Johnnydeppreads.com – Sebagai negara kepulauan terbesar dengan perairan yang sangat luar, tidak mengherankan apabila Indonesia memiliki banyak sekali danau yang tersebar di setiap wilayahnya. Bukan hanya menyuguhkan pemandangan alam yang spektakuler, di Indonesia bahkan juga terdapat beberapa danau tertinggi karena lokasinya yang berada di gunung.

Danau-danau tertinggi  yang ada di Indonesia bahkan mempunyai panorama alam sangat menakjubkan, karena letaknya yang berada di ketinggian membuatnya seperti keajaiban alam. Beberapa diantaranya bahkan ada yang mencapai ketinggian lebih dari 3.000 meter di atas permukaan laut sehingga udara di sekitarnya sangat dingin namun tetap menjadi wisata favorit bagi banyak wisatawan, khususnya para pecinta alam.

Namun demikian, untuk bisa mencapai lokasi danau-danau tertinggi memanglah diperlukan effort yang lebih dan akan menguras tenaga. Tetapi, itu tidak menjadi masalah bagi sebagian orang sebab rasa lelah akan terbayar dengan pemandangan yang bisa disaksikan secara langsung setiap langkah demi langkah. Terlebih jika sesampainya di lokasi yang pasti akan menambah pengalaman yang lebih luar biasa.

Indonesia tak hanya terkenal dengan Danau Toba sebagai danau vulkanik terbesar di Indonesia dan di dunia. Selain Danau Toba, tentu masih ada banyak lagi danau menarik lain, bahkan lebih menarik dengan pemandangan yang spektakuler karena berada pada ketinggian ribuan meter di atas permukaan laut.

Inilah Daftar Danau Tertinggi di Indonesia dengan Pemandangan Alam Spektakuler

Mengunjungi danau-danau tertinggi yang ada di Indonesia memang akan menjadi pengalaman wisata yang sangat berbeda sekaligus menarik. Keindahan alam di sekitarnya bahkan tidak akan mudah untuk dijumpai di tempat-tempat lain.

Apalagi, banyak spot menarik di sekitaran danau yang dapat dijadikan lokasi untuk berfoto dengan latar belakang yang pasti sangat instagramable. Adapun deretan daftar danau tertinggi di Indonesia dengan pemandangan alam spektakuler yang bisa anda kunjungi, diantaranya:

  1. Danau Habema

Danau Habema menyandang predikat sebagai danau tertinggi di Indonesia karena ketinggiannya mencapai 3.321 meter di atas permukaan laut. Danau ini berlokasi di kaki Gunung Trikora, Jayawijaya, Papua Barat yang mana merupakan salah satu bagian dari rangkaian puncak tertinggi yang ada di Indonesia.

Letak Danau Habema yang tidak biasa ini tentu menyuguhkan pemandangan alam sangat indah, bahkan dengan ketinggiannya membuat danau ini sering dijuluki dengan nama “danau di atas awan”. Meski menjangkau danau ini sangat sulit karena pengunjung harus melalui jalanan yang terjal, tetapi pemandangan alam indahnya tak perlu diragukan lagi.

Bahkan, Danau Habema menjadi salah satu tempat hidupnya pohon purba yakni pakis purba yang sudah ada sejak ratusan juta tahun lalu. Selain itu, hal terpenting jika anda ingin mengunjungi danau ini ialah memiliki kesiapan fisik dan mental karena di kawasan danau ini, suhu pada malam harinya bisa mencapai 0 derajat celcius.

  • Danau Kumbang

Di posisi kedua danau tertinggi di Indonesia ialah Danau Kumbang yang berlokasi sangat tersembunyi di atas Gunung Masurai. Secara geografis, danau ini berada di Provinsi Jambi yang mempunyai ketinggian mencapai 2.702 meter di atas permukaan laut sehingga udara di sekitar danau ini sangat dingin namun begitu indah dengan keasrian alamnya.

Jika anda berada di kawasan Danau Kumbang, maka dengan jelasnya anda bisa melihat Gunung Kerinci yang berdiri gagah dengan rimbunnya hutan hujan Sumatera yang mengelilinginya. Air danau ini sangat tenang sehingga cocok dikunjungi oleh anda yang menginginkan ketenangan, kesunyian serta menikmati keindahan alam dengan maksimal.

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, Danau Kumbang terbentuk akibat adanya letusan Gunung Masurai yang belum pasti kapan gunung tersebut meletus. Tetapi menurut perkiraan, terbentuknya danau ini dari letusan gunung tersebut sudah terjadi sejak puluhan ribu bahkan ratusan ribu tahun yang lalu.

  • Danau Ranu Kumbolo

Dikenal sebagai salah satu danau tercantik, Danau Ranu Kumbolo yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur ini ternyata terdaftar sebagai danau ketiga tertinggi di Indonesia. Hal itulah yang membuat danau ini memiliki cuaca dingin kadang sejuk. Ketinggian Danau Ranu Kumbolo mencapai 2.469 di atas permukaan laut dengan luas areanya sebesar 15 hektar.

Suhu rata-rata di kawasan Danau Ranu Kumbolo adalah 1-5 derajat celcius yang membuatnya sangat dingin. Lokasinya sendiri berada di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Hal paling menarik akan anda temukan di danau ini ialah pemandangannya di mana anda akan melihat perairan yang tenang serta dikelilingi oleh barisan perbukitan hijau yang terhampar luas.

  • Danau Ranu Regulo

Selain Ranu Kumbolo, danau tertinggi lain di Indonesia yang juga berada di kaki Gunung Semeru yaitu Danau Ranu Regulo. Berada pada ketinggian 2.256 meter di atas permukaan laut menjadikan Danau Ranu Regulo sebagai danau tertinggi keempat di Indonesia. Tak hanya Ranu Kumbolo dan Ranu Regulo, sebetulnya ada salah satu lagi danau yang berada di kaki Gunung Semeru yaitu Danau Ranu Pani.

Namun, kedua danau tersebut terpisah tak terlalu jauh serta mudah untuk menjangkaunya. Meskipun letaknya yang sangat tinggi, anda yang ingin mengunjungi Danau Ranu Regulo tidak memerlukan trekking yang melelahkan seperti saat hendak menyambangi Danau Ranu Kumbolo. Ketinggian 2.256 mdpl tersebut sekaligus juga jadi titik awal pendakian menuju Gunung Semeru sebagai atap Jawa.

  • Danau Tage

Danau tertinggi berikutnya di Indonesia berada di Kabupaten Paniai, Papua yakni Danau Tage. Danau ini juga merupakan yang terbesar ketiga di kawasan Paniai dengan ketinggiannya yang mencapai 2.192 meter di atas permukaan laut. Letaknya sendiri diapit oleh Danau Tigi dan Danau Paniai sehingga anda yang mengunjunginya bisa menjelajahi tiga danau sekaligus.

Namun, tidak seperti kedua danau lainnya, Danau Tage ini bisa dibilang adalah yang paling unik sebab pada salah satu bagiannya mempunyai pasir berwarna putih. Sementara itu, sisi lainnya di danau ini ada kerang dan karang seperti yang biasa kita jumpai di pantai-pantai. Dengan keunikannya tersebut membuat Danau Tage bisa menjadi destinasi wisata alam dengan pemandangan yang sangat menakjubkan.

  • Danau Ranu Pani

Seperti yang disebutkan bahwa Danau Ranu Pani ialah satu di antara tiga danau yang berlokasi di kaki Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur Selain Ranu Kumbolo dan Ranu Regulo. Danau ini berada di ketinggian yang paling rendah yakni pada ketinggian 2.162 meter di atas permukaan laut dan menjadi titik awal pendakian ke Mahameru (Puncak Gunung Semeru).

Keindahan Danau Ranu Pani ini tidak perlu lagi diragukan. Banyak para pendaki yang beristirahat sejenak dengan menyambangi danau ini karena panorama alamnya yang sangat indah dan spektakuler yang akan memanjakan setiap mata. Di danau ini, anda juga dapat menyaksikan secara langsung dengan jelas pepohonan hijau yang semakin menghiasi keindahannya tersebut.


Baca Juga : Menikmati Keindahan Danau Habema, Danau yang Berada di Ketinggian Awan

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *