Johnnydeppreads.com – Nama Raja Ampat memang sudah sangat terkenal sebagai salah satu surga tersembunyi yang dimiliki negara Indonesia. Tidak hanya terkenal oleh sebagian besar masyarakat di Tanah Air, Raja Ampat bahkan juga sangat hits bagi beberapa wisatawan mancanegara. Karena memang, Raja Ampat merupakan kawasan pulau-pulau yang sangat eksotis disertai dengan pemandangan alamnya yang menarik serta menakjubkan.

Raja Ampat sendiri merupakan kepulauan yang berada di salah satu Kabupaten di Papua Barat. Kawasan ini menyuguhkan keindahan alam, ketenangan, dan kedamaian yang pastinya jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Apalagi, pemandangan alamnya yang sungguh mempesona dengan panorama yang sangat cantik membuat Pulau Raja Ampat layak dikunjungi terutama pada saat anda ingin menghabiskan waktu liburan.

Bahkan, keindahan alam luar biasa yang dimiliki Pulau Raja Ampat jelas telah membuat popularitasnya sangat mendunia. Meski berada jauh di ujung Papua, namun kepulauan ini tetap menjadi salah satu tujuan banyak para pelancong yang ingin merasakan langsung seperti apa indahnya panorama alam Raja Ampat serta hal menarik apa yang terdapat di dalamnya.

Di Pulau Raja Ampat sendiri, para wisatawan bahkan juga bisa menikmati serta mengunjungi berbagai destinasi menarik yang pastinya hanya akan bisa dijumpai di tempat ini. Apalagi, dengan luas areanya yang mencapai sekitar 4,6 juta hektar membuatnya menyimpan banyak spot menarik  untuk dijelajahi.

Pesona Keindahan Pulau Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat berlokasi di bagian paling barat Pulau eksotis atau tepatnya berada di Kabupaten Raja Ampat sesuai dengan namanya. Adapun Kabupaten Raja Ampat sendiri setidaknya mempunyai 4 pulau besar yang masing-masing di antaranya terdiri dari Pulau Misool, Pulau Salawati, Pulau Batanta dn Pulau Waigeo.

Keindahan alam Pulau Raja Ampat bahkan kian lengkap dengan adanya deretan pulau kecil lain yang juga tak kalah menariknya. Setidaknya, terdapat lebih dari 1.800an pulau kecil yang termasuk ke dalam kawasan wisata Raja Ampat sehingga ada begitu banyak tempat menarik yang bisa dieksplor di sana.

Di balik pesona keindahan alamnya, Pulau Raja Ampat ternyata menyimpan kisah unik yang berasal dari penuturan masyarakat lokal di sana. Warga di sana sangat mempercayai bahwa konon dulunya terdapat seorang perempuan yang menemukan 7 telur, di mana dari ketujuh telur tersebut, 4 di antaranya menetas dan menjelma menjadi raja-raja yang berkuasai di masing-masing pulau.

Sedangkan, ketiga telur yang tersisa masing-masing menjadi batu, menjadi wanita, dan yang satunya lagi menjadi makhluk ghaib. Terlepas dari legendanya tersebut, pesona maupun keindahan Pulau Raja Ampat memang tidak perlu diragukan lagi. Makanya, wajar jika banyak dari wisatawan mancanegara yang bahkan sering mengunjungi kawasan Raja Ampat.

Sebagai informasi, Raja Ampat sangat kaya akan alamnya dengan sekitar 75% spesies karang yang ada di dunia, ternyata telah hidup lama di Kepulauan Raja Ampat. Selain itu, Raja Ampat juga punya keunikan spesies unik mulai dari jenis-jenis ikan, moluska dan  berbagai macam terumbu karang.

Destinasi Wisata Menarik Pulau Raja Ampat dengan Beragam Keindahan Alamnya

Sebagai kepulauan yang kini sudah menjadi kawasan wisata paling populer di dunia, tentu saja Raja Ampat menyuguhkan berbagai destinasi wisata menarik dengan keindahan alamnya yang layak dikunjungi. Tak dapat dipungkiri bilamana keistimewaan Kepulauan ini sangat berlimpah termasuk sejarah dan juga budayanya. Sementara itu, adapun sederet destinasi wisata menarik Pulau Raja Ampat dengan beragam keindahan alamnya yang mempesona antara lain seperti berikut:

  1. Pulau Misool

Pulau Misool mungkin menjadi salah satu spot paling terkenal yang ada di kawasan wisata Raja Ampat karena pesona keindahan alamnya yang begitu menakjubkan. Betapa tidak, Pulau Misool dikelilingi oleh air laut yang sangat jernih dan bisa terlihat dari bukit-bukit, rawa bakau serta hutan lebat yang sangat memukau.

Selain itu, di bagian barat dan timur Pulau Misool juga terdapat labirin batu kapur yang berwarna biru turquoise di mana terlihat sangat menawan. Tidak heran apabila Pulau Misool ini jadi salah satu spot andalan bagi para wisatawan yang mengunjungi kawasan Kepulauan Raja Ampat.

  • Star Lagoon

Star Lagoon atau Laguna Bintang juga menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang ada di Pulau Raja Ampat selain Pulau Misool. Laguna Bintang ini terdapat di Pulau Pianemo bagian dari gugusan Kepulauan Raja Ampat. Sesuai dengan namanya, Star Lagoon adalah sebuah laguna yang berbentuk mirip seperti bintang.

Hal itu tidak salah karena kawasan Star Lagoon ini dikelilingi oleh deretan pulau-pulau kecil sangat indah sekaligus bisa anda nikmati dari atas ketinggian bukit. Dengan keindahan alamnya yang sungguh luar biasa tersebut, Star Lagoon jadi tempat paling sempurna untuk anda menenangkan hati dan pikiran sewaktu mengunjungi kawasan Raja Ampat.

  • Desa Arborek

Di Kepulauan Raja Ampat, anda juga akan menemukan sebuah desa wisata yang  bernama Desa Arborek. Desa ini tak kalah menarik dan memukau dari beberapa destinasi wisata lain di Raja Ampat karena setiap pengunjung dapat menikmati hamparan pasir putih beserta deretan pohon kelapa berjajar indah berada di sekeliling pulau.

Tak hanya keindahan alam, Desa Arborek di Pulau Raja Ampat juga punya daya tarik tersendiri sebab setiap penduduknya sangat ramah menyambut para wisatawan. Selain itu, anda pun dapat menikmati langsung tradisi beserta kesenian masyarakat lokal lewat penampilan tradisional mereka, salah satu satunya seperti tarian khas Papua.

  • Air Terjun Kiti Kiti

Mengunjungi Kepulauan Raja Ampat bukan hanya sekedar bisa menikmati keindahan alam berupa pulau-pulau kecil ataupun desa wisata saja. Bahkan, di kawasan ini pula anda bisa menjumpai salah satu air terjun sangat indah dan  menarik yang tidak lain ialah Air Terjun Kiti Kiti. Karena memang, air terjun satu ini punya keunikan di mana airnya yang langsung mengalir ke laut lepas.

Di sisi lain, para pengunjung pun dapat melihat indahnya pantai di bawah air terjun sewaktu airnya tengah surut. Keindahannya kian lengkap sebab ada berbagai jenis ikan maupun terumbu karang di bawah laut yang sangat cantik dan menambah keunikan air terjun ini.

  • Pulau Kofiau

Selain Pulau Misool, di Kepulauan Raja Ampat juga terdapat pulau lain yang sangat eksotis dan menarik dari segi keindahan alamnya. Pulau tersebut ialah Pulau Kofiau yang termasuk ke dalam salah satu daftar destinasi wisata Raja Ampat paling favorit dan banyak dikunjungi.

Pulau Kofiau ini menyimpan keindahan terumbu karang disertai oleh hamparan pasir putih yang ada di pesisir pantainya. Di samping itu, Pulau Kofiau mempunyai keunikan tersendiri sebab ada beberapa bukit vulkanik yang tertutup oleh batu kapur karang serta hutan hujan sehingga menambah keeksotisan kawasan tersebut.

Baca Juga : Pulau Kofiau ini menyimpan keindahan terumbu karang disertai oleh hamparan pasir putih yang ada di pesisir pantainya. Di samping itu, Pulau Kofiau mempunyai keunikan tersendiri sebab ada beberapa bukit vulkanik yang tertutup oleh batu kapur karang serta hutan hujan sehingga menambah keeksotisan kawasan tersebut.

Baca Juga : Eksotisme Pulau Nusa Penida dengan Sejuta Keindahan Pantainya

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *