Johnnydeppreads.com – Indonesia memang sudah terkenal memiliki banyak pegunungan. Deretan pegunungan yang tersebar di setiap daerahnya menjadikan Indonesia adalah negara yang amat kaya akan kekayaan alamnya. Tak hanya terdapat banyak pepohonan ataupun pemandangan yang indah, bahkan ada sejumlah gunung yang di dalamnya terdapat sebuah danau, salah satunya berada di Provinsi Jambi yakni Danau Gunung Tujuh.

Jika anda berkesempatan berkunjung ke Jambi, anda bisa mencoba pengalaman menarik dengan menyambangi Danau Gunung Tujuh. Danau ini menawarkan keindahan alam yang sangat memukau karena letaknya yang berbeda dari danau pada umumnya. Danau ini sendiri merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat atau TNKS yang terletak di Desa Pelompek, Kabupaten Kerinci.

Sesuai dengan namanya, Danau Gunung Tujuh merupakan danau yang keberadaannya dikelilingi oleh 7 gunung dengan menyuguhkan panorama sangat memukau. Ketujuh gunung yang mengelilingi danau tersebut antara lain meliputi Gunung Hulu Sangir, Gunung Gunung Hulu Tebo, Gunung Lumut, Gunung Jar Panggang, Gunung Madura Besi dan Gunung Selasih.

Karena lokasinya yang berada di ketinggian gunung-gunung tersebut, Danau Gunung Tujuh tentu mempunyai cuaca yang sejuk dengan keajaiban alam yang indah. Adapun danau ini berada pada ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut sehingga membuatnya dinobatkan sebagai danau tertinggi di Asia Tenggara.

Berbagai Macam Daya Tarik dan Keindahan Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh dengan segala keindahan alamnya menawarkan berbagai macam daya tarik. Para wisatawan yang mengunjunginya akan dibuat takjub dan tidak akan pernah menyesal jika berkunjung ke kawasan wisata yang berada di Jambi ini.

Apalagi, dengan lokasinya yang berada pada ketinggian pegunungan, tentu akan memberikan pengalaman yang tak biasa. Bahkan diketahui, danau ini memiliki air yang sangat dingin karena berada di daerah pegunungan yang sangat tinggi. Seperti apa daya tarik dan keindahan Danau Gunung Tujuh? Simak informasinya berikut ini.

  1. Panorama Danau dengan Air yang Dingin Ekstrim

Ekosistem yang ada di kawasan Danau Gunung Tujuh masih terjaga dengan sangat baik sehingga panoramanya terlihat begitu sangat indah. Hal demikian dapat dilihat dari udaranya yang sejuk di sekitar danau. Air danau ini sangat sejuk, jernih bahkan lebih dingin dibandingkan dengan danau-danau lainnya yang ada di Indonesia.

Danau Gunung Tujuh merupakan danau kaldera atau danau vulkanik karena terbentuk dari letusan Gunung Tujuh di masa lampau. Letaknya yang dikelilingi oleh tujuh gunung bahkan membuat danau ini diketahui sebagai salah satu danau terdingin di Indonesia. Makanya, tidak heran apabila Danau Gunung Tujuh mempunyai air yang sangat dingin ekstrim, tetapi menjadi tempat yang cocok bagi anda yang menginginkan sensasi mandi dengan air dingin yang luar biasa.

  • Keindahan Gunung-gunung di Kawasan Danau

Selain keindahan danaunya, Danau Gunung Tujuh juga menjadi tempat terbaik menyaksikan indahnya pegunungan yang mengelilingi kawasan danau tersebut. Panorama deretan pegunungan di sekitaran Danau Gunung Tujuh juga tak kalah menarik. Pasalnya, keberadaan gunung-gunung tersebut seolah seperti memberi penjagaan terhadap danau ini

Keindahan alam gunung-gunung yang berada di sekitar Danau Gunung Tujuh tentu sangat bisa dijadikan spot foto terbaik. Tak jarang dari beberapa banyak pengunjung pun yang ingin mengabadikan momen tersebut dengan melakukan kegiatan fotografi dengan latar belakang yang sungguh mempesona.

  • Area Bertekstur Mirip Seperti Pasir Pantai

Saat anda mengunjungi Danau Gunung Tujuh, anda pun bisa berkemah di area yang bertekstur mirip seperti pasir di pantai. Di area tersebut, anda bahkan bisa menyaksikan langsung bagaimana keindahan air Danau Gunung Tujuh dengan dilingkupi oleh barisan pegunungan sehingga anda bisa merasakan pengalaman yang luar biasa.

Namun, jika anda ingin berkemah di area bertekstur yang ada di danau ini, sangat disarankan bagi anda untuk menyiapkan dan membawa berbagai perlengkapan yang diperlukan. Bukan tanpa alasan, tapi karena memang cuaca di kawasan tersebut sangatlah dingin. Terlebih, pihak pengelola tidak menyediakan peralatan maupun perlengkapan berkemah yang dapat disewa.

  • Mengunjungi Desa yang Asri di Kaki Gunung Tujuh

Tidak hanya danau dan pegunungannya saja, di Danau Gunung Tujuh juga terdapat desa yang sangat asri dan sejuk yang letaknya berada di kaki Gunung Tujuh. Desa tersebut bisa anda kunjungi sewaktu berada di kawasan wisata Danau Gunung Tujuh untuk melengkapi kepuasan anda sekaligus menjelajahi tempat menarik lain yang ada di danau tersebut.

Ketinggian dari Danau Gunung Tujuh yang hampir 2 kilometer di atas permukaan laut, memang tidak mengherankan jika setiap tempat yang berada di dalamnya juga memiliki udara sejuk dan cuaca yang dingin. Hal itu juga berlaku untuk desa yang berada di kaki gunung tersebut yang  bahkan bisa dibilang sebagai salah satu dari banyak desa terdingin di Indonesia. Lokasinya yang berada di kaki gunung, tak mengherankan apabila keasrian desa tersebut masih sangat terjaga dengan baik.

  • Kisah di Balik Danau Gunung Tujuh

Di luar keindahan alamnya yang menakjubkan, Danau Gunung Tujuh tidak terlepas dari cerita atau kisahnya yang menarik menurut kepercayaan warga sekitar. Kisah menarik tentang Danau Gunung Tujuh ini tak jarang turut mengundang banyak khalayak yang sangat penasaran untuk mengetahuinya.

Kisah paling terkenal menurut penuturan warga lokal, bahwasannya terciptanya Danau Gunung Tujuh karena tangisan dari seorang perempuan. Perempuan tersebut menangis karena kehilangan ketujuh saudara laki-lakinya yang konon ketujuh saudara si perempuan tersebut menjelma menjadi 7 gunung  yang mengelilingi danau tersebut.

Tips Penting Berwisata ke Danau Gunung Tujuh

Untuk anda yang berencana pergi berwisata dengan mengunjungi Danau Gunung Tujuh, ada beberapa tips penting yang perlu anda perhatikan dan persiapkan. Pasalnya, hal tersebut bertujuan agar perjalanan wisata anda ke kawasan danau tersebut semakin  maksimal serta meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan selama berada di tempat tujuan.

Hal paling penting yang harus dipersiapkan oleh para wisatawan adalah kesehatan fisik. Memiliki kesiapan fisik sangat diperlukan saat anda ingin mengunjungi Danau Gunung Tujuh. Apalagi, danau ini memiliki cuaca yang sangat dingin sehingga anda pasti memerlukan fisik  yang sehat.

Tak  hanya itu, anda juga disarankan untuk membawa berbagai perlengkapan sesuai yang dibutuhkan, terlebih bagi anda yang  berencana ingin berkemah di area bertekstur di area tersebut. Karena, sebagaimana yang disebutkan bahwasanya pihak pengelola belum menyediakan semua perlengkapan untuk dapat disewa para pengunjung.

Danau Gunung Tujuh  mungkin sedikit berbeda dengan  beberapa kawasan wisata danau lain yang ada di Indonesia yang bisa dengan mudahnya mencari makanan atau minuman. Di Danau Gunung Tujuh, anda tidak akan menemukan adanya fasilitas ataupun penjual makanan sehingga sangat disarankan membawa pula perbekalan berupa beberapa makanan dan minuman sesuai yang anda perlukan selama berada di kawasan wisata tersebut.


Baca Juga : Keunikan Danau Poso, Danau Berpasir Layaknya Pantai

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *