Menikmati Keindahan Danau Suoh dengan Keberadaan Tiga Danau Cantik

Johnnydeppreads.com – Berkunjung ke Lampung akan memberikan pengalaman yang menarik dan memuaskan apabila anda menyambangi kawasan Danau Suoh. Danau yang dikenal memiliki pemandangan sangat cantik ini berada di Kawasan Suaka Marga Suoh, yakni di Kabupaten Lampung Barat, Lampung. Daya tarik paling populer dari danau ini tentu saja ialah keberadaan tiga danau cantik yang ada di dalamnya sehingga menambah panorama yang lebih indah.

Ketika anda menginjakkan kaki di kawasan Danau Suoh, anda dapat menyaksikan begitu jelasnya pemandangan tiga danau tersebut yang tentu sangat ikonik  dan menarik di tempat ini. Ketiga danau tersebut mempunyai pesona dan daya tarik masing-masing. Sejauh mata memandang, panoramanya yang cantik dikarenakan oleh perairan danau yang berwarna biru kecoklatan dan relatif tenang.

Di sini, anda bisa bersantai sambil menikmati keindahan alam Danau Suoh dengan terdapatnya hamparan sabana yang sangat hijau di sekitaran danau yang mengelilinginya. Terlebih, udara di sekitar Danau Suoh sangat sejuk sebab danau ini berada pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.

Mengunjungi Danau Suoh dapat menjadi salah satu aktivitas healing untuk anda yang sudah merasa mulai bosan dengan berkunjung ke tempat-tempat lain. Karena, semua yang anda butuhkan dalam menikmati keindahan alam tentu saja dapat dengan mudahnya dijumpai ketika berada di kawasan danau ini.

Sejarah Terbentuknya Danau Suoh

Terbentuknya Danau Suoh berawal dari adanya letusan gunung berapi di zaman purbakala yang menyebabkan cekungan bernama Suoh. Maka itulah, Danau Suoh sendiri merupakan danau vulkanik yang terbentuk dari aktivitas letusan gunung yang berada di sekitaran wilayah tersebut.

Memasuki tahun 1994, terjadi peristiwa gempa Liwa yang membuat daerah tersebut mempunyai tiga danau sebagaimana yang bisa kita saksikan hingga hari ini. Dari bencana alam tersebut, melahirkan keajaiban alam di mana danau ini mempunyai 3 danau sekaligus yang tentu jadi daya tarik utamanya sampai hari ini.

Ketiga danau tersebut masing-masing diantaranya yaitu Danau Minyak, Danau Asam, dan Danau Lebar Suoh. Kemudian, di tahun 1950 hingga 1980-an, kawasan Suoh sendiri seringkali dijadikan tempat untuk berburu. Namun sekarang, Danau Suoh telah menjadi salah satu destinasi wisata yang terbaik dan menarik untuk dikunjungi karena menyuguhkan pemandangan serta keajaiban alam yang sungguh mempesona.

Daya Tarik Danau Suoh yang Mempesona

Danau Suoh tidak terlepas dari daya tariknya yang begitu menakjubkan dan memikat rasa penasaran para wisatawan untuk mengunjunginya. Tak hanya terdapat tiga danau cantik, namun di kawasan danau ini pun juga terdapat banyak pula hal-hal menarik lain yang tentu akan memberikan pengalaman paling memuaskan bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Adapun Danau Minyak sendiri merupakan salah satu dari ketiga Danau Suoh yang airnya memang mirip seperti minyak sehingga dinamakan tersebut. Terlepas dari hal itu, Danau Minyak adalah sebuah spot terbaik untuk anda berfoto karena berlatar sangat eksotis dengan dilingkungi oleh pepohonan yang rimbun dan hijau. Untuk lebih lengkapnya, simak beberapa daya tarik Danau Suoh yang sangat mempesona berikut ini:

  1. Terdapatnya Tiga Danau Cantik

Adanya tiga danau yang ada di Danau Suoh mungkin menjadi salah satu daya tarik yang luar biasa sekaligus menjadi hal yang paling ikonik dan membuatnya sangat terkenal. Sebagaimana dijelaskan, ketiga danau tersebut menyuguhkan keindahan alam berbeda-beda sehingga menarik untuk dikunjungi satu per satu.

Di kawasan Danau Minyak, permukaan perairannya memang terlihat  tampak seperti minyak dengan disertai dataran tinggi yang dapat dijadikan sebagai spot terbaik untuk berfoto. Selain itu, Danau Minyak sendiri juga jadi lokasi berkumpulnya kawanan burung belibis.

Untuk Danau Aasam, danau ini menyuguhkan spot foto yang sangat estetik yakni berupa jembatan bambu yang berlatar belakang permukaan air serta sabana yang hijau. Kemudian di Danau Lebar atau Danau Suoh, keunikannya yakni bisa dilihat dari perairannya yang sangat jernih apabila dilihat dari jarak dekat, namun juga akan terlihat berwarna biru pekat bilamana dilihat dari kejauhan.

  • Menyaksikan Semburan Air Panas

Selain dapat menikmati indahnya perairan danau di Danau Suoh juga anda dapat menyaksikan semburan air panas yang sungguh menakjubkan sebagai fenomena alam di sana. Sebetulnya, tempat tersebut ialah padang pasir silica di mana sangat luas serta mempunyai tingkat ketebalan yang berbeda-beda.

Tempat semburan air panas ini berada di Keramikan. Di sana pula, tak jauh dari jalan yang dilewati di keramikan, terdapat air panas alami yang ada di beberapa kolam airnya. Ketika anda melewati keramikan, anda juga diharuskan untuk tetap berhati-hati sebab ada beberapa titik di sana yang ketebalannya hanya 10 sentimeter saja. Oleh sebab itu, diperlukan tongkat kayu untuk dapat membedakan pasir yang tebal atau yang tidak.

  • Melihat Bunga Kantong Semar

Bunga kantong semar merupakan jenis tanaman yang sangat unik dikarenakan berjenis tanaman karnivora atau memakan daging. Salah satu tempat untuk menemukan tanaman unik ini tentu saja di kawasan Danau Suoh yang mana di lokasi tersebut banyak tumbuh tanaman kantong semar.

Tanaman ini biasa memakan hewan-hewan kecil seperti serangga maupun beberapa jenis binatang kecil lainnya. Sebagaimana namanya, bunga kantong semar ini punya daun berbentuk kantong yang berfungsi untuk melahap hewan-hewan kecil yang dimangsanya.

Di Danau Suoh, anda akan menjumpai tanaman kantong semar di sebuah rawa. Agar bisa mencapai rawa tersebut, diperlukan setidaknya 20 hingga 30 menit perjalanan yang ditempuh dari titik masuk ke lokasi Danau Suoh.

  • Hamparan Pasir Kuning

Daya tarik selanjutnya di Danau Suoh ini adalah terdapatnya hamparan pasir kuning yaitu gundukan pasir di mana menyerupai anak gunung. Pada bagian tengah gundukan tersebut, keluar asap yang berwarna putih.

Untuk menyaksikan keajaiban alam satu ini, maka anda bisa mengunjungi area Danau Asem yang merupakan danau terluas di kawasan Suoh dengan luas areanya yang mencapai 85 hektar. Melihat hamparan pasir kuning tentu akan melengkapi pengalaman memuaskan anda ketika mengunjungi objek wisata Danau Suoh.

  • Hamparan Perbukitan yang Hijau

Saat anda berkunjung ke Danau Suoh, anda akan melihat betapa indahnya pemandangan alam di sekitar. Pasalnya, kawasan danau tersebut dikelilingi oleh hamparan perbukitan yang hijau yang tentu memancarkan pesona yang indah. Adanya perbukitan di sekitar danau ini menambah daya tarik para pengunjung karena bisa merasakan udara yang sejuk sekaligus bisa menjadi spot untuk berfoto dengan latar yang memukau.

Itulah informasi mengenai keindahan Danau Suoh, surga tersembunyi di Lampung yang memiliki tiga danau yang sangat mempesona. Untuk anda yang menyambangi daerah Lampung terutama pada waktu liburan, tentu tidak ada salahnya mengunjungi pula danau yang sangat ikonik di Lampung ini untuk menikmati keindahan alam sekaligus melengkapi perjalanan liburan anda.

Baca Juga : Menilik Keindahan Danau Terbesar di Pulau Sumatera

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *