan bakar bahar maupun berbagai terumbu karang di daerah perairannya.

  • Pulau Angso Duo

Tak hanya Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Barat juga memiliki pulau terindah dan eksotis lain yang sangat ikonik yaitu Pulau Angso Duo. Pulau ini sendiri berlokasi Pariaman yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang mempesona, air laut yang biru, hingga cuaca di sini yang sangat sejuk dengan  keadaan alam yang sangat tenang.

Pulau Angso Duo menyuguhkan keindahan bawah laut sangat luar biasa disertai dengan keberagaman terumbu karang, berbagai jenis spesies ikan, hingga air lautnya yang berwarna biru nan jernih. Tak cuma itu, pantai yang berada di Pulau Angso Duo juga memiliki pasir berwarna putih bersih dan lembut dengan deretan pohon kelapa rindang yang mengelilinginya.

  • Pulau Belitung

Siapa yang tidak kenal dengan Pulau Belitung, pulau yang terkenal dengan julukan Pulaunya Laskar Pelangi ini memang menyimpan kekayaan serta keindahan alam yang mampu membuat siapa pun takjub apabila melihatnya. Pulau yang  berada di Bangka Belitung ini berada di lepas pantai timur di Pulau Sumatera dan terkenal sebagai pulau paling indah yang ada di Sumatera.

Ketika menginjakkan kaki di pulau ini, pengunjung akan disambut dengan berbagai batu granit yang berjejer dan berkilat  serta diterpa oleh sinar matahari di sepanjang garis pantainya. Tentu saja hal demikian jadi daya tarik yang luar biasa di Pulau Belitung yang tak sedikit mengundang rasa penasaran para wisatawan untuk mengunjunginya.

  • Pulau Pahawang

Adapun pulau terindah lain dengan eksotisme alam yang cantik di Pulau Sumatera berikutnya yaitu Pulau Pahawang yang  berada di Lampung. Pulau yang berlokasi di Kabupaten Pesawaran ini berada tidak jauh dari Pulau Jawa sehingga membuatnya tak jarang juga dikunjungi oleh berbagai wisatawan dari Banten, Jawa Barat ataupun dari Jakarta dan sekitarnya.

Pulau Pahawang kaya akan keindahan terumbu karangnya yang berwarna-warni sangat cantik disertai dengan beragam jenis-jenis ikan kecil. Meskipun banyak sekali sebetulnya pulau indah yang ada di Sumatera, namun Pulau Pahawang menjadi salah satu yang layak di explore sebab punya panorama alam sungguh mempesona.

Baca Juga : Keindahan Pulau Weh, Surga di Ujung Barat Indonesia

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *