Johnnydeppreads.com – Indonesia memang sudah terkenal sebagai negara dengan pegunungan yang menjulang tinggi dan tersebar di setiap kepulauannya. Namun selain gunung, ternyata ada pula danau di Indonesia yang mempunyai ketinggian bahkan melebihi beberapa gunung yang membuatnya sangat unik hingga menyuguhkan pesona alam tidak biasa. Danau tersebut berada di Papua yang bernama Danau Habema.

Danau Habema dinobatkan sebagai danau tertinggi di Indonesia karena berada di ketinggian awan. Danau ini berlokasi di area kawasan Taman Nasional Lorentz, Provinsi Papua Barat yang mana juga dikenal dengan nama Danau Yuginopa. Bahkan disebut-sebut bahwa danau ini adalah sebuah surga tersembunyi yang menyuguhkan keindahan alam sangat luar biasa.

Berada pada ketinggian 3.225 meter di atas permukaan laut, Danau Habema juga populer dengan julukan “danau di atas awan” karena memang tingginya sudah setara dengan ketinggian gunung pada umumnya. Meskipun berada di lokasi yang tinggi, tetapi tidak sedikit membuat banyak pecinta alam yang ingin mencoba menjelajahi danau ini karena dipastikan bakal memberikan suasana maupun pengalaman yang berbeda.

Keindahan Alam Menakjubkan Danau Habema di Kaki Gunung Trikora

Perjalanan menuju kawasan Danau Habema merupakan sebuah petualangan tersendiri. Bahkan, mengunjungi danau ini tidak berbeda halnya dengan anda menaiki gunung yang akan menempuh ketinggian selama di perjalanan. Walaupun demikian, keindahan alam yang tersaji di danau ini sangatlah menakjubkan karena letaknya yang berada di kaki Gunung Trikora, salah satu gunung tertinggi di Indonesia.

Luas Danau Habema sendiri mencapai 224,35 hektar yang berlokasi di Kabupaten Jayawijaya, Papua Barat. Jika anda ingin merasakan pengalaman menikmati keindahan alam yang disuguhkan danau ini, perjalan menuju lokasi utama danau tersebut biasanya akan memerlukan kendaraan All Wheel Drive (AWD) atau penggerak empat roda sebab medan untuk menuju ke Danau Habema sangat terjal serta berbukit.

Meski perjalanan menuju Danau Habema akan memakan waktu yang lama kurang lebih selama tiga jam perjalanan serta melewati jalur yang sulit, dalam setiap menitnya akan memberi anda pemandangan sangat menakjubkan. Hijaunya hamparan bukit, tingginya pepohonan serta kesejukan udara akan menjadi teman setia anda selama berada di perjalanan.

Legenda Danau Habema yang Sangat Populer

Di luar keindahan alam serta topografinya yang unik, Danau Habema juga memiliki cerita legenda tersendiri yang sangat populer di sebagian besar kalangan masyarakat setempat. Bahkan menurut penuturan warga lokal, cerita-cerita tentang keberadaan danau ini pun sangat misterius. Terlepas dari itu, danau ini sudah menjadi salah satu spot keajaiban alam yang sungguh mempesona yang membuat siapapun tertarik mengunjunginya.

Salah satu legenda yang populer dan telah beredar luas di kalangan warga lokal terkait Danau Habema yaitu adanya suara tangisan anak kecil yang dipercaya berasal dari dalam batu di sekitar danau tersebut. Terlepas dari benar atau tidaknya cerita tersebut, namun banyak yang mempercayai tentang kebenaran hal demikian jika mengingat lokasi dari danau ini yang sangat tinggi.

Menurut cerita dari masyarakat setempat, dulunya terdapat seorang anak kecil yang konon dikutuk menjadi batu sebab telah melanggar ketentuan adat setempat. Hingga hari ini, suara tangisan seorang anak tersebut masih dapat terdengar yang memberikan aura mistis menyelimuti Danau Habema.

Pesona Keindahan Alam Luar Biasa Danau Habema

Memiliki luas mencapai 224,35 hektar serta keliling kurang lebih 9,79 kilometer, Danau Habema tentu saja menyuguhkan panorama yang sangat luar biasa. Perairan danau yang tenang memancarkan keindahan pegunungan yang mengelilingi danau tersebut.

Ketika matahari pagi terbit di antara pegunungan yang mengelilingi sekitaran danau tersebut, pemandangan yang dihasilkan benar-benar sangat memukau serta memberikan kesan tersendiri. Cahaya matahari di pagi hari yang memantul pada permukaan Danau Habema menghasilkan suasana yang sangat magis, di mana akan membuat para pengunjung merasa seperti tengah berada di dunia lain.

Tips Penting Mengunjungi Danau Habema

Keberadaan Danau Habema tentu saja terbuka bagi siapa saja yang ingin mengeksplor tempat tersebut sambil menikmati keindahan alamnya yang sungguh mempesona di atas awan. Berbeda dengan danau lain di Indonesia, danau ini akan terbuka sepanjang waktu tanpa adanya jam operasional yang resmi di kawasan danau tersebut.

Selain itu, para pengunjung juga dipermudah karena untuk masuk ke kawasan Danau Habema ini tidak ada harga tiket yang dikenakan. Walaupun memang, fasilitas di sekitaran kawasan danau ini masih sangat minim karena lokasinya yang berada pada ketinggian sama seperti gunung.

Maka dari itu, bagi anda yang berencana ingin mengunjunginya, pastikan anda memperhatikan beberapa tips penting. Disarankan pula bagi setiap para pengunjung untuk membawa berbagai perbekalan yang diperlukan maupun perlengkapan yang mencukupi. Para wisatawan juga dianjurkan agar menjaga kebersihan serta keaslian alam dengan cara tidak meninggalkan sampah sembarangan guna membuat tempat tersebut tetap lestari.

Danau Habema sendiri merupakan salah satu destinasi terbaik yang layak buat anda kunjungi, terlebih bagi anda yang merupakan seorang pecinta alam dan petualangan yang pasti akan sangat senang. Keindahan alam yang disuguhkan Danau Habema sangat luar biasa, disertai dengan berbagai macam legenda misterius, akan menjadikan danau ini sebagai tempat menarik sekaligus unik untuk dijelajahi.

Walaupun perjalanan menuju Danau Habema memberikan tantangan tersendiri, tetapi pemandangan yang indah dan menakjubkan dapat membuat siapapun puas dan akan membayar setiap usaha yang telah dilaluinya sepanjang perjalanan. Terlebih, air di danau ini sangat sejuk dan tenang sehingga bisa dijadikan spot terbaik buat anda relaksasi dan menikmati ketenangan dari atas ketinggian.

Danau Habema yang Dikelilingi Pakis Purba

Ketika anda mengunjungi Danau Habema, ada salah satu hal menarik dapat anda jumpai di sekelilingnya selain dari ketinggiannya yang luar biasa. Hal menarik tersebut yaitu adanya pakis purba yang mengelilingi sekitaran danau.

Menurut informasi yang dikutip dari laman resmi Taman Nasional Lorentz, pohon pakis tersebut dikenal sebagai salah satu pohon purba sebab diperkirakan sudah tumbuh dan ada sejak dari 438 juta tahun yang lalu. Pakis Purba sendiri khususnya yang hanya ada di sekeliling Danau Habema bisa tumbuh dengan tinggi mencapai 3 meter dan batangnya berdiameter kurang lebih 20 sentimeter.

Biasanya, pohon pakis purba tumbuh di tepian rawa maupun sungai kecil di sekitaran danau. Adanya pohon langka ini membuat anda yang berkunjung ke kawasan Danau Habema akan memperoleh pengalaman yang tidak mungkin dapat dijumpai di tempat-tempat lainnya. Untuk mengabadikan momen tersebut, anda bisa mengambil foto dengan latar belakang pohon pakis purba serta keindahan danau dan pegunungan di sekitarnya.

Karena memang, pakis purba sendiri biasanya akan tumbuh di area yang tinggi seperti pegunungan, sehingga tidak heran jika banyak ditemukan di pinggiran Danau Habema. Selain itu, hal paling penting yang harus anda ketahui sebelum mengunjungi danau ini adalah cuacanya karena sangat dingin dan suhu terendahnya bisa mencapai 0 derajat celcius pada malam hari.

Baca Juga : Eksotisme Danau Segara Anak, Keindahan Alam Menakjubkan di Lombok

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *