Johnnydeppreads.com – Danau Segara Anak adalah danau yang terletak di Desa Sembalun Lawang, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Berbicara Danau Segara Anak, danau ini sangat menarik karena letaknya yang berada tepat di kawah Gunung Rinjani sehingga menyuguhkan eksotisme keindahan alam yang sangat menakjubkan dengan pemandangan yang indah bagi siapapun yang mengunjunginya.

Danau Segara Anak mempunyai udara yang sejuk kadang dingin karena lokasinya yang berada pada ketinggian 2.004 meter di atas permukaan laut. Tak hanya itu, danau ini juga memiliki luas 11,3 kilometer persegi dengan luas permukaannya yaitu sebesar 113 kilometer persegi yang membuatnya sangat menarik untuk dijelajahi.

Untuk menikmati keindahan alam danau ini, anda akan mendapatkan akses mudah, terlebih karena di kawasan sekitaran danau ini atau tepatnya di kaki Gunung Rinjani sudah terdapat banyak penginapan maupun fasilitas lain yang menunjang kebutuhan para wisatawan. Meski begitu, untuk bisa sampai di Danau Segara Anak akan mengurang tenaga karena mau tidak mau anda harus mendaki Gunung Rinjani.

Meskipun diperlukan effort lebih untuk mencapai kawasan Danau Segara Anak, tetapi sesampainya di sana anda akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang begitu menakjubkan. Dengan dikelilingi pegunungan, sangat mudah bagi anda mencari spot terbaik untuk berfoto yang sangat instagramable.

Banyaknya Beragam Daya Tarik Danau Segara Anak yang Sangat Eksotis dan Memukau

Menyambangi Pulau Lombok di NTB rasanya belum lengkap jika tidak mencoba berkunjung ke Danau Segara Anak. Danau ini bisa menjadi destinasi wisata terbaik bagi siapa saja yang menginginkan bisa merasakan keindahan alam serta hawa pegunungan yang sejuk.

Keindahan alam yang ditawarkan oleh Danau Segara Anak pastinya akan membuat anda takjub seolah tidak ingin sesegera mungkin meninggalkan tempat ini. Tidak cuma itu, ada pula beragam banyak daya tarik yang disuguhkan oleh Danau Segara Anak yang sangat eksotis dan memukau seperti berikut ini:

  1. Berada di Kawah Gunung Rinjani

Sebagaimana yang sudah disampaikan di atas bahwasanya Danau Segara Anak berada di kawah Gunung Rinjani yang membuatnya juga dikenal sebagai danau vulkanik. Dengan berada di ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut, anda bisa merasakan udara yang sejuk, meskipun memang danau ini masih berada jauh di bawah puncak Gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut.

Bagi para pendaki Gunung Rinjani, biasanya pasti tidak akan asing dengan danau ini karena sering dilewati ketika hendak melanjutkan pendakian ke puncak Rinjani. Sebagai danau vulkanik, Danau Segara Anak terbentuk dari aktivitas letusan Gunung Rinjani yang dahsyat pada masa silam sehingga akhirnya membentuk sebuah kawah besar dan terisi oleh air.

  • Mempunyai Makna Nama yang Unik

Di luar keindahan alamnya yang sungguh luar biasa, siapa sangka kalau Danau Segara Anak ini mempunyai arti nama yang sangat unik. Terdapat unsur penamaan sangat unik untuk danau ini. Di mana, masyarakat setempat memberikan nama nama danau tersebut “Segara Anak” yang bermakna “anak laut” yang diambil dari bahasa sasak.

Nama tersebut dipilih bukan tanpa alasan sebab mengingat warna Danau Segara Anak ini sangat biru mirip seperti perairan laut. Danau ini juga mempunyai kedalaman yang relatif dalam mencapai 230 meter. Dengan keunikan tersebut, tak sedikit dari para pendaki Gunung Rinjani yang menyambangi danau ini untuk mengisi tenaga dengan menikmati panorama alam yang indah sebelum mencapai puncak Gunung Rinjani.

  • Punya Sumber Air Panas yang Populer

Di samping danau, anda yang berkunjung ke kawasan Danau Segara Anak juga akan menemukan sumber air panas yakni Gua Susu dan Air Kalak. Masyarakat setempat sangat mempercayai bahwasanya sumber air panas tersebut sangat berkhasiat dan dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit terlebih karena kandungan belerang dalam airnya.

Para pendaki pun biasanya akan bermalam di Gua Susu serta menikmati sauna air panas di mana dapat memberikan kesegaran bagi tubuh. Jika anda hendak  mendaki Gunung Rinjani ataupun sekedar ingin menyambangi Danau Segara Anak, pastikan anda tidak melewatkan untuk mengunjungi pula tempat tersebut agar bisa mencoba sumber air panas.

  • Terdapat Gunung Berapi Aktif

Fakta sekaligus daya tarik yang berikutnya mengenai Danau Segara Anak ini tentu saja ialah adanya gunung berapi aktif. Bukan Gunung Rinjani, tetapi gunung tersebut berada tepat di tengah-tengah perairan danaunya.

Gunung tersebut diketahui bernama Gunung Baru Jari, yakni sebuah gunung yang terbentuk menjadi anak dari Gunung Rinjani yang mempunyai ketinggian mencapai 2.376 meter di atas permukaan laut. Di sana, anda dapat melihat dengan jelas keseluruhan Gunung Baru Jari dari atas puncak Gunung Rinjani.Ini akan memberikan pengalaman yang luas biasa pada saat anda mendaki Gunung Rinjani.

Sebagai sebuah gunung berapi yang aktif, anak dari Gunung Rinjani tersebut sempat meletus terakhir kali yakni pada tahun 2015. Bahkan, letusan Gunung Baru Jari tersebut kala itu sempat membuat masyarakat di sana mengalami gagal panen serta menutup sejumlah bandara di sekitaran Pulau Lombok.

  • Tradisi Mulang Pakelem

Daya tarik lain yang bisa anda temukan di kawasan Danau Segara Anak ini yaitu tradisinya. Danau ini diyakini sebagai sebuah istana tempat di mana tinggal Dewi Anjani yang dipercaya sebagai seorang penguasa Gunung Rinjani. Tak hanya itu, ada pohon tua di sisi danau  di mana juga sangat dikeramatkan oleh warga setempat.

Hal demikian karena tidak terlepas dari kepercayaan masyarakat di sana, khususnya bagi umat Hindu yang menggelar tradisi Mulang Pakelem setiap saat tahun sekali. Adapun tradisi tersebut diadakan karena mempunyai tujuan tersendiri yakni untuk memohon keharmonisan alam semesta ataupun memohon turunnya hujan ketika memasuki musim kemarau.

Sejumlah Villa Terbaik di Dekat Danau Segara Anak

Agar bisa lebih puas dan maksimal dalam menikmati keindahan pemandangan danau yang unik di Pulau Lombok, anda bisa menghabiskan waktu lebih lama setidaknya beberapa hari. Karena, mengunjungi kawasan ini tidak akan membuat para wisatawan kesulitan dengan dapat menyewa villa ataupun penginapan untuk bermalam.

Ada sejumlah villa terbaik yang berada di dekat Danau Segara yang juga menyediakan berbagai fasilitas apapun yang dibutuhkan oleh para wisatawan. Beberapa villa bahkan juga menawarkan nuansa alam hijau yang semakin menambah daya tarik anda ketika berada di sana dengan memperoleh kenyamanan yang sangat maksimal. Berikut ini ada beberapa villa terbaik di dekat Danau Segara Anak yang mungkin bisa menjadi tempat terbaik anda beristirahat sejenak sambil menikmati keindahan alam, diantaranya:

  • Lullabi Lumbung Villa – Batu Layar, Lombok Barat
  • Edelweis Sembalun Village – Lombok Timur
  • Bin Anwar Villa – Sembalun, Lombok Timur
  • Rudi’s Villa – Sembalun, Lombok Timur
  • Jon’s Paradise Villa & Resto – Sembalun, Lombok Timur
  • Joben Eco Park – Montong Gading, Lombok Timur


    Baca Juga : Keunikan Danau Beratan di Bali dengan View dan Keindahan Alam yang Memukau

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *