Johnnydeppreads.com – Bicara seputar danau yang ada di Indonesia, Danau Maninjau merupakan salah satu yang paling menarik dan memiliki pemandangan sangat memukau. Danau Maninjau merupakan danau terbesar kedua yang ada di Provinsi Sumatera Barat sekaligus jadi salah satu objek wisata di Ranah Minang.

Danau Maninjau sendiri ialah sebuah danau kaldera yang berlokasi di Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat yang memiliki luas 99,5 kilometer persegi. Selain itu, lokasi danau ini juga berada di sebelah utara Kota Padang yang berjarak kurang lebih 140 kilometer. Adapun kedalaman rata-ratanya mencapai 165 meter.

Jika anda berkesempatan berkunjung ke Provinsi Sumatera Barat, tidak ada salahnya untuk mendatangi Danau Maninjau yang menyuguhkan pemandangan alam sangat memukau. Terlebih lagi, danau ini sudah menjadi kawasan wisata kebanggaan Ranah Minang di mana bisa menjadi tempat terbaik menghabiskan waktu liburan anda untuk menikmati indahnya alam Sumatera Barat.

Perlunya menjadikan Danau Maninjau sebagai destinasi wisata terbaik anda karena kawasan tersebut masih sangat asri sehingga pemandangan air danau bisa anda nikmati secara maksimal. Belum lagi dengan banyaknya pepohonan yang mengelilingi danau tersebut semakin memanjakan mata dan menambah daya tarik anda selama berada di kawasan objek wisata ini.

Asal Usul Nama Danau Maninjau

Di balik keindahan alamnya, Danau Maninjau tidak terlepas dari sejarah dan asal usul namanya. Adapun kata “maninjau” sendiri diambil dari bahasa minang yang mempunyai arti pemandangan atau peninjauan. Menurut penuturan dari warga setempat, nama maninjau dipilih karena memang sesuai dengan keadaan alamnya yang sangat menakjubkan dengan pemandangan yang sangat luar biasa.

Selain namanya, Danau Maninjau juga memiliki daya tarik sejarahnya. Diperkirakan bahwa danau yang berada di Ranah Minang ini sudah terbentuk sejak lama yakni sekitar 52.000 tahun lalu yang diakibatkan oleh letusan gunung berapi. Tidak salah jika danau ini termasuk ke dalam kategori danau kaldera atau danau vulkanik layaknya Danau Toba yang ada di Sumatera Utara.

Serangkaian Daya Tarik Danau Maninjau

Danau Maninjau berada pada ketinggian 461,150 meter di atas permukaan laut yang tentu memiliki panorama keindahan alam sangat indah dan menarik. Tak hanya sebagai objek wisata, danau ini juga berfungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan telah dimanfaatkan oleh sebagian besar warga lokal sebagai tempat untuk mencari mata pencaharian. Selain itu, berikut serangkaian daya tarik Danau Maninjau yang sangat memukau sebagai salah satu objek wisata terbaik diantaranya:

  1. Bukit Puncak Lawang

Di sekitaran wilayah Danau Maninjau ada deretan bukit-bukit tinggi yang sangat menakjubkan, salah satu bukit yang mengesankan dan menambah keindahan alam Danau Maninjau yaitu Bukit Puncak Lawang. Bukit ini jadi salah satu pesona dari adanya Danau Maninjau itu sendiri. Para wisatawan dapat mengunjungi serta melihat dengan bebas bagaimana indahnya danau ini dari atas ketinggian Bukit Puncak Lawang.

Ketika anda berada di Bukit Puncak Lawang, anda mungkin tidak ingin beranjak karena di bukit ini terdapat rerumputan hijau yang terhampar luas dengan suasana yang masih asri. Tidak heran jika para wisatawan yang mengunjunginya akan dibuat betah berlama-lama berada di atasnya. Apalagi, kawasan Bukit Puncak Lawang menjadi tempat yang paling cocok bagi anda untuk membawa anak-anak karena sudah difasilitasi dengan area bermain anak. Di tempat ini pula anda bisa menyaksikan dengan jelas keindahan sunset maupun sunrise dengan memilih spot-spot terbaik.

  • Acara Festival

Sebagai salah satu tempat wisata terbaik Ranah Minang, Danau Maninjau bukan cuma menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan saja dengan adanya barisan bukit-bukit tinggi. Di sisi lain, kawasan wisata ini juga seringkali mengadakan beberapa acara festival sebagai hiburan yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Pada saat malam festival berlangsung, rakit hingga perahu akan dihiasi dengan sedemikian rupa hiasan yang berlabur dengan berbagai warna di mana akan terlihat sangat indah di kegelapan malam. Selain itu, ada pula festival kuliner yang di dalamnya menyajikan berbagai aneka makanan-makanan khas Ranah Minang atau Sumatera Barat. Meskipun memang, di luar festival, para pengunjung bisa dengan mudahnya mencari berbagai kuliner yang dijajakan oleh para pedagang dengan terdapatnya warung-warung hingga beberapa tempat yang menjual berbagai macam kuliner unik dan lezat.

  • Tempat Memancing Terbaik

Bagi yang gemar memancing, Danau Maninjau pastinya bisa menjadi tempat yang sangat cocok. Bahkan, wisatawan yang berkunjung ke danau ini memang terkadang selalu menghabiskan waktu liburannya dengan memancing. Pasalnya, air Danau Maninjau sangat mendukung untuk kegiatan memancing karena banyak sekali jenis-jenis ikan yang tinggal di danau ini.

Kegiatan memancing anda akan terasa lebih memuaskan dan menyenangkan dengan ditemani oleh pemandangan alam yang sangat indah. Keindahan alam di danau ini dapat anda nikmati sembari menunggu tangkapan berhasil didapatkan. Apabila anda beruntung, anda bisa dapatkan ikan nila dan lobster besar penghuni Danau Maninjau. Bahkan, tidak sedikit dari masyarakat lokal yang telah memanfaatkan lokasi tersebut untuk dijadikan sebagai keramba ikan.

  • Banyak Spot Foto Terbaik

Berwisata ke kawasan Danau Maninjau tentunya kurang lengkap apabila tidak dibarengi dengan kegiatan fotografi. Apalagi, di sekitaran danau ini memang terdapat begitu banyak spot foto terbaik yang dapat para wisatawan jelajahi dari satu spot ke spot lain. Indahnya pemandangan alam yang sangat asri tentu membuat tempat ini sangat menunjang untuk kegiatan berfoto dengan dihiasi barisan perbukitan serta keindahan alami Danau Maninjau.

Selain itu, anda juga dapat mengabadikan momen terbaik ketika matahari terbenam pada waktu petang. Dengan mengambil foto siluet kehitaman yang didominasi warna sekitar danau berwarna jingga, anda dapat memperoleh hasil jepretan foto lebih bagus dan dijamin sangat instagramable.

  • Keindahan Pemandangan Alam

Sudah bukan rahasia umum lagi jika Danau Maninjau sangat identik sekali dengan keindahan alamnya yang amat mempesona. Bahkan, pemandangan alamnya yang indah dan masih asri menjadi daya tarik Danau Maninjau sehingga memikat banyak wisatawan berkunjung ke tempat wisata satu ini. Jika dilihat, setiap kawasan yang berada di area danau ini seolah belum pernah tersentuh oleh kehidupan yang modern.

Belum lagi dengan beberapa bangunan di sana yang terlihat masih mempertahankan bentuk aslinya layaknya zaman dahulu. Di sekitaran Danau Maninjau, ada begitu banyak spot terbaik yang bisa anda lihat dan dijadikan tempat terbaik menikmati keindahan alam danau, salah satu yang menarik dan cukup populer yaitu kelok 44.

Dengan berbagai daya tarik tersebut, tidak ada salahnya menjadikan Danau Maninjau masuk sebagai list destinasi wisata terbaik tujuan anda saat liburan. Selain hanya sekedar menikmati pemandangan alam ataupun keindahan danau, berkunjung ke tempat wisata di Ranah Minang ini juga bisa membuat anda melakukan berbagai macam aktivitas seru dengan ditemani oleh panorama alam yang masih asri serta terjaga.


Baca Juga : Pesona Mengagumkan Danau Sentani, Wisata Alam Tersembunyi di Papua

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *