Johnnydeppreads.com – Warga Kota Garut ataupun yang tinggal di daerah lain khususnya di Jawa Barat tentu setidaknya akan familiar mendengar nama Situ Bagendit. Pasalnya, Situ Bagendit merupakan danau atau situ yang terkenal dengan legendanya yang menarik. Berlokasi di Desa Bagendit, Banyuresmi, Kabupaten  Garut, Situ Bagendit menjadi salah satu dari banyak objek wisata kebanggaan Kota yang Berjuluk Swiss Van Java tersebut.

Nama Situ Bagendit sendiri diambil dari nama desa tempat adanya situ atau danau tersebut. Namun, menurut beberapa penuturan warga lokal, ada pula yang berpendapat bahwa penamaan danau ini juga tidak terlepas dari cerita rakyat di masa lalu.

Kawasan Situ Bagendit mempunyai luas lahan yang  hanya sebesar 125 hektar. Meskipun tidak seluas seperti danau-danau lain pada umumnya yang ada di Indonesia, tetapi Situ Bagendit tak kalah menariknya dalam menyajikan keindahan alam serta udaranya yang sejuk karena lokasinya yang berada di kaki Gunung Guntur.

Sebelum menjadi objek  wisata terkenal dan menarik di Kota Garut, Danau Situ Bagendit tentu sangat lekat dengan mitos yang beredar luas di masyarakat sekitar. Namun yang pasti, keunikan dari danau ini membuatnya menjadi tempat yang wajib didatangi apabila anda berkesempatan sedang mengunjungi Kabupaten Garut.

Legenda Danau Situ Bagendit

Berdasarkan kepercayaan masyarakat sekitar Kabupaten Garut, keberadaan Danau Situ Bagendit tentu tak terlepas dari kisah atau mitos yang sangat legendaris secara turun temurun. Kisah Situ Bagendit berawal dari kehidupan sosok wanita bernama Nyi Endit (Nyai Bagendit) yang sangat kaya dan mendiami lokasi yang sekarang dikenal sebagai Situ Bagendit.

Meskipun diberi kekayaan harta yang sangat bergelimang, Nyi Endit sangat tidak disukai oleh setiap masyarakat yang ada di desa tersebut. Pasalnya, Nyai Bagendit dikenal sangat pelit serta tidak pernah mau berbagi dan peduli terhadap warga di sekitar.

Dalam suatu kisah diceritakan bahwasannya Nyai Bagendit sering meminjamkan uang kepada warga yang membutuhkan tetapi orang uang dipinjami uangnya tersebut harus mengembalikan dengan disertai membayar pula bunga yang sangat tinggi. Nyai Bagendit sangat mencintai kekayaan hartanya, ia merasa bangga di tengah kesulitan masyarakat di sekitarnya.

Hingga pada suatu hari, diceritakan bahwa ada orang tua yang mendatangi rumah Nyi Endit dan meminta belas kasihan. Namun dengan sifatnya yang kikir dan pelit, tentu Nyi Endit tidak memberikan bantuan atau sepeser pun uang kepada peminta tersebut. Bahkan, ia mengusirnya dengan cara kasar, membentak bahkan melontarkan kata-kata yang tidak pantas.

Dengan rasa kecewanya tersebut, orang tua itu meninggalkan kediaman Nyi Endit dengan menancapkan tongkat kayu di tangannya tersebut ke tanah di halaman rumah wanita kikitr tersebut. Kemudian, tongkat tersebut pun dicabut hingga seketika itu pula keluarlah air yang sangat deras menggenangi kediaman Nyi Endit.

Bahkan, saat itu pula hujan turun dengan begitu derasnya sehingga mempercepat air naik. Berbeda dengan warga lain yang sesegera mungkin menyelamatkan diri masing-masing dengan berlarian ke tempat aman, Nyi Endit tak ingin meninggalkan rumah dan hartanya tersebut dan memilih bertahan sebab ia yakin akan selamat.

Sayangnya, Nyi Endit salah mengira karena air semakin deras dan menggenangi desa tersebut semakin dalam. Genangan air itulah yang menjadikan desa tersebut berubah menjadi danau. Kisah tersebut yang dipercaya warga Garut sebagai awal mula keberadaan Danau Situ Bagendit.

Keindahan Danau Situ Bagendit dengan Segala Daya Tariknya

Di luar legendanya yang sangat populer di kalangan masyarakat Garut, Situ Bagendit merupakan objek wisata air yang sangat mempesona dengan menawarkan keindahan danau. Bahkan, berkunjung ke Kota Garut rasanya kurang lengkap bagi wisatawan bilamana tidak menyambangi danau tersebut karena banyak hal unik serta daya tarik yang disuguhkan. Inilah beberapa daya tarik Danau Situ Bagendit dengan keindahan alamnya antara lain:

  1. Menyusuri Situ dengan Naik Rakit

Situ Bagendit sangat identik dengan rakit, karena sejak pertama kali di buka, kawasan objek wisata ini memang menawarkan rakit sebagai tumpangan yang bisa disewa oleh wisatawan untuk digunakan menyusuri air danau yang sangat luar dari ujung ke ujung.

Biasanya, orang yang menyewakan rakit merupakan warga lokal karena sudah tahu karakteristik lokasi hingga air situ tersebut sehingga tidak akan membuat pengunjung khawatir. Dengan menaiki rakit di atas air, anda bisa merasakan dan melihat betapa indahnya perairan Situ Bagendit dengan pemandangannya yang sangat memukau.

  • Mencoba Wahana Air

Tak hanya rakit, jika anda mengunjungi Danau Situ Bagendit juga bisa mencoba beberapa jenis wahana air lain. Anda bisa mencoba menaiki perahu yang dibentuk menyerupai angsa untuk bisa menjelajahi air danau tersebut. Bahkan, ada pula beberapa wahana menarik lain bisa anda coba sehingga dapat lebih maksimal menikmati ataupun merasakan indahnya nuansa Situ Bagendit.

  • Banyak Spot Foto Menarik

Daya tarik lain dari Situ Bagendit bukan hanya wilayah danau atau perairannya saja. Lebih dari itu, di sekitaran danau tersebut juga banyak sekali spot-spot terbaik serta menarik untuk anda sambangi apabila ingin melakukan aktivitas fotografi. Bahkan saat ini, Situ Bagendit telah dilengkapi oleh berbagai fasilitas karena dikelola dengan baik oleh Pemda setempat.

  • Fasilitas Taman Bermain

Mengajak anak-anak mengunjungi Danau Situ Bagendit tentu akan menjadi pilihan yang sangat tepat. Pasalnya, di kawasan objek wisata ini terdapat banyak fasilitas taman bermain yang bisa dicoba. Beberapa yang populer dan menarik seperti menaiki kereta dengan jalur yang mengelilingi sekitaran area Situ Bagendit, bermain ayunan dan masih banyak lagi.

  • Oleh-oleh Khas Garut

Setelah anda puas menikmati keindahan Danau Situ Bagendit, sebelum pulang, ada baiknya bagi anda untuk mencari oleh-oleh khas Garut yang unik dan bervariasi. Berbagai jenis buah tangan biasanya dijual oleh banyak pedagang dan dijajakan di sekitaran kawasan objek wisata tersebut.

Ada berbagai jenis oleh-oleh dari Situ Bagendit yang dapat anda jadikan sebagai buah tangan mulai dari kuliner khas Garut, merchandise, gantungan kunci dan lain sebagainya.

Kemudahan Akses di Kawasan Wisata Situ Bagendit

Kelebihan dari Danau Situ Bagendit sebagai salah satu objek wisata terbaik di Garut ini karena letaknya yang terbilang cukup strategis. Sehingga, anda yang ingin berkunjung ke Situ Bagendit bisa mengaksesnya dengan mudah dengan menaiki angkutan kota apabila anda tidak membawa kendaraan sendiri. Belum lagi, lokasi Desa Bagendit sendiri dilalui oleh banyak transportasi umum.

Bahkan, lokasi Situ Bagendit sendiri berjarak sekitar 4 kilometer saja dari pusat Kota Garut sehingga untuk sampai di lokasi wisata tersebut hanya memerlukan 30 menit perjalanan. Selain itu, Situ Bagendit sering ramai dikunjungi banyak wisatawan terutama pada weekend atau masa liburan tiba. Terlebih, orang lebih memilih berwisata ke Danau Situ Bagendit karena menawarkan tarif tiket atau harga masuk yang relatif terjangkau.

Baca Juga : Objek Wisata Menarik Danau Singkarak

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *