Johnnydeppreads.com – Indonesia menjadi salah satu negara dengan banyak danau yang ada di setiap wilayah kepulauannya. Bahkan, banyaknya danau menjadi bagian dari rangkaian kekayaan alam Tanah Air yang tidak pernah ada habisnya. Bahkan, beberapa di antara danau-danau yang menarik dengan keindahan alamnya, terdapat sejumlah danau terbesar yang sangat luas sehingga bisa menawarkan panorama alam yang memukau.

Banyak danau-danau di Indonesia dengan keindahan alamnya yang sudah sangat terkenal dan menjadi tempat wisata banyak dikunjungi para pelancong dari berbagai daerah. Berwisata dengan mengunjungi beberapa danau akan memberikan pengalaman yang sedikit berbeda dan  tidak terlalu mainstream, terutama bagi anda yang sudah sering melakukan pelesiran ke kawasan pegunungan maupun pantai yang mungkin cukup membosankan.

Selain itu, masing-masing danau memiliki keunikannya masing-masing. Bahkan, beberapa danau dengan area yang luas dapat menyuguhkan pengalaman layaknya anda sedang berada di laut lepas. Di lain sisi, terdapat pula danau yang indah dengan dikelilingi oleh barisan bukit-bukit yang tinggi yang menambah daya tarik danau tersebut.

Inilah Deretan Daftar Danau Terluas di Indonesia dengan Keindahan Alamnya

Sebagian dari kita mungkin sudah tahu danau terluas yang ada di Indonesia, bahkan juga menjadi  yang terbesar di Asia Tenggara. Ya, danau tersebut ialah Danau Toba yang sangat ikonik dan merupakan danau vulkanik terbesar. Untuk lebih lengkapnya, simak beberapa deretan danau terluas di Indonesia berikut dengan keindahan alamnya yang sangat memukau berikut ini:

  1. Danau Toba

Seperti mana yang tadi disebutkan bahwasannya Danau Toba merupakan danau terluas dan terbesar yang ada di Indonesia, tepatnya berada di Sumatera Utara. Danau Toba memiliki luas area yang mencapai 1.130 kilometer persegi dengan kedalaman 505 meter di titik terdalamnya. Bahkan yang menarik, danau ini dinobatkan sebagai danau vulkanik terbesar di dunia yang sudah terbentuk puluhan ribu tahun lalu akibat letusan gunung purba bernama Gunung Toba.

Hal yang menarik dari Danau Toba selain menjadi yang terluas yakni karena adanya pulau di tengah danau. Sebagaimana danaunya, pulau di tengah-tengah danau yang bernama Pulau Samosir juga terbentuk karena letusan Gunung Toba. Pulau Samosir sendiri menjadi tempat tinggal Suku Batak asli termasuk dengan tradisi dan budaya serta rumah adat yang ada di dalamnya.

Saking luasnya, Danau Toba sendiri bahkan dimiliki oleh setidaknya sebanyak tujuh kabupaten yang ada di Sumatera Utara. Beberapa kabupaten tersebut antara lain Tapanuli Utara, Samosir, Karo, Dairi, Humbang Hasundutan, Toba Samosir serta Simalungun.

  • Danau Towuti

Danau Towuti menempati urutan kedua sebagai danau terluas yang ada di Indonesia. Danau ini berlokasi di Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan yang mempunyai luas area mencapai 561 kilometer persegi serta memiliki kedalaman 203 meter.

Tak hanya menjadi salah satu danau terluas di Tanah Air, Danau Towuti bahkan menjadi destinasi wisata terbaik sekaligus sebagai tempat konservasi BKSDA Sulsel. Banyak hal menarik yang tentu bisa kita jumpai apabila mengunjungi kawasan Danau Towuti. Danau ini memiliki debit air yang sangat besar pada musim penghujan. Namun yang menarik, danau ini akan terbagi menjadi beberapa danau ketika musim kemarau.

  • Danau Tempe

Masih di Sulawesi Selatan, danau terluas berikutnya yaitu Danau Tempe yang berada di Kabupaten Wajo. Dengan luasnya yang mencapai 350 kilometer persegi menjadikan Danau Tempe sebagai danau terluas ketiga di Indonesia. Selain itu, danau  tempe juga termasuk salah satu danau purba yang sudah terbentuk sejak lama, bahkan diperkirakan lebih lama dari Danau Toba.

Dikutip dari beberapa sumber, nama “Tempe” sendiri diambil dari salah satu nama kecamatan yang ada di Kabupaten Wajo. Terlebih, daerah tersebut menjadi tempat yang banyak tempe, salah satu makanan khas Indonesia. Di sisi lain, ada juga yang mengatakan bahwa nama Danau Tempe diambil berdasarkan dari lokasinya yang selalu ditanami oleh banyak tanaman kacang merah yang di mana dalam bahasa Bugis Kuno disebut dengan nama “Cempe”.

  • Danau Poso

Berikutnya ada Wisata Danau yang berlokasi di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Danau terluas keempat ini mempunyai area seluas 323 kilometer persegi serta rata-rata kedalamannya yang mencapai 450 meter. Sesuai dengan namanya, Danau Poso diambil dari nama wilayah di mana danau tersebut berada yakni di Kabupaten Poso.

Uniknya dari Danau Poso ini ialah punya pasir berwarna kuning keemasan meskipun letaknya berada pada ketinggian 657 meter di atas permukaan laut. Bahkan, lokasi danau ini yang dihiasi dengan pasir yang memiliki warna keemasan terlihat lebih mirip seperti pantai ketimbang danau. Menariknya, di sekitaran kawasan Danau Poso sering diadakan berbagai macam festival yang biasanya bertujuan memperkenalkan tradisi dan budaya lokal.

  • Danau Sentarum

Danau Sentarum adalah danau terluas kelima yang letaknya berada di Provinsi Kalimantan Barat yang memiliki luas perairan 275 kilometer persegi. Danau ini adalah tipe danau floodplain atau disebut juga dengan danau yang termasuk perairan dari paparan banjir dengan kedalamannya yang tidak terlalu dalam yakni 8 meter.

Selama sepuluh bulan dalam setiap tahunnya, Danau Sentarum akan dipenuhi oleh air dan pada beberapa bulan selanjutnya air akan menyusut dari danau ini dan terlihat membentuk seperti kolam-kolam kecil.

  • Danau Paniai

Papua juga memiliki salah satu danau yang termasuk ke dalam salah satu yang terluas di Indonesia yaitu Danau Paniai. Sesuai namanya, danau ini berlokasi di Kabupaten Paniai, Papua dengan luas yang mencapai 195 kilometer persegi serta kedalaman rata-rata 50 meter.

Danau Sentani juga dikenal sebagai salah satu danau yang terindah dengan pemandangan alam memukaunya setelah disebutkan dalam konferensi danau sedunia yang kala itu digelar pada tahun 2007 yang bertempat di India.

Danau ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dengan udara yang sejuk karena berada pada ketinggian 1.742 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada sangat jauh dari ibu kota Jayapura yang berjarak kurang lebih sejauh 496 kilometer..

  • Danau Matano

Danau Matano ialah danau terluas ketujuh di Indonesia yang luas areanya mencapai 164 kilometer persegi dan berada di ketinggian 382 meter di atas permukaan laut. Danau Matano berlokasi di Sulawesi Selatan yang bahkan tercatat sebagai dengan kedalam air paling dalam yang ada di Asia Tenggara dan berada pada urutan ke-8 di dunia. Adapun kedalaman air danau ini mencapai 590 meter, jauh lebih dalam dibanding Danau Toba sekalipun.

Seperti halnya Danau Tempe yang berada di provinsi yang sama, Danau Matano juga merupakan salah satu danau purba dan sudah terbentuk pada jutaan tahun yang lalu. Tak hanya itu, Danau Matano juga menjadi objek wisata yang menarik karena menyuguhkan indahnya pemandangan alam serta panorama air danau yang mengesankan.

Baca Juga : Daya Tarik Danau Maninjau, Objek Wisata Ranah Minang yang Sangat Memukau

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *