Johnnydeppreads.com – Papua merupakan salah satu pulau utama terbesar di Indonesia yang memiliki banyak sekali keindahan serta kekayaan alam. Selain Raja Ampat yang sudah sangat mendunia dan terkenal dengan kecantikan alamnya, di Papua juga terdapat sejumlah danau yang bahkan tidak kalah menakjubkan dari Raja Ampat sekalipun.

Dengan wilayahnya yang sangat luas, tidak heran jika di Timur Indonesia ini terdapat banyak danau-danau yang menambah kekayaan alam Nusantara. Apalagi, beberapa danau tercantik dengan panorama alam yang memukau sebagiannya juga terdapat di Papua sehingga mungkin bisa menjadi destinasi wisata terbaik anda saat ingin menghabiskan masa liburan.

Beberapa danau yang berlokasi di provinsi paling Timur di Indonesia ini bahkan menyimpan keindahan bak surga meski namanya belum begitu populer bila dibandingkan dengan beberapa danau lain yang ada di Indonesia. Apalagi, dengan jarangnya pengunjung, justru membuat ekosistem di dalamnya masih terjaga dengan baik.

Uniknya danau-danau di Papua bahkan tidak dijumpai di beberapa kawasan danau lain. Mulai dari letaknya yang berada di gunung, pulau di tengah danau hingga perairannya yang berwarna biru mirip seperti laut. Tentu saja dengan mengunjunginya, anda dapat menemukan begitu banyak keajaiban alam yang sangat memukau.

Sederet Danau Terindah di Papua dengan Keindahan Alam Sangat Menakjubkan

Indonesia menjadi tempat bagi banyak danau yang tersebar luas di setiap daerahnya, tidak terkecuali beberapa danau terindah yang ada di Papua. Hal  demikian memang sangat wajar, mengingat Indonesia adalah negara kepulauan serta perairan terbesar di dunia sehingga menyimpan begitu banyak kekayaan alam dan keindahannya.

Jika anda berkesempatan mengunjungi wilayah Papua, tidak ada salahnya bagi anda mendatangi beberapa danau indah yang ada di dalamnya sebagai pelengkap liburan anda. Segala apapun keindahan alam di danau-danau yang ada di Papua tidak akan selalu mudah anda temukan di tempat-tempat lain sekalipun. Berikut sederet danau terindah di Papua dengan keindahan alam sangat menakjubkan yang bisa anda sambangi, diantaranya:

  1. Danau Sentani

Danau Sentani yang berada di Kota Jayapura ini merupakan danau terbesar dan menjadi salah satu yang terindah yang ada di Papua. Letaknya sangat strategis karena tidak berada jauh dari pusat kota Jayapura yang bahkan bisa ditempuh dengan perjalanan yang hanya akan memerlukan waktu selama 20-30 menit.

Luas dari Danau Sentani sendiri ialah mencapai 9.360 hektar serta memiliki kedalaman perairan mencapai 50 meter. Daya tarik dari danau ini ialah airnya yang sangat jernih dan bersih dengan dikelilingi oleh hijaunya barisan perbukitan sehingga menambah keindahan pemandangan alamnya.

Danau Sentani bahkan memiliki sebanyak 21 pulau kecil yang terletak di tengah-tengah perairannya yang membuatnya sangat menarik dan indah. Di samping itu, danau ini juga menjadi habitat asli bagi ikan pelangi yang saat ini sudah dinyatakan terancam punah.

  • Danau Emfote

Berikutnya ada Danau Emfote atau yang dikenal pula dengan nama Danau Love. Namanya tersebut bukan tanpa alasan sebab Danau Emfote ini memiliki pemandangan alam yang sungguh menakjubkan dan memberikan suasana romantis dengan perairan yang tenang, indahnya perbukitan, bahkan para pengunjung bisa menyaksikan matahari terbenam dengan sangat jelas pada waktu petang.

Danau Emfote sendiri berlokasi di Distrik Sentani Timur, Jayapura, Papua yang berjarak sekitar 2 jam jika ditempuh dari pusat Kota Jayapura serta berjarak 8 kilometer dari Danau Sentani. Akses jalan ke danau ini terbilang lumayan mudah untuk dilalui karena kan melewati pemukiman penduduk lokal, meskipun di sebagian jalan pedalamannya cukup menantang.

Salah satu daya tarik utama Danau Emfote ini ialah keindahan alamnya yang sangat menarik dan juga unik. Disebut dengan Danau Love bukan hanya karena suasana alamnya yang romantis, tetapi juga karena bentuk perairan danau ini menyerupai hati. Danau ini semakin indah dan menawan karena dikelilingi oleh perbukitan berwarna hijau serta jadi tempat paling cocok untuk bersantai dan mengabadikan momen tersebut dengan berfoto.

  • Danau Rombebai

Danau Rombebai dikenal sebagai danau kedua terbesar yang ada di Papua sesudah Danau Sentani di Jayapura. Dengan luas perairan yang mencapai 13.749 hektar membuat danau ini menyuguhkan pemandangan air danau yang sangat mempesona dengan  banyak spot-spot terbaik yang bisa dijelajahi.

Secara geografis, Danau Rombebai berada di Kecamatan Mamberamo Ilir, Kabupaten Sarmi. Danau ini berjarak tidak jauh dari Samudera Pasifik yaitu sekitar 20 kilometer. Akan tetapi, letak dari danau ini lumayan jauh dari pemukiman warga lokal sehingga untuk mengaksesnya juga terbilang cukup sulit. Kabupaten terdekat dari danau ini tentu saja adalah Kabupaten Sarmi yang juga menjadi lokasi di mana Danau Rombebai ini berada.

Mengunjungi Danau Rombebai meskipun akan menempuh perjalanan yang sangat jauh tetapi tidak akan membuat wisatawan kecewa. Suasana danau yang sangat indah, tenang dan menyejukan juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk bersantai dan melepas penat. Pemandangan bukit yang ada di sekitar danau juga bisa anda lihat dan nikmati dengan mudah. Namun begitu, para pengunjung juga diimbau untuk berhati-hati karena seringkali ditemukan hiu di perairan danau tersebut.

  • Danau Habema

Jika anda bertanya danau mana yang paling tinggi di Indonesia, jawabannya tentu saja adalah Danau Habema yang berada di Papua. Bagaimana tidak, danau ini berada di ketinggian lebih dari 3.000 meter di atas permukaan laut atau lebih tepatnya berlokasi di kaki Gunung Trikora sehingga tak jarang jika danau ini sering dikenal pula dengan nama “danau di atas awan”.

Untuk menuju ke lokasi Danau Habema, para wisatawan bisa menaiki kendaraan pribadi maupun transportasi umum di mana perjalan akan dimulai dari Wamena. Selain itu, keindahan alam di danau ini tidak perlu diragukan karena lokasinya yang sangat tinggi berada di kaki gunung membuat Danau Habema menyuguhkan panorama alam sangat indah.

Bahkan, danau ini juga menjadi salah satu tempat tumbuhnya pohon pakis purba yang sangat tinggi dan juga menarik. Namun begitu, anda yang ingin menyambangi Danau Habema harus mempunyai kondisi fisik yang prima, mengingat suhu di danau ini  yang sangat dingin, terlebih pada malam hari yang suhunya bahkan bisa mencapai 0 derajat celcius.

  • Danau Paniai

Danau terindah lain di mana juga terdapat di Papua yang memiliki keindahan alam sangat mengagumkan adalah Danau Paniai. Sesuai dengan namanya, Danau Paniai ini berlokasi di Kabupaten Paniai, Papua Tengah. Selain Danau Paniai, di kawasan ini sebetulnya juga terdapat tiga danau lain yang juga tak kalah menarik dari sisi keindahan alamnya.

Bisa dibilang bahwa Danau Paniai ini merupakan danau yang terbentuk dari ketiga rangkaian danau-danau yang ada di kawasan tersebut yakni Danau Danau Tigi, Danau Tage-Biru dan Danau Tage. Keindahan danau ini juga bisa terlihat dari perairannya yang sangat jernih dengan dikelilingi perbukitan hijau.


Baca Juga : Keindahan Danau Kumban yang Berada di Puncak Gunung

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *