Johnnydeppreads.com – Pesona danau yang ada di Indonesia tidak pernah ada habisnya, seolah sudah menjadi magnet bagi banyak wisatawan baik domestik ataupun luar negeri untuk mengunjunginya. Tak hanya jumlahnya yang banyak, danau-danau di Indonesia bahkan sangat khas serta mempunyai sejumlah keunikan. Wajar apabila beberapa danau di Tanah Air sangat populer bahkan selalu dipadati para pengunjung.

Ada begitu banyak danau di Indonesia yang menjadi destinasi wisata terbaik dengan keindahan alamnya yang memukau. Beberapa danau bahkan sangat menarik untuk dieksplor karena menyimpan banyak kekayaan alam ataupun tradisi dan budaya masyarakat lokal yang masih kental, memiliki kuliner khas yang menggiurkan hingga keajaiban alam yang sungguh memesona dan tidak akan dijumpai di tempat lain.

Selain itu, di Indonesia sendiri tidak hanya ada danau terluas sepert Danau Toba di Sumatera Utara saja. Akan tetapi, ada pula beberapa danau yang memiliki kedalaman air yang luar biasa, bahkan ada yang lebih dalam dibanding danau Toba sekalipun. Terlepas dari itu semua, danau-danau terdalam di Indonesia pastinya juga menjadi spot-spot terbaik yang layak dikunjungi apabila anda bingung mencari tempat lain sewaktu akan berlibur.

Karena di kawasan objek wisata danau sendiri, anda tak hanya sekedar bisa menikmati pemandangan dan merasakan keindahan alamnya saja. Bahkan, mengunjungi beberapa danau juga bisa membuat pengunjung melakukan berbagai kegiatan seru menikmati perairan. Mulai dari menyusuri keindahan danau dengan  menaiki perahu / kapal, berfoto di beberapa spot menarik hingga menyelam.

Beberapa Danau Terdalam di Indonesia dengan Panorama Alam yang Indah

Jika berbicara danau terluas di Indonesia, siapapun tentu sudah bisa menebak yaitu Danau Toba yang berada di Provinsi Sumatera Barat. Namun, meski luasnya mencapai 1.130 kilometer persegi, namun danau ini bukanlah danau yang terdalam. Saking luasnya, danau ini bahkan juga diketahui sebagai danau vulkanik terbesar di dunia.

Sementra itu, untuk kedalaman danau-danau di Indonesia terutama yang paling populer yakni mencapai ratusan meter. Di luar kedalamannya tersebut, sejumlah danau di Nusantara bahkan punya keindahan alam yang mempesona yang membuatnya sangat layak buat dikunjungi. Lebih lengkapnya, inilah beberapa danau terdalam di Indonesia dengan panorama yang menarik dan memukau diantaranya:

  1. Danau Matano, Sulawesi Selatan

Predikat danau terdalam di Indonesia dimiliki oleh Danau Matano yang berada di Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Dengan kedalaman perairannya yang mencapai hampir 600 meter atau tepatnya 590 meter tentu membuatnya jauh lebih dalam dibanding Danau Toba sekalipun. Tak hanya di Indonesia, bahkan Danau Matano juga menjadi danau ke 12 terdalam di dunia.

Dengan kedalamannya tersebut, tidak heran apabila Danau Matano mempunyai perairan yang dominan berwarna biru dengan perairan yang relatif tenang. Meski namanya tidak sepopuler seperti Danau Toba ataupun danau lain yang ada di Indonesia, danau ini menyimpan banyak sekali kekayaan alam dan menjadi habitat bagi beberapa spesies flora dan fauna yang endemik. Keindahan alam di sekitar Danau Matano tidak perlu diragukan lagi karena sangat memukau dengan dikelilingi pepohonan hijau yang rimbun.

  • Danau Toba, Sumatera Utara

Walaupun menjadi yang terluas, Danau Toba menempati urutan kedua sebagai danau terdalam di Indonesia setelah Danau Matano. Dengan luas areanya yang mencapai 1.130 kilometer persegi membuatnya juga menjadi danau kaldera atau danau vulkanik terbesar di dunia. Sementara itu, danau terbesar ini memiliki kedalaman yang ditaksir mencapai 509 meter.

Terlepas dari semua hal tersebut, Danau Toba yang berada di tujuh kabupaten di Sumatera Utara tersebut termasuk salah satu yang paling populer dan sangat ikonik di Indonesia, bahkan di dunia. Salah satu daya tarik yang memukau dari danau ini adalah terdapatnya sebuah pulau yang juga terbentuk dari letusan gunung purba yakni Gunung Toba sekitar 74.000 tahun silam yang bernama Pulau Samosir.

Selain itu, Danau Toba juga dikenal mempunyai view yang sangat indah, terutama jika anda melihatnya secara langsung di Pulau Samosir yang seluruhnya terletak di tengah Danau Toba. Ada juga pepohonan hijau yang mengelilingi danau ini sehingga menambah keindahan alamnya. Oleh karena itulah banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi danau ini sebagai destinasi wisata terbaik di Sumatera Utara.

  • Danau Poso, Sulawesi Tengah

Berikutnya ada Danau Poso sebagai danau dengan perairan terdalam ketiga yang ada di Indonesia. Seperti mana namanya, Danau Poso merupakan danau yang berlokasi di Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah yang membentang sepanjang 31 kilometer dengan lebar 16 kilometer. Air danau ini memiliki kedalaman 450 meter yang sudah terbentuk dari proses alam sekitar jutaan tahun yang lalu.

Danau Poso sendiri yaitu danau tektonik yang terletak pada ketinggian 657 meter di atas permukaan laut. Anda yang berkunjung ke danau ini akan dibuat takjub dengan pemandangan alamnya yang indah, terlebih karena di pinggiran danaunya terdapat pasir putih yang mirip seperti pantai. Danau ini juga dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan, perbukitan serta hutan yang menjadi tempat terbaik untuk anda dapat menikmati panorama alam sembari menghirup udara segar.

  • Danau Singkarak, Sumatera Barat

Danau terdalam di Indonesia yang selanjutnya ialah Danau Singkarak yang berlokasi di Kabupaten Tanah Datar dan Solok, Provinsi Sumatera Barat. Danau dengan luas 107,8 kilometer persegi ini juga jadi danau kedua terluas kedua setelah Danau Toba di Pulau Sumatera. Kedalaman danau ini yaitu mencapai 268 meter.

Berbeda dengan Danau Toba, Danau Singkarak merupakan danau tektonik yang dulunya terbentuk dari pergeseran lempeng bumi. Danau ini menarik dan menyuguhkan pemandangan alam yang memukau serta indah karena dikelilingi barisan perbukitan dengan ditumbuhi padang rumput yang terhampar luas.

Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah tersebut, Danau Singkarak jadi kawasan yang populer dengan banyak objek wisata di dalamnya. Kalangan wisatawan sudah sering mengunjungi kawasan danau ini karena juga memiliki banyak spot menarik.

  • Danau Ranau, Sumatera Selatan dan Lampung

Danau Ranau adalah danau terdalam kelima di Indonesia yang memiliki kedalaman 229 meter dengan luas area sebesar 125,9 kilometer persegi. Keunikan dari danau ini karena lokasinya yang berada langsung di dua provinsi yakni Lampung dan Sumatera Selatan dan berada tepat di kaki Gunung Seminung.

Tak kalah dari danau-danau lain di Indonesia, Danau Ranau juga memiliki keindahan alam begitu memukau dan mempesona. Terlebih, para wisatawan yang  berkunjung ke danau ini dapat menyaksikan langsung panorama Gunung Seminung. Sementara itu, keindahan perairan danau ini bisa anda jelajahi dengan menaiki perahu yang akan menambah pengalaman berkunjung kawasan wisata ini semakin lengkap.

Itulah deretan daftar danau terdalam di Indonesia yang juga memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Dengan segala hal menariknya tersebut membuat beberapa danau di Indonesia selalu jadi destinasi wisata terbaik yang layak untuk dikunjungi.

Baca Juga : Mengenal Keindahan Danau Rana, Surga Tersembunyi di Maluku

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *