Johnnydeppreads.com – Jika anda mencari tempat wisata yang menarik, pemandangan alam yang indah serta suasana yang penuh ketenangan, Danau Labuan Cermin yang berada di Desa Labuan Kelambu, Biduk-Biduk, Kalimantan Timur ini, mungkin bisa menjadi salah satu destinasi yang layak anda pertimbangkan. Pasalnya, danau ini mempunyai pemandangan alam tidak biasa berikut dengan hal-hal unik dan menarik yang tidak akan anda jumpai di tempat lain.

Keindahan alam Danau Labuan Cermin tentu tidak perlu diragukan lagi. Meskipun memang, namanya tidak sepopuler seperti Danau Toba, Danau Singkarak ataupun danau-danau lain yang ada di Indonesia. Akan tetapi, mengunjungi Danau Labuan Cermin, anda akan dibuat takjub dengan perairan yang jernih serta menyuguhkan keindahan alam bak surga.

Sama seperti halnya Danau Ranu Kumbolo yang berada di Jawa Timur, Danau Labuan Cermin juga memiliki lokasi yang memang tidak mudah dijangkau. Pasalnya, butuh effort lebih bagi anda yang ingin mengunjungi lokasi danau ini serta kesiapan fisik yang matang. Terlebih, anda akan menempuh perjalan hingga mencapai 7 jam lamanya melalui jalur darat.

Namun begitu, cara terbaik untuk bisa sampai ke Danau Labuan Cermin yaitu dengan melalui rute Teluk Sulaiman karena kondisi jalanan di sana belum cukup memadai. Akan tetapi, hal itu tidak akan membuat perjalanan panjang dan melelahkan anda sia-sia sesampainya di lokasi. Karena, anda akan disuguhi keindahan pemandangan alam air danau yang sangat cantik, seolah anda tidak ingin beranjak pergi dari tempat tersebut.

Profil Danau Labuan Cermin

Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas bahwa Danau Labuan Cermin ini memiliki lokasi yang sangat jauh dari pusat kota yang harus ditempuh berkilo-kilo meter. Namun, keindahan alamnya tidak kalah dengan beberapa  tempat lain yang ada di Indonesia, meskipun danau ini memiliki luas area yang lebih kecil ketimbang beberapa danau lain yang ada di Indonesia dengan luas wilayahnya yang hanya sekitar 2 hektar saja.

Danau Labuan Cermin di Kalimantan Timur ini bahkan mirip seperti kolam pemandian dibanding danau pada umumnya. Pasalnya, rata-rata kedalaman danau ini hanya berkisar 4 hingga 5 meter saja. Bahkan, kedalamannya yang dangkal tersebut membuat Labuan Cermin menjadi salah satu danau yang paling aman untuk dikunjungi walaupun tidak dengan perjalanannya yang cukup jauh.

Danau Labuan Cermin yang cukup dangkal  bahkan membuat para wisatawan dapat melihat dengan jelas dasar danau, terlebih karena air danau ini yang sangat jernih dan  bersih karena masih terjaga keasriannya. Bukan  hanya itu, danau ini dikelilingi oleh pepohonan yang sangat rimbun sehingga bisa membuat anda leluasa melakukan kegiatan di tempat ini.

Danau Labuan Cermin Sebagai Spot Terbaik untuk Menyelam

Untuk melakukan kegiatan menyelam atau snorkeling, anda tidak mesti selalu mengunjungi pantai. Danau Labuan Cermin bahkan disebut-sebut juga menjadi salah satu spot terbaik di Indonesia bagi anda yang ingin melakukan kegiatan diving atau snorkeling. Karena memang, airnya yang jernih sangat mendukung kegiatan tersebut sehingga para wisatawan dapat dengan mudahnya melihat kehidupan di perairan danau tersebut.

Saat anda menyelam di perairan Danau Labuan Cermin, maka anda bisa dengan mudahnya melihat secara jelas dasar danau yang berpasir sekaligus menyaksikan kehidupan bawah air. Namun memang, untuk anda yang ingin diving ataupun snorkeling di danau ini perlu membawa serta menyiapkan berbagai perlengkapan karena tidak ada fasilitas penyewaan yang disediakan di tempat tersebut.

Dikenal sebagai tempat terbaik untuk menyelam karena memang danau ini juga memiliki air yang tenang. Selain dapat menyaksikan keindahan bawah airnya, anda juga bisa menikmati ketenangan suasana di sana sambil merasakan kesejukan air danau tersebut.

Air Danau Cantik yang Memiliki Dua Rasa

Satu hal yang mungkin jadi daya tarik luar biasa dari Danau Labuan Cermin ini ialah airnya. Perairan danau ini bukan hanya terkenal jernih dan berwarna kebiruan, tetapi yang unik ialah memiliki kandungan dua rasa yakni asin dan tawar. Menariknya, air di permukaannya diketahui memiliki kandungan asin. Sementara di dasar perairannya tawar.

Dengan keunikannya tersebut, Danau Labuan Cermin ini mempunyai fenomena menarik berupa pantulan. Hal ini pula yang membuatnya dinamai sebagai Danau Labuan Cermin. Karena dengan melihat airnya akan memancarkan pantulan yang mirip seperti cermin sehingga sangat indah dan memukau. Jadi, bagi anda yang ingin merasakan seperti apa danau yang memiliki dua rasa sekaligus, Danau Labuan Cermin ini tentu saja menjadi pilihan terbaiknya.

Kualitas Perairan yang Jernih dan Dangkal

Seperti mana yang sudah disebutkan bahwasanya air Danau Labuan Cermin ini terbilang dangkal untuk ukuran danau yang berkisar 4 sampai dengan 5 meter saja. Selain itu, air di danau ini juga mempunyai kualitas yang sangat jernih sehingga akan semakin jelas pantulannya yang disebabkan pula oleh kandungan air asin dan tawar di dalamnya.

Dengan kedalaman yang relatif dangkal serta didukung dengan air yang jernih, anda bisa melihat secara jelas dasar dari danau ini. Hal tersebut bisa anda rasakan lebih jelas dengan cara menyelam ataupun snorkeling di danau tersebut dengan mengenakan perlengkapan yang diperlukan. Meski demikian, anda juga perlu berhati-hati ketika menyelam terutama bagi anda yang pemula walaupun kedalaman perairan danau ini relatif dangkal.

Menyusuri Keindahan Air Danau Labuan Cermin dengan Menaiki Perahu

Selain menyelam, sebetulnya anda juga bisa menikmati keindahan kawasan wisata menarik Danau Labuan Cermin dengan cara lain yang mungkin lebih mudah, yakni dengan menaiki perahu yang bisa disewa. Bahkan dengan menaiki perahu, anda bisa menjelajahi danau ini dari ujung ke ujung untuk melihat dan  merasakan seperti apa keindahan alamnya sekaligus menikmati sejuknya pepohonan yang mengelilingi perairan danau tersebut.

Danau Labuan Cermin sendiri sudah dikelola oleh Bupati dan Pemerintah Daerah setempat yang kini menyediakan berbagai layanan akses yang lebih mudah. Makanya, tidak sulit bila anda ingin menyusuri keindahan perairan danau ini dengan cara menyewa perahu jika anda mungkin terlalu ragu untuk menyelam.

Kawasan Konservasi Danau Labuan Cermin

Bukan hanya menjadi salah satu kawasan wisata menarik dengan panorama alam yang indah, Danau Labuan Cermin ini ternyata juga menjadi kawasan konservasi atau yang biasa disebut dengan kawasan atau wilayah yang dilindungi. Makanya, wajar bilamana alam di sekitar danau ini masih terawat dengan baik dan terjaga keasriannya.

Para pengunjung juga diberikan kemudahan untuk menikmati keindahan danau dua rasa ini. Namun, jika ada tindakan atau kegiatan yang menyebabkan kerusakan di kawasan danau tersebut pastinya akan dikenakan sanksi sehingga harus berhati-hati.

Itulah ulasan informasi mengenai keindahan Danau Labuan Cermin dengan berbagai daya tariknya. Mengunjungi danau yang seperti surga tersembunyi ini akan memberikan pengalaman yang tak pernah akan terlupakan dengan keajaiban alam yang ada di dalamnya.

Baca Juga : Rekomendasi Danau Terindah di Jawa Barat yang Cocok Dijadikan Spot untuk Healing

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *