Johnnydeppreads.com – Sumatera menjadi salah satu pulau utama di Indonesia yang di dalamnya terdapat banyak danau yang tersebar di setiap provinsinya. Beberapa danau di Sumatera tentu saja menawarkan keindahan alam, spot wisata terbaik hingga keunikan yang khas. Menjajal berbagai danau terbesar di Pulau Sumatera tentu akan memberikan pengalaman tak terlupakan pada saat anda menghabiskan waktu liburan.

Selain di Pulau Sumatera, tentunya di pulau-pulau lain yang ada di Indonesia juga terdapat banyak danau yang menawarkan keindahan alamnya. Namun, danau-danau di Sumatera punya keunikan tersendiri yang membuatnya mampu memikat daya tarik para wisatawan untuk mengunjunginya. Terlebih, danau terbesar di Indonesia sendiri secara spesifik terdapat di Pulau Sumatera.

Tak hanya keindahan dan kekayaan alamnya, danau-danau terbesar di Sumatera bahkan juga kaya akan flora dan fauna hingga kebudayaan warga lokalnya. Berkunjung ke beberapa kawasan wisata danau juga akan menambah wawasan anda seputar keindahan alam Indonesia selain sekedar menikmati panorama yang mengagumkan.

Danau Terbesar di Pulau Sumatera dengan Sejuta Keindahan Alamnya

Beberapa nama danau di Sumatera khususnya yang memiliki ukuran sangat luas pastinya sudah sangat populer bagi sebagian besar masyarakat di Tanah Air. Terlepas dari cerita legenda atau asal usulnya, kini sejumlah danau sudah menjadi kawasan wisata yang sangat menarik dan bisa dijadikan alternatif yang tepat jika anda tidak ingin mengunjungi pantai ataupun pegunungan.

Bahkan, mengunjungi danau bisa membuat anda bisa merasakan langsung keindahan danau sekaligus pemandangan sekitarnya yang dijamin tidak akan mengecewakan. Adapun deretan danau terbesar di Pulau Sumatera dengan sejuta keindahan alamnya yang luar biasa diantaranya seperti berikut:

  1. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba mungkin menjadi yang populer di Indonesia karena dikenal sebagai danau terluas di Pulau Sumatera sekaligus di Indonesia. Memiliki luas area mencapai 1.130 kilometer persegi, pemandangan alam di danau ini bahkan lebih mirip seperti laut. Hal yang menambah daya tarik dari Danau Toba tentu saja pulau di tengah danaunya yang bernama Pulau Samosir.

Seperti Danau Toba, Pulau Samosir juga terbentuk oleh letusan Gunung Toba, gunung purba yang sudah meletus sejak 74.000 tahun silam. Dengan keindahan alam dan keunikannya tersebut, memang tidak mengherankan jika danau ini jadi salah satu destinasi wisata terbaik di kalangan para wisatawan.

Danau yang berada di Provinsi Sumatera utara ini bahkan terletak di tujuh Kabupaten sekaligus saking luasnya. Untuk diketahui, Danau Toba juga merupakan danau vulkanik terbesar atau terluas yang ada di Indonesia.

  • Danau Laut Tawar, Aceh

Di urutan kedua danau terluas di Pulau Sumatera yakni Danau Laut Tawar yang berlokasi di Dataran Tinggi Gayo, Aceh Tengah, Aceh. Berdasarkan namanya, Danau Laut Tawar ini mempunyai air tawar dan bukan asin seperti laut ataupun beberapa danau lain di Indonesia.

Dengan luas area mencapai 5.472 hektar menjadikan Danau Air Tawar ini sebagai danau terluas kedua di Pulau Sumatera. Meskipun nama danau ini kurang begitu populer di kalangan wisatawan lokal, tetapi keindahan alamnya tidak perlu diragukan sebab danau ini dikelilingi oleh perbukitan yang hijau dengan angin yang sejuk seolah bisa membuat anda rileks selama berada di tempat ini.

Adapun kedalaman dari danau ini sendiri mencapai 50 meter sehingga dihimbau bagi para pengunjung untuk tetap berhati-hati selama berada di lokasi. Saat berkunjung ke Danau Laut Tawar, anda juga akan menemukan banyak spesies tumbuhan dan satwa yang telah mendiami kawasan tersebut sejak lama.

  • Danau Singkarak, Sumatera Barat

Danau terbesar di Pulau Sumatera yang berada pada urutan ketiga ada di Provinsi Sumatera Barat yakni Danau Singkarak. Seperti halnya Danau Toba, Danau Singkarak juga cukup populer karena mempunyai panorama alam yang sangat menakjubkan dan indah. Luas area danau ini mencapai 108 kilometer persegi yang dilingkupi oleh barisan perbukitan dengan suasana yang sejuk dan tenang.

Danau Singkarak sendiri berlokasi di antara dua kabupaten di Sumatera Barat yakni Kabupaten Tanah Datar dan Solok. Jika anda berangkat dari pusat Kota Padang, maka anda akan menempuh perjalan kurang lebih 2 – 3 jam untuk bisa sampai ke Danau Singkarak yang berjarak 70 kilometer.

Meskipun lokasinya yang lumayan jauh, tetapi kepuasan bisa anda dapatkan sesampainya di lokasi Danau Singkarak yang begitu mempesona. Tak hanya menjadi kawasan objek wisata, Danau Singkarak juga telah dimanfaatkan sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). Terdapat pula beragam jenis flora dan fauna yang tinggal di kawasan Danau Singkarak, beberapa diantaranya adalah endemik.

  • Danau Kerinci, Jambi

Danau Kerinci sesuai namanya ialah Danau yang berada di Kabupaten Kerinci, Jambi atau tepatnya berada di kaki Gunung Kerinci. Jarak dari pusat Kota Jambi ke Danau ini sangat jauh sekitar 400 kilometer dan merupakan danau vulkanik yang terbentuk dari letusan gunung seperti halnya Danau Toba.

Luas dari Danau Kerinci sendiri adalah sekitar 46 kilometer persegi dan menjadi salah satu yang terluas di Pulau Sumatera. Keberadaan danau ini juga sangat penting di mana telah menunjang kehidupan bagi masyarakat sekitar. Tak hanya jadi destinasi wisata populer dan menarik, Danau Kerinci juga berkontribusi besar dalam mengairi sawah, sumber air minum hingga menjadi mata pencaharian warga lokal dari sektor pariwisata danau tersebut.

Selain itu, di kawasan Danau Kerinci juga terdapat salah satu hewan endemik yaitu ikan semah. Di samping itu pula, masih banyak hewan endemik serta berbagai jenis flora yang bisa anda jumpai di kawasan Danau Kerinci yang membuatnya menyimpan begitu banyak kekayaan alam.

  • Danau Ranau, Sumatera Selatan dan Lampung

Berbicara danau terbesar di Pulau Sumatera, tentu tidak lengkap bilamana tidak menyebutkan nama Danau Ranau. Dengan luas area sebesar 125,9 kilometer persegi membuatnya menjadi salah satu dari banyak danau terluas di Pulau Sumatera. Dengan luasnya tersebut, danau ini juga berada di dua provinsi sekaligus yakni di Sumatera Selatan dan juga Lampung.

Hewan khas yang mendiami perairan Danau Ranau diantaranya seperti ikan nila, sapu-sapu, baung tageh, sepatung dan nilem. Sementara itu, Danau Ranau merupakan tipe danau vulkanik yang dulunya terbentuk akibat dari letusan Gunung Seminung hingga menyebabkan cekungan yang terisi air hingga menjadi sebuah danau yang kita kenal sekarang.

Ada banyak daya tarik yang disuguhkan Danau Ranau di mana akan memberikan kepuasan lebih ketika anda mengunjunginya. Beberapa daya tarik yang ditawarkan kawasan wisata danau ini antara lain seperti menikmati pemandangan air danau yang indah, mencoba berbagai wahana air, berkunjung ke Pulau Mariza dan masih banyak lagi.

Demikian beberapa deretan danau terbesar di Pulau Sumatera yang masing-masing mempunyai panorama alam sangat indah. Melakukan kegiatan pariwisata ke danau-danau terbesar di Sumatera akan memberikan pengalaman luar biasa dan tak terlupakan dengan segala keindahan yang disuguhkan.

Baca Juga : Danau Terindah di Papua yang Tak Kalah Menakjubkan

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *