Danau Terindah di Jawa Barat yang Cocok Dijadikan Spot Liburan

Johnnydeppreads.com – Berlibur dengan menikmati keindahan serta ketenangan suasana danau sering jadi pilihan yang banyak dilakukan oleh masyarakat selain mengunjungi pantai ataupun gunung. Tak hanya Pulau Sumatera ataupun Sulawesi yang dikenal memiliki banyak danau, Pulau Jawa pun juga menjadi salah satu pulau utama di Indonesia yang terdapat banyak sekali danau di dalamnya, salah satunya di Provinsi Jawa Barat.

Terlebih, Jawa Barat memang sudah sangat terkenal memiliki destinasi wisata alam yang sangat banyak dengan panorama yang indah, tidak terkecuali untuk beberapa danau yang terdapat di dalamnya. Bahkan, danau-danau yang ada di Jabar sangat populer dan telah menjadi objek wisata yang sering ramai didatangi para pengunjung.

Tak hanya itu, keindahan alam yang disuguhkan oleh beberapa danau terindah dan terbaik di Jawa Barat tentu bisa menjadikannya sebagai spot untuk healing yang paling pas. Selain bisa menikmati dan merasakan indahnya alam danau, anda juga dapat mencoba beberapa tempat terbaik di sekitaran danau, mencoba kuliner khas yang lezat, ataupun berkeliling menyusuri luasnya perairan danau.

Deretan Danau Terindah di Jawa Barat yang Cocok Sebagai Tempat untuk Healing

Jawa Barat tidak hanya menjadi provinsi yang memiliki barisan pegunungan serta dataran tinggi yang terkenal. Namun, beberapa danau dengan pemandangan alam yang indah pun bisa anda temukan di provinsi ini sebagai pilihan terbaik untuk melepas penat ataupun menikmati masa liburan bersama teman atau keluarga.

Selain wisatawan lokal, beberapa danau yang populer di Jawa Barat bahkan juga terkadang sering dikunjungi oleh beberapa wisatawan dari mancanegara yang tertarik serta penasaran untuk menikmati keindahan alamnya. Berikut deretan danau terindah di Provinsi Jawa Barat yang cocok dijadikan sebagai tempat untuk healing diantaranya:

  1. Situ Patenggang

Situ Patenggang mungkin menjadi salah satu danau paling populer di Jawa Barat karena keindahan alamnya yang sangat romantis dengan perairan yang tenang. Terlebih, danau yang berada di Ciwidey, Bandung Selatan ini pernah menjadi lokasi syuting video klip lagu yang berjudul “My Heart” di mana kala itu dipopulerkan oleh Irwansyah dan Acha Septriasa pada tahun 2000an.

Makanya, tidak heran jika Situ Patenggang sangat ikonik dan identik dengan hal romantis karena memang lokasinya yang sangat sejuk, pemandangan alam yang memukau serta airnya yang tenang. Maka itulah, jika anda berkesempatan mengunjungi Jawa Barat khususnya di Selatan Bandung, anda wajib mampir ke danau ini karena akan banyak hal menarik dapat anda jumpai di dalamnya.

Di wilayah sekitaran Situ Patenggang juga sudah terdapat banyak sekali penginapan ataupun hotel yang akan sangat dibutuhkan para wisatawan jika memang ingin menghabiskan waktu lebih lama di sana. Banyak pula penginapan-penginapan dengan konsep glamping yang ada di sekitaran danau di mana dapat anda nikmati agar memperoleh pengalaman yang berbeda sewaktu berlibur ke danau ini.

  • Danau Situ Gunung

Berikutnya yaitu Danau Situ Gunung atau yang lebih dikenal dengan nama Situ Gunung saja yang berlokasi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pesona alamnya yang indah membuat Situ Gunung bahkan selalu menjadi pilihan tepat buat siapapun yang ingin menikmati keindahan maupun ketenangan sejenak untuk melepas lelah.

Kawasan Situ Gunung menawarkan para wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan seru dan menikmati keindahan suasana danau. Bahkan, di danau ini juga terdapat air terjun, jembatan gantung, hingga lebatnya hutan dengan pepohonan yang rimbun di mana masih sangat terjaga keasriannya dengan sangat baik.

Adapun Situs Gunung sendiri lokasinya berada di kaki Gunung Gede Pangrango yang membuat udara di sekitarnya terasa menyejukkan sekaligus menenangkan pikiran. Para wisatawan dapat dengan mudahnya menikmati alam terbuka dengan cara berkemah di pinggiran danau yang lokasinya ada di Kecamatan Kudalumpit, Kabupaten Sukabumi.

  • Waduk Jatigede

Meskipun objek wisata danau buatan, Waduk Jatigede yang ada di Kabupaten Sumedang ini menjadi salah satu danau yang layak dikunjungi karena pemandangannya yang menakjubkan. Waduk ini dibangun dengan membendung aliran Sungai Cimanuk yang berada di wilayah Jatigede yang menampung sebanyak 979,5 juta meter kubik air.

Selain itu, Waduk Jatigede juga jadi salah satu danau buatan terbesar di Indonesia yang mempunyai fungsi utama sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) serta untuk sarana irigasi. Di luar fungsi utamanya tersebut, waduk ini saat ini sudah menjadi salah satu objek wisata menarik bagi anda yang ingin menikmati indahnya perairan selain di pantai.

  • Situ Bagendit

Di Jawa Barat juga terdapat salah satu danau yang terkenal akan legendanya yakni Danau Situ Bagendit yang berada di Kecamatan Banyuresmi, Garut. Situ Bagendit merupakan danau yang memiliki luas area sebesar 25 hektar dan telah menjadi spot wisata kebanggaan warga Garut. Meskipun luas areanya yang tidak terlalu besar, namun danau ini menyuguhkan pemandangan alam yang begitu indah, di mana perairan danau tersebut dikelilingi oleh pepohonan yang sangat menyejukkan.

Konon, menurut cerita atau penuturan dari warga lokal, terbentuknya Situ Bagendit tidak terlepas dari adanya mitos yang mana dulunya pernah ada seorang wanita kaya raya tinggal di Desa Bagendit. Wanita tersebut bernama Nyi Endit. Singkat cerita, ia bersama desanya tenggelam karena tidak memberikan bantuan kepada orang tua yang mendatangi rumahnya tersebut. Hingga pada akhirnya, orang tua tersebut yang diusir oleh Nyi Endit pergi meninggalkan kediaman wanita kaya raya tersebut sambil menancapkan tongkatnya ke tanah.

Tongkat tersebut pun diangkat dan membuat keluarnya air dari dalam tanah hingga merendam seluruh desa tersebut. Ia menjadi satu-satunya orang yang tidak selamat karena semua penduduk  lain pergi menyelamatkan diri, tetapi ia malah memilih bertahan demi hartanya. Dari kisah tersebut yang dipercaya menjadi cikal bakal terbentuknya Situ Bagendit.

  • Situ Cileunca

Seperti halnya Situ Patenggang, Situ Cileunca juga menjadi danau terindah di Jawa Barat yang berlokasi di Bandung Selatan, tepatnya di Kecamatan Pangalengan. Danau yang  terkenal memiliki udara sejuk ini juga menyuguhkan keindahan pemandangan alam luar biasa. Bahkan yang menarik, mengunjungi Situ Cileunca ini bisa membuat siapapun menikmati keindahan alamnya dengan gratis tanpa perlu membayar tiket.

Di Situ Cileunca, salah satu daya tarik yang selalu memikat para wisatawan ialah adanya Jembatan Situ Cileunca yang menjadi spot terbaik dan paling instagramable untuk berfoto. Bagi anda yang ingin melepas penat, tentunya sangat cocok jika anda mengunjungi danau ini.

  • Waduk Jatiluhur

Adapun danau terbaik di Jawa Barat berikutnya adalah Waduk Jatiluhur yang berlokasi di Purwakarta. Seperti halnya Waduk Jatigede, Waduk Jatiluhur juga merupakan danau buatan yang diketahui pembuatannya memakan biaya konstruksi sebanyak kurang lebih 230 juta Dollar Amerika.

Bahkan, Waduk Jatiluhur merupakan danau buatan terbesar yang telah dibuka sejak pada tahun 1965 yang memiliki luas 1.560 kilometer persegi. Meski sebagai danau buatan, Waduk Jatiluhur menyuguhkan pemandangan alam yang indah terutama di sekitaran perairannya. Para wisatawan juga bisa menyusuri keindahan air bendungan ini dengan menaiki perahu dan mencoba wahana menarik lain di dalamnya.


Baca Juga : Mengintip Keindahan dan Daya Tarik Danau Batur, Danau Terbesar di Bali

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *