DANAU KELIMUTU: Pesona danau Kelimutu di Taman Nasional Kelimutu, Ende Flores, Nusa Tenggara Timur ( NTT), MInggu (18/10). Taman Nasional Kelimutu seluas 5.3356,50 hektar, terdapat tiga kawah danau yang berada di ketinggian 1.500-1731 meter di atas permukaan laut, Keunikan danau tiga warna Kelimutu menjadi ikon pariwisata di kabupaten Ende yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara maupun domestik. MI/SUMARYANTO BRONTO

Johnnydeppreads.com – Berbicara mengenai danau yang ada di Indonesia, sebagian besar dari kita mungkin akan teringat langsung dengan Danau Toba di Sumatera Utara. Karena, Danau Toba merupakan danau terluas sekaligus paling populer di Indonesia. Namun selain Danau Toba, Indonesia juga memiliki danau yang tak kalah cantik bahkan memiliki keunikan yang khas. Danau tersebut berada di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah yaitu Danau Poso.

Sesuai namanya, Danau Poso merupakan danau yang berlokasi di Kabupaten Poso yang memang namanya sudah terdengar cukup familiar bagi sebagian besar khalayak di Indonesia. Bahkan, keunikan dari danau ini membuatnya tak jarang mampu memikat banyak wisatawan untuk mengunjunginya.

Banyak hal unik yang ada di Danau Poso, salah satu yang jadi daya tariknya ialah terdapatnya pasir di sepanjang sisi danau yang membuatnya terlihat seperti pantai. Bahkan, Danau Poso diketahui sebagai danau terbesar ketiga yang ada di Indonesia, tentunya setelah Danau Toba dan Danau Singkarak.

Danau Poso sendiri sudah menjadi destinasi wisata andalan di Kabupaten Poso dan selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Dengan luas mencapai 323,5 kilometer persegi membuat danau ini mempunyai begitu banyak tempat yang bisa dijelajahi dengan berbagai spot-spot menarik dapat anda temukan di dalamnya.

Selain itu, Danau Poso diketahui mempunyai tingkat kedalaman air yang terbilang sangat dalam mencapai 450 meter. Hal itu pula yang membuatnya menjadi danau terdalam ketiga di Indonesia. Berbeda dengan Danau Toba, Danau Poso adalah danau tektonik atau danau yang dulunya terbentuk dari adanya aktivitas pergerakan lempeng bumi.

Berbagai Rangkaian Hal Unik yang Terdapat di Danau Poso

Jika bicara tentang Danau Poso, pastinya tidak akan terlepas dari beberapa banyak hal unik yang ada di dalamnya. Danau ini memiliki beragam keunikan yang membuatnya lain dari pada beberapa danau lain yang ada di Indonesia.

Dengan keunikan khasnya tersebut, tidak salah jika sebagian besar orang sering menjadikan danau ini sebagai tujuan pariwisata yang akan menyuguhkan pengalaman terbaik sekaligus memuaskan. Lantas, apa saja rangkaian hal unik yang terdapat di Danau Poso? Berikut informasinya yang dapat anda simak:

  1. Mempunyai pasir seperti pantai

Danau Poso sangat identik dengan pasir yang tentu saja membuatnya mirip seperti pantai dibanding sebagai danau. Keunikan inilah yang terkadang membuat sebagian besar orang memutuskan ingin mengunjungi danau tersebut karena bisa merasakan suasana keindahan danau layaknya sedang berada di Pantai.

Selain itu, Danau Poso yang berpasir bagaikan pantai ini bisa menjadi alternatif terbaik lain bila memang anda sudah terbiasa atau terlalu sering mengunjungi pantai. Bahkan, Danau Poso tak kalah cantik dan menawan dari pantai-pantai yang ada di Indonesia sebab memiliki pasir yang berwarna putih serta kuning keemasan. Jadi, untuk merasakan dan menikmati indahnya pasir putih tidak perlu lagi mengunjungi pantai karena bisa anda temukan  langsung di Danau Poso.

  • Gelombang air seperti di laut

Tak hanya unik karena berpasir, Danau Poso juga menarik sebab mempunyai gelombang air seperti di laut. Anda bisa menyaksikan air laut danau ini yang terkadang sewaktu-waktu berombak selayaknya yang sering anda lihat di pantai. Jika dilihat, air Danau Poso ini menyuguhkan perpaduan warna yang indah.

Jika di pinggir, air danau akan terlihat berwarna hijau. Sementara itu, air danau akan terlihat berwarna biru di tengah-tengah danaunya. Dengan keindahannya tersebut, danau ini bisa menjad spot foto terbaik saat anda berkunjung. Bahkan, anda pun bisa menelusuri keindahan air Danau Poso menaiki perahu yang bisa disewa.

  • Danau terbesar ketiga

Dengan luas perairannya yang mencapai 323,5 kilometer persegi, Danau Poso menjadi danau terbesar ketiga yang terdapat di Indonesia. Bahkan, seperti mana yang disebutkan di awal bahwa danau ini juga punya kedalaman yang tergolong sangat dalam dengan titik terdalamnya mencapai 450 meter. Dengan luasnya tersebut, tidak heran jika Danau Poso menjadi rumah bagi banyak sekali flora dan fauna, sebagian merupakan endemik.

Tak hanya itu, Danau Poso yang mempunyai area sangat luas membuat para wisatawan bisa menjelajahi danau ini lebih jauh. Anda bisa mencari beberapa banyak spot terbaik untuk melakukan kegiatan fotografi yang instagramable ataupun untuk sekedar menikmati sekaligus merasakan keindahan alam yang tersaji di kawasan danau tersebut.

  • Salah satu danau terindah di Indonesia

Keunikan lain dari Danau Poso yaitu dinobatkan sebagai salah satu dari banyak danau terindah yang ada di Indonesia. Hal itu tidak mengherankan, mengingat danau ini punya kualitas air yang jernih dengan memancarkan perpaduan warna biru dan hijau. Belum lagi dengan pasirnya yang berwarna putih dan kuning keemasan semakin menambah pesona dan daya tarik dari danau ini.

Selain itu, hal yang membuat Danau Poso disebut sebagai danau yang indah karena lokasinya yang berada pada ketinggian kurang lebih 657 meter di atas permukaan laut yang membentang luas dari utara ke selatan. Luas areanya sendiri mencapai 32 ribu hektar yang mana juga dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun.

  • Kualitas air yang jernih

Tak hanya memancarkan warnanya yang indah, air Danau Poso bahkan dikenal sangat jernih sehingga tak jarang anda bisa melihat dasar air danau di area yang dangkal. Saking jernih air danau ini bisa membuat para wisatawan melihat ikan-ikan yang hidup di perairan danau tersebut.

Bukan hanya pada musim tertentu saja, air danau ini tetap selalu jernih sepanjang masa. Bahkan, walaupun memasuki musim hujan tidak membuat air Danau Poso menjadi keruh. Hal ini juga dipengaruhi oleh keadaan alamnya yang masih terjaga sehingga air danaunya tidak pernah terkontaminasi.

  • Tempat bagi banyak spesies ikan

Seperti halnya danau-danau lain di Indonesia, Danau Poso juga menjadi habitat bagi banyak spesies ikan-ikan khususnya ikan air tawar. Bahkan yang menarik, Danau Poso menjadi tempat bagi ikan sidat atau ikan sogili terbesar di dunia yang mendiami perairan danau ini.

Selain itu, ada banyak pula spesies ikan lain serta beberapa jenis hewan lain yang tinggal di kawasan Danau Poso. Hal ini menandakan bahwa danau ini punya kekayaan flora dan fauna yang tidak perlu diragukan lagi.

  • Terdapat banyak gua

Adapun keunikan lain di Danau Poso ini ialah terdapatnya banyak gua-gua. Di sekitaran danau, para wisatawan bisa dengan mudahnya menemukan sejumlah gua yang beberapa diantaranya sangat dalam. Bahkan, ada pula beberapa gua di sana yang kedalamannya bahkan mencapai ke dasar danau.

Kemudian di beberapa tempat lainnya, ada pula sekumpulan batu besar yang dapat anda jumpai yang biasanya muncul dari dalam danau. Hal itu terlihat seolah mirip layaknya kompleks batu yang terapung sehingga membuatnya terlihat sangat begitu indah dan menarik.

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *