Johnnydeppreads.com – Pulau Dewata punya begitu banyak tempat menarik dengan pemandangan alam yang sudah sangat terkenal bahkan hingga ke mancanegara. Makanya, tidak heran bila selama ini Bali menjadi tujuan utama turis asing yang ingin mengunjungi Indonesia. Selain deretan pantai yang indah, Bali juga memiliki danau yang sangat ikonik dan legendaris yaitu Danau Batur.

Danau Batur merupakan salah satu kawasan wisata alam yang berada di Kintamani Bangli, Bali. Danau ini adalah danau vulkanik dan menjadi yang terbesar di Pulau Dewata yang memiliki ketinggian lebih dari 1.000 meter dengan luas mencapai 16 kilometer persegi. Letaknya yang berada di area Gunung Batur tentu membuat danau ini menyajikan keindahan alam dengan panorama sangat mengesankan serta memiliki udara yang sejuk sehingga sangat tepat menjadi tempat untuk relaksasi.

Sebagai danau vulkanik, Danau Batur terbentuk sejak ribuan tahun lalu akibat adanya letusan Gunung Batur dan disebut pula sebagai danau kawah. Gunung Batur sendiri merupakan gunung berapi aktif yang berada di sepanjang aktivitas vulkanik Cincin Api Pasifik.

Salah satu keunikan dan daya tarik dari Danau Batur ini adalah air danaunya yang berwarna hijau kebiruan dengan letaknya yang tepat berada di dalam kaldera Gunung Batur. Kedalaman danau ini mencapai 88 meter dan pastinya menyuguhkan nuansa sangat indah dengan suasana yang ada di sekitarnya merupakan area Gunung Batur.

Keindahan Danau Batur yang Sangat Eksotis

Dengan letaknya yang berada di dalam area Gunung Batur, tentu saja Danau Batur menawarkan suasana alam yang sejuk dengan suhu udaranya yang berkisar antara 22 derajat sampai dengan 26 derajat celcius. Makanya, tidak salah bila danau ini menjadi tempat terbaik anda melepas lelah dan ingin mencari ketenangan sejenak dari hiruk pikuknya perkotaan.

Danau Batur yang berada di Kintamani memang memiliki keindahan alam yang tidak perlu lagi diragukan. Bahkan, danau ini sering menjadi ikon Pulau Dewata karena panorama alamnya yang indah dengan dilatarbelakangi oleh pegunungan. Berbeda dari kebanyakan kaldera gunung-gunung lain yang ada di Indonesia, Gunung Batur memiliki kaldera yang terisi alami oleh air yang kita kenal sampai sekarang dengan nama Danau Batur.

Keindahan alam serta keunikan dari Danau Batur tidak berhenti hanya sampai di situ. Bahkan, bentuk dari danau ini sendiri juga sangat menarik karena menyerupai bentuk bulan sabit dan akan lebih terlihat jelas jika anda melihatnya dari ketinggian tertentu.

Ukuran danau ini mencapai 7 kilometer dengan lebar 2,5 kilometer. Tak hanya itu, air di danau ini bahkan diketahui dapat berubah warna yang dipengaruhi kandungan belerang dalam basa. Danau Batur terkadang akan nampak berwarna hijau kekuningan, atau dapat juga terlihat mirip seperti air laut dengan warna airnya yang kebiruan.

Kegiatan Seru hingga Spot Wisata Terbaik Danau Batur di Kintamani

Seperti layaknya danau-danau lain di Indonesia yang juga menjadi kawasan wisata, Danau Batur di Kintamani pun juga memiliki begitu banyak spot-spot menarik. Tak  hanya itu, di beberapa tempat terbaik bahkan bisa membuat anda lebih puas menikmati keindahan alam dengan melakukan  berbagai kegiatan seru di dalamnya.

Bahkan, Danau Batur memang sudah terkenal akan keindahan alamnya yang sangat ikonik di Pulau Dewata. Makanya, ketika wisatawan mengunjungi Bali, selain pantai, pilihan terbaik lainnya tentu saja adalah menyambangi danau ini. Lalu, apa saja kegiatan seru dan spot wisata terbaik Danau Batur di Kintamani? Simak informasi lengkapnya berikut ini:

  1. Berkeliling dengan Perahu

Menyusuri indahnya perairan Danau Batur dapat dijelajahi dengan berkeliling menaiki perahu yang bisa disewa. Berkeliling dengan menggunakan perahu tentu akan membuat anda semakin puas menikmati keindahan alam di danau ini sekaligus bisa merasakan langsung kesejukan udaranya. Ada banyak perahu yang dijajakan oleh warga lokal yang disediakan untuk kebutuhan para wisatawan berkeliling menyusuri perairan danau yang luas.

  • Tempat Memancing

Tak hanya berkeliling dengan menaiki perahu untuk menikmati keindahan alam dengan menyusuri segala penjuru perairan danau, di Danau Batur pun ada tempat memancing sebagai aktivitas seru lain yang bisa dicoba. Apalagi, danau ini memang mempunyai kekayaan ikan air tawar cukup melimpah sehingga para wisatawan bisa melakukan kegiatan memancing ini guna merasakan kepuasan selama berada di kawasan Danau Batur.

Sebelum melakukan kegiatan memancing di danau ini, para wisatawan diharuskan menghubungi dulu salah satu nelayan yang berada di sekitaran danau. Hanya dengan perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp100.000 saja, anda sudah bisa memperoleh sejumlah peralatan memancing. Banyaknya ikan air tawar seperti ikan nila di danau ini tidak akan membuat wisatawan kesulitan mendapatkan ikan.

  • Pemandian Air Panas Batur

Tak  jauh dari lokasi utama Danau Batur, para wisatawan juga akan menemukan pemandian air panas Batur yang bisa dinikmati. Pemandian air panas ini juga terkenal dengan nama Toya Bungkah yang mana merupakan sumber air panas alami yang langsung berasal dari Gunung Batur.

Kandungan belerang yang terkandung di dalam sumber air panas tersebut tentu saja memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan sehingga tak sedikit dari wisatawan yang menyambagi pemandian air panas Batur. Beberapa khasiat yang akan diperoleh dengan mandi di air panas ini antara lain mampu menyembuhkan penyakit kulit, rematik, hingga membuat kulit lebih sehat.

  • Menikmati Matahari Terbit

Danau Batur menjadi salah satu danau terbaik di Indonesia sekaligus tempat di mana anda akan bisa menyaksikan secara langsung indahnya matahari terbit atau sunrise. Apabila tertarik, maka anda bisa mendatangi beberapa spot di danau ini pada pagi hari untuk menikmati pemandangan matahari terbit.

  • Wisata Kuliner

Menyambangi Danau Batur tidak lengkap apabila tidak melakukan wisata kuliner. Karena tak jauh dari lokasi danau ini, ada begitu banyak restoran maupun tempat-tempat makan yang menawarkan sejumlah hidangan lezat dan khas. Selain itu, anda dapat menikmati kelezatan kuliner sembari melihat keindahan alam Danau Batur yang tentu akan sangat menakjubkan dilihat di atas ketinggian.

  • Spot Foto Romantis

Ketika anda mengunjungi Danau Batur di Kintamani, anda bisa menyambangi beberapa banyak spot foto romantis dan juga sangat menarik. Maka itulah, anda yang berwisata ke danau ini jangan melewatkan untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen terbaik melakukan fotografi dengan latar belakang sunrise ataupun sunset. Bahkan, para wisatawan yang berkunjung ke Danau Batur ini sering disarankan untuk berada dari pagi hari hingga senja sehingga bisa lebih maksimal menyaksikan maupun menikmati keindahan alamnya.

Demikian informasi mengenai keindahan serta daya tarik Danau Batur di Kintamani yang bisa menjadi rekomendasi tempat wisata terbaik di Bali selain pantai. Banyaknya spot terbaik di danau ini membuat anda bisa memperoleh pengalaman tak terlupakan sekaligus menjadi tempat terbaik untuk relaksasi sejenak.

Baca Juga : Danau Situ Bagendit, dari Legenda hingga Menjadi Objek Wisata Populer di Garut

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *