Johnnydeppreads.com – Jika ingin menikmati indahnya pesona alam Nusantara yang belum banyak orang lain ketahui, serta bisa menikmati sejuknya udara khas danau, tentunya Danau Linow bisa menjadi salah satu destinasi wisata paling layak anda pertimbangkan.

Danau Linow merupakan sebuah danau vulkanik yang berada di Sulawesi Utara, atau tepatnya berlokasi di Kota Tomohon. Danau ini berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Manado dan bisa anda tempuh jika ingin mengunjunginya kurang lebih selama 1 jam perjalanan. Sebagai kawasan wisata danau kebanggaan masyarakat Tomohon, Danau Linow tentu menyimpan kekayaan dan pesona alam yang memukau sehingga layak didatangi.

Bagi sebagian masyarakat di Indonesia, nama Danau Linow mungkin masih terdengar asing jika dibandingkan dengan danau-danau lain yang populer. Namun tidak bagi masyarakat Sulawesi Utara, di mana danau ini menjadi objek wisata andalan karena menyuguhkan panorama alam sangat indah, terlebih karena letaknya yang terbilang cukup strategis sehingga mudah dijangkau.

Dengan menyambangi Danau Linow, anda bisa melihat dan menyaksikan topografi kota Tomohon yang berada di antara dua gunung yaitu Gunung Mahawu dan Gunung Lokon yang tentu saja akan memberikan kesejukan khas udara pegunungan yang membuat anda tenang dan bisa bersantai selama berada di lokasi tersebut.

Keajaiban Geologis Danau Linow yang Menakjubkan

Meskipun jarang terekspos jika dibandingkan dengan kawasan wisata danau lain di Indonesia, tetapi Danau Linow mempunyai keajaiban geologis yang sangat menakjubkan. Dari waktu ke waktunya, perairan di danau ini selalu terlihat berubah warna dari mulai warna hijau zamrud, kuning keemasan hingga kadang juga berwarna biru.

Adanya perubahan warna pada air Danau Linow karena terdapat kandungan belerang yang ada di dasar danau, terlebih karena danau ini merupakan danau vulkanik yang terbentuk dari aktivitas vulkanis atau letusan gunung di masa silam. Belerang akan mempengaruhi pembiasan cahaya matahari sekaligus membuat perairan danau tersebut terlihat berubah warna.

Selain warnanya yang berubah-ubah, kandungan belerang di perairan Danau Linow juga mengeluarkan aroma yang berbau telur busuk. Meski demikian, hal tersebut tidak akan mengganggu kenyamanan para pengunjung saat melihat pemandangan di sekitar danau yang sangat mempesona. Biar bagaimanapun, Danau Linow merupakan salah satu destinasi wisata yang paling menarik di Sulawesi Utara.

Sejumlah Daya Tarik Danau Linow

Berbicara Danau Linow tentu akan lebih lengkap bilamana membahas juga beberapa daya tarik yang ada di dalamnya. Bahkan, setiap hal menarik  yang terdapat di danau ini mungkin tidak akan pernah anda temukan di tempat-tempat lain manapun.

Selain warna air yang dapat berubah sewaktu-waktu akibat dari kandungan belerang, di danau ini juga masih banyak hal-hal unik serta menarik lainnya yang dapat anda jumpai saat menyambanginya. Berikut adalah sejumlah daya tarik  yang memukau dari Danau Linow diantaranya:

  1. Pemandangan Gunung Lokon

Ketika anda berada di kawasan Danau Linow di Tomohon, tentu saja hal pertama yang akan anda temukan adalah pemandangan Gunung Lokon yang sangat menakjubkan. Di mana, Gunung Lokon sendiri menjadi salah satu dari dua gunung yang mengapit danau tersebut selain Gunung Mahawu sehingga akan menyuguhkan view yang sangat indah.

Gunung Lokon sendiri merupakan gunung berapi aktif yang berdiri dekat dengan Danau Linow. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 1.580 meter di atas permukaan laut yang sudah meletus terakhir kali pada tahun 2014 silam. Ketinggian rata-rata gunung ini berkisar 842 meter di atas permukaan laut dan merupakan salah satu dari banyak gunung stratovolcano di Indonesia.

Berdirinya Gunung Lokon di dekat Danau Lokon  tentu menambah lengkap keindahan alam yang tersaji di dalamnya. Anda bisa berfoto di kawasan danau ini dengan dilatarbelakangi pemandangan alam gunung tersebut yang pastinya sangat mempesona dan memanjakan mata.

  • Filosofi Danau Linow

Danau Linow tidak terlepas dari asal usul dan penamaannya di mana juga memiliki sejarah cukup panjang. Kata Linow sendiri diambil dari bahasa Minahasa yakni “lilinowan” atau jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki makna tempat berkumpulnya air.

Nama tersebut memang sangat identik dengan keadaan alam di Danau Linow beserta daerah yang ada di sekitarnya. Karena memang, Danau linow menjadi tempat di mana anda akan menemukan perairan yang luas di tengah dua gunung yang mengapitnya. Karena itulah danau ini disebut sebagai lokasi tempat berkumpulnya air.

  • Keindahan Pantulan Air Danau

Seperti yang disampaikan sebelumnya bahwasannya Danau Linow sangat menarik karena bisa memantulkan cahaya matahari. Hal tersebut tidak lain karena adanya kandungan belerang di dasar danau sehingga membuat perairan mampu membiaskan cahaya matahari selain juga memancarkan warna yang berubah-ubah yang terkadang terlihat berwarna kuning keemasan, hijau zamrud serta biru mudah.

Dengan keunikannya tersebut, tentu membuat keindahan danau ini semakin lengkap. Apalagi, anda bisa menyaksikan keindahannya tersebut secara langsung di pinggiran danau, di mana air danau ini juga tergolong bersih dan masih tampak terjaga keasriannya dengan sangat baik.

  • Letaknya yang Strategis

Dibandingkan danau lain, Danau Linow memang bisa dibilang strategis karena lokasinya yang tidak berada di pedalaman dengan jalur yang sulit dilalui seperti kebanyakan danau lain di Nusantara. Danau Linow berada sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Manado yang artinya dapat ditempuh dengan menggunakan jalur darat kurang lebih selama 1 jam saja.

Berkat kemudahan aksesnya inilah yang terkadang membuat masyarakat di Sulawesi Utara khususnya yang tinggal di Manado ataupun Kota Tomohon lebih tertarik memilih mengunjungi kawasan Danau Linow dibanding tempat wisata lain di sekitarnya. Karena, untuk menikmati keindahan alam perairan danau tidak memerlukan effort yang lebih ataupun melelahkan.

  • Spot-spot terbaik untuk relaksasi

Di kawasan wisata Danau Linow, ada beberapa spot terbaik yang bisa anda kunjungi sekaligus bisa menyaksikan dengan jelas Danau yang indah. Tak hanya menikmati pemandangan alamnya, anda juga bisa duduk bersantai di pinggiran danau yang telah disediakan spot untuk anda duduk dan relaksasi menenangkan pikiran sejenak.

Untuk mencoba ketenangan dan bersantai di danau ini tentu saja sangat didukung oleh kondisi perairan yang sangat tenang. Belum lagi, anda bisa melihat indahnya alam di sekitar danau ini dengan adanya Gunung Lokon yang terlihat sangat hijau dengan rimbunnya pepohonan sehingga memberikan kesejukan tersendiri.

Meskipun belum banyak terekspos, tetapi dengan daya tarik dan pesona alamnya yang indah membuat Danau Linow di Kota Tomohon menjadi spot terbaik yang layak untuk dikunjungi. Dengan jarak yang relatif dekat, kawasan danau ini bisa ditempuh dengan mudah melalui jalur yang aman dan nyaman sehingga membuat danau ini jadi sebuah destinasi yang recommended untuk dijelajahi para wisatawan  yang mungkin belum memiliki tujuan pasti saat berlibur.


Baca Juga : Potret Danau Terdalam di Indonesia beserta Keindahan Alamnya yang Memukau

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *