Johnnydeppreads.com – Sebagian besar penggemar traveling mungkin sudah cukup familiar jika mendengar Danau Ranau. Betapa tidak, Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba. Lokasi dari danau ini sendiri berada di dua provinsi yang menghubungkan Sumatera Selatan dengan Lampung, secara administratif berlokasi di Kabupaten Oku Selatan, Sumatera Selatan.

Berdasarkan kategorinya, Danau Ranau ini merupakan tipe danau tektonik sekaligus danau vulkanik yang membuatnya tentu sangat unik dibanding beberapa danau lain yang ada di Indonesia. Pasalnya, danau ini terbentuk dari gempa besar di masa lampau dan juga akibat dari semburan vulkanik dari gunung berapi yang berada di sekitarnya, yakni Gunung Seminung.

Wisata Menarik Danau Ranau

Bagi masyarakat sekitar, Danau Ranau bukan hanya bermanfaat sebagai sumber utama dalam mengairi irigasi. Akan tetapi, danau ini juga merupakan sumber utama penghasilan dari sektor pariwisata. Karena saat ini, para wisatawan yang berkunjung ke Danau Ranau semakin harinya semakin banyak.

Keeksotisan Danau Ranau disertai dengan pemandangan alamnya yang sangat indah semakin menambah daya tarik para wisatawan untuk mengeksplorasi kawasan wisata tersebut. Makanya, tidak heran apabila pada waktu-waktu tertentu terutama di masa liburan tiba, danau ini sangat padat oleh pengunjung baik lokal, luar pulau bahkan dari mancanegara.

Ada banyak hal menarik yang bisa dijumpai ketika anda mengunjungi Danau Ranau. Selain menikmati keindahan alam danau yang indah, pengunjung juga akan dimanjakan dengan banyaknya spot-spot terbaik, melakukan berbagai kegiatan olahraga hingga aktivitas menarik yang bisa dijajal. Bahkan, air danau yang berwarna biru kian memberikan kepuasan bagi siapapun yang berkunjung ke tempat ini.

Berbagai Daya Tarik yang Memukau dari Danau Ranau

Sebagai salah satu danau terbaik dengan pemandangan alam yang indah, Danau Ranau bisa menjadi destinasi wisata yang layak dieksplor. Terlebih danau ini mempunyai sejumlah daya tarik yang mungkin sebelumnya tidak pernah anda temukan di tempat-tempat lain. Untuk lebih lengkapnya, inilah dia berbagai daya tarik yang memukau dari Danau Ranau.

  1. Pemandangan Air Danau Berwarna Biru

Seperti mana yang disampaikan bahwa Danau Ranau sangat mempesona dengan pemandangan airnya yang berwarna biru jernih. Melihat keindahan air danau ini akan membuat siapapun merasa tenang dan memberikan kesejukan yang sangat maksimal.

Tak hanya kecantikan air danau birunya, danau ini semakin diperindah dengan adanya perbukitan hijau dari Gunung Seminung serta Pulau Mariza yang terdapat di tengah-tengah danau. Hal itu tentu terlihat sangat eksotik serta membuat para pengunjung akan betah berlama-lama menghabiskan waktu di danau tersebut. Kemudian, anda bisa menyaksikan indahnya pemandangan air Danau Ranau yang berwarna biru dari atas bukit.

  • Wahana Air Danau

Jika anda belum puas menikmati ataupun melihat keindahan alam Danau Ranau, anda bisa mencoba beberapa wahana air danau yang juga terdapat di area sekitarnya. Anda bisa menaiki perahu untuk menelusuri lebih dalam indahnya Danau Ranau dengan berkeliling di sekitaran danau.

Bukan itu saja, anda juga dapat bermain arung jeram, berenang-renang di tepian danau hingga mencoba wahana dan keseruan di dalamnya. Namun, perlu diingat pula bahwa Danau Ranau ini mempunyai kedalaman mencapai 228 meter sehingga jangan sampai bermain air hingga ke tengah danau.

  • Mariza, Pulau di Tengah Danau

Jika Danau Toba mempunyai Pulau Samosir, pun demikian halnya dengan Danau Ranau yang juga di tengah-tengahnya terdapat sebuah pulau yang sangat unik. Pulau tersebut tidak lain ialah Pulau Mariza. Ketika anda pergi berwisata dengan mengunjungi Danau Ranau, anda dapat menjelajahi pulau tersebut dengan menaiki perahu melewati perairan air danau.

Anda akan merasakan udara di sekitar danau yang begitu sejuk. Tapi, berbeda ketika anda telah berada di Pulau Mariza yang justru hawanya terasa panas. Meskipun pulau ini berukuran kecil, namun di dalamnya terdapat banyak hal menarik, salah satunya seperti adanya sumber air panas sehingga tentu sangat berpengaruh terhadap udara yang ada di sekitar pulau tersebut.

  • Pemandian Air Panas

Daya tarik Danau Ranau bukan hanya sebatas dari keindahan alamnya saja. Di danau ini, ada juga pemandian air panas yang dipercaya sangat berkhasiat serta menenangkan. Terdapatnya sumber air panas di Danau Ranau tentu tidak mengherankan, mengingat keberadaan danau ini yang juga dekat dengan gunung vulkanik atau gunung berapi.

Sumber air panas yang ada di Danau Ranau juga sangat alami sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit dengan kandungan belerang yang ada di dalamnya. Adapun tempat pemandian air panas tersebut tepat berada di kaki Gunung Seminung.

  • Air Terjun Subik Tuha

Di samping sumber air panas alami, anda yang berkunjung ke Danau Ranau juga akan menemukan sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 25 meter yakni air terjun Subik Tuha. Air terjun tersebut mempunyai keindahan yang sangat menawan karena letaknya yang berada di kaki Gunung Seminung dan berjarak tidak jauh dari tempat pemandian air panas.

Untuk bisa mencapai air terjun Subik Tuha, anda tak perlu menaiki kendaraan karena dapat ditempuh hanya dengan berjalan kaki dari lokasi pemandian air panas. Air terjun ini bahkan juga dapat dijadikan sebagai spot terbaik untuk melakukan kegiatan fotografi sembari menikmati keindahan Gunung Seminung.

  • Pantai Pelangi

Layaknya di pesisir laut, di Danau Ranau juga terdapat pantai yang indah bernama Pantai Pelangi. Pantai indah satu ini lokasinya berada di Padang Ratu, Buay Pematang Ribu Ranau Tengah, Kabupaten Ogan Komering Ulu. Memang, walaupun Pantai Pelangi ini sebetulnya merupakan sebuah pantai buatan, namun keindahan alamnya seperti asli dan tidak perlu lagi diragukan.

Panjang pantai ini pun tidak lebih dari 500 meter dan dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Oku Selatan. Adanya Pantai Pelangi jelas telah menambah cantik serta eksotik kawasan Danau Ranau sehingga layak untuk anda kunjungi.

  • Pantai Bidadari

Selain Pantai Pelangi, di Danau Ranau juga terdapat Pantai Bidadari yang mana juga menjadi salah satu bagian dari spot menarik di danau tersebut. Lokasinya berada di Kecamatan Banding Agung tepat berada di tepi Danau Ranau dan jaraknya kurang lebih 200 meter dari pangkal hulu Sungai Selabung.

Di Pantai Bidadari ini, di samping dapat menikmati indahnya pemandangan Danau Ranau, para wisatawan pun dapat memainkan arena wahana air. Seperti misalnya dengan menaiki banana boat ataupun berenang langsung di sekitaran pantai tersebut sembari merasakan ketenangan air danau.

Dengan berbagai daya tariknya tersebut, Danau Ranau tentu menjadi pilihan destinasi wisata terbaik serta menarik yang mungkin dapat anda coba. Apalagi, masih banyak berbagai daya tarik yang ada di danau ini yang bisa dijelajahi, termasuk menikmati kuliner khas daerah tersebut yang dijamin bisa menambah kepuasan serta pengalaman yang luar biasa.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Deretan Danau Terluas di Indonesia Berikut Keindahan Alamnya

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *