Johnnydeppreads.com – Danau Towuti merupakan danau air tawar terbesar kedua yang ada di Indonesia. Danau ini terdapat di provinsi Sulawesi Selatan yang juga menjadi penghubung dengan Provinsi Sulawesi Selatan. Luas Danau Towuti mencapai 561,1 kilometer persegi dengan maksimal kedalamannya adalah 203 meter. Berada pada ketinggian 293 meter di atas permukaan laut, danau ini juga mempunyai lima pulau yang menjadi daya tarik serta menyuguhkan panorama keindahan alamnya.

Letak dari Danau Towuti ini sangat unik karena tergabung dalam gugusan Danau Malili. Danau Towuti mendapatkan pasokan sumber air yang berasal dari sejumlah mata air yang terdapat di area sekitar danau tersebut dengan dihubungkan oleh sebanyak 26 sungai. Saat ini, Danau Towuti juga sudah dibuka dan dikelola pemerintah setempat sebagai salah satu objek wisata di Sulawesi Selatan.

Bahkan, danau ini disebut-sebut juga sebagai surga tersembunyi yang ada di Sulawesi Selatan karena banyak hal menarik serta tempat-tempat terbaik di sana yang dapat dieksplor.

Pesona Keindahan Danau Towuti Beserta Beberapa Fakta Menarik di Dalamnya

Mungkin tak sedikit beberapa masyarakat yang belum mengetahui bahwa Danau Towuti merupakan sebuah danau purbakala yang tentu sudah ada sejak lama. Danau yang sekarang menjadi kawasan wisata ini memiliki beberapa banyak fakta menarik dibalik pesona keindahan alamnya.

Bukan hanya sebagai salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat liburan, danau ini juga kaya dengan kekayaan alamnya dengan banyak sekali flora dan fauna endemik bisa anda temukan di dalamnya. Selain keindahan alamnya, berikut adalah beberapa fakta menarik Danau Towuti:

  1. Sebagai tempat penelitian sejak tahun 2007

Kejadian alam di Danau Towuti yang terjadi di masa lampau bisa diteliti lewat apa  yang ada sekarang. Sebagaimana misalnya pembentukan tanah yang berasal dari batuan induk di mana sudah mengalami beberapa tahapan proses pelapukan. Pun demikian halnya dengan iklim masa lalu saat itu yang dapat diperoleh dari hasil sedimentasi.

Untuk diketahui, Danau Towuti sudah menjadi objek penelitian yang dimulai pertama kali pada tahun 2007. Sebuah studi yang bertajuk “Towuti Drilling Project” telah dilakukan di Danau Towuti pada tahun tersebut dengan tujuan untuk mengetahui iklim masa lampau yang diharapkan mampu digunakan untuk memprediksi iklim yang akan terjadi di masa mendatang.

Mereka turut berpartisipasi dalam penelitian tersebut dan telah memperkirakan bahwasannya usia Danau Towuti sendiri jauh lebih tua dibandingkan Danau Toba. Tidak heran jika danau ini disebut sebagai danau purba.

  • Salah satu danau terbesar di Indonesia

Dengan luas area mencapai 561,1 kilometer persegi, Danau Towuti menjadi salah satu danau terbesar yang ada di Indonesia serta merupakan danau air tawar ke-2 terbesar dengan kedalaman 203 meter. Danau ini menempati urutan kedua danau terluas setelah Danau Toba.

Sama halnya seperti Danau Toba yang mempunyai pulau di tengah-tengahnya, Danau Towuti juga demikian. Seperti disebutkan di awal bahwasannya di area Danau Towuti setidaknya terdapat lima pulau  dengan 3 pulau utama di tengah-tengah danaunya yang meliputi Pulau Kembar, Pulau Loeha dan Pulau Bolong.

Pulau Loeha sendiri adalah pulau terbesar yang ada di antara tiga pulau tersebut. Untuk Eksplor Danau pulau-pulau tersebut, para pengunjung Danau Towuti bisa menggunakan kapal untuk mencapai di ketiga pulau tersebut karena banyak hal menarik dapat ditemukan di pulau-pulau tersebut. Sebagai salah satu danau terbesar, Towuti juga mirip seperti laut dibanding danau dengan permukaan airnya yang terlihat sangat luas dari atas.

  • Sebagai “Global Ecoregions” di Indonesia

Berbeda dengan Danau Toba yang merupakan danau vulkanik, Danau Towuti adalah danau tektonik tipe oligotrofik. Biasanya, jenis danau tersebut mempunyai air yang lebih jernih dan bahan organik yang sedikit. Akan tetapi, dana tersebut sangat kaya akan oksigen.

Dengan hal tersebut menjadikan Danau Towuti dikenal sebagai Global Ecoregions di Indonesia dan membuat kawasan danau ini  memiliki beberapa banyak spesies fauna maupun flora yang endemik dan tidak akan anda jumpai di tempat-tempat lain. Beberapa spesies yang mendiami kawasan danau ini antara lain seperti udang Harlequin, ikan Pangkilang serta ikan Butini. Adapun status ekoregion Danau Towuti didapat dari World Wide Fund of Nature atau WWF.

  • Menjadi destinasi wisata alam memesona dan sangat menawan

Keindahan alam yang disuguhkan Danau Towuti jelas menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata alam terbaik untuk anda kunjungi. Karena di danau ini, anda akan menemukan pemandangan alam yang sangat memesona serta sangat menawan. Bahkan, danau ini sangat unik dengan danau air tawar khas  yang berwarna biru jernih dan disertai dengan perbukitan di sekitarnya.

Tak hanya itu, berkunjung ke Danau Towuti juga bisa membuat para pengunjung takjub dengan adanya beberapa pulau di tengah danau yang begitu menarik. Ini menambahh keindahan panorama danau sehingga bisa dijadikan sebagai spot foto terbaik. Para wisatawan juga disuguhkan dengan bisa melakukan beberaa aktivitas menarik saat berlibur ke danau ini seperti memancing, berburu ikan endemik, menyelam hingga sekedar menikmati keindahan alamnya.

Pengunjung juga bisa melihat dengan jelas dasar danau di kedalaman tertentu karena kualitas air jernihnya yang sangat mendukung. Layaknya di pantai, anda yang berada di kawasan Danau Towuti tidak akan sulit apabila ingin menyaksikan matahari terbit ataupun terbenam di mana mampu menambah pengalaman yang luar biasa karena pemandangan di danau tersebut kian memesona.

  • Sumber kehidupan bagi flora fauna dan penduduk di sekitarnya

Sebagai danau yang menghubungkan Provinsi Sulawesi Selatan dengan Provinsi Sulawesi Tenggara, Danau Towuti berperan sangat penting sebagai sumber kehidupan bagi penduduk sekitar. Bahkan, danau ini juga menjadi sumber kehidupan bagi flora dan fauna yang terdapat di dalamnya.

Masyarakat sekitar Danau Towuti juga memanfaatkan danau tersebut sebagai sumber air, pembangkit listrik, tempat mencari ikan hingga sebagai ladang usaha perikanan. Selain itu, di danau ini juga terdapat buaya muara maupun berbagai jenis Aves yang memang habitatnya. Demikian informasi menarik mengenai keindahan alam Danau Towuti beserta sejumlah fakta menariknya.


Baca Juga : Potret Keindahan Alam Danau Kelimutu, Danau Tiga Warna yang Sangat Menarik

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *