Danau di Indonesia dengan Eksotisme Pemandangan Alam Terbaik

Johnnydeppreads.com – Indonesia tidak hanya terkenal dengan Danau Toba yang sangat populer karena merupakan danau terbesar dan paling legendaris. Lebih dari itu, di beberapa wilayah di Tanah Air banyak terdapat pula sejumlah danau yang bahkan memiliki eksotisme pemandangan alam terbaik. Beberapa di antaranya bahkan disebut-sebut sebagai surga tersembunyi karena mempunyai panorama yang menakjubkan serta terdapat banyak spot menarik.

Sebagai negara kepulauan, tidak heran jika di pulau-pulau yang ada di Indonesia terdapat begitu banyak danau. Masing-masing danau memiliki ciri khas maupun keunikan tersendiri sehingga membuatnya sangat layak dikunjungi. Beberapa danau dengan pemandangan alamnya yang memukau bahkan sudah menjadi kawasan wisata yang mulai banyak dikunjungi para wisatawan.

Mengunjungi beberapa danau yang ada di Indonesia bisa menjadi alternatif terbaik bagi anda yang ingin merasakan pengalaman yang berbeda dan menarik. Apalagi, keindahan danau juga tidak kalah menakjubkannya dari pegunungan maupun pulau-pulau dengan keindahan pantainya.

Terdapatnya banyak danau di kepulauan Nusantara yang tersebar tentu menyuguhkan keeksotisan negara Indonesia. Banyak kekayaan alam bisa kita jumpai di beberapa danau terbaik yang ada di Tanah Air yang hingga kini masih terjaga dengan baik ekosistem yang ada di dalamnya.

Inilah Deretan Danau di Indonesia yang Mempunyai Eksotisme Pemandangan Alam Terbaik

Berkunjung ke danau-danau manapun yang ada di kepulauan Indonesia tidak hanya dapat menikmati pemandangan alamnya. Bahkan, anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik dan bermanfaat seperti menambah wawasan dan pengetahuan seputar alam, mencari spot foto terbaik, atau bahkan bisa menjajal kuliner khas yang ada di dalamnya.

Sebagian besar danau di Tanah Air bahkan sudah dikelola pemerintah setempat serta mendapat perlindungan guna menjaga keasriannya maupun habitat yang ada di dalamnya agar tidak rusak oleh aktivitas manusia. Selain Danau Toba, berikut deretan danau di Indonesia yang punya eksotisme pemandangan alam sangat menarik.

  1. Danau Kelimutu, Flores

Provinsi Nusa Tenggara Timur tidak hanya terkenal dengan Taman Nasional Pulau Komodo, di NTT bakan juga terdapat beberapa danau menakjubkan dengan pemandangan alam yang indah, salah satu yang menarik ialah Danau Kelimutu yang terletak di Flores. Danau ini memancarkan potret keindahan alam Indonesia di mana letak danau berada di puncak Gunung Kelimutu, yakni gunung berapi aktif.

Eksotisme pemandangan alam Danau Kelimutu bukan hanya karena lokasinya yang berada di tengah gunung. Bahkan, hal yang paling ikonik dari danau ini yaitu terdapatnya tiga danau kawah yang memancarkan warna berbeda-beda dan berubah-ubah. Danau kawah tersebut kadang terlihat berwarna hijau, merah atau biru sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Perubahan warna pada Danau Kelimutu ini diakibatkan oleh gas vulkanik dan mineral yang terdapat di dalamnya. Dengan keunikannya tersebut, Danau Kelimutu bisa menjadi salah satu dari banyak tempat di Indonesia yang menyuguhkan fenomena alam paling mengesankan.

  • Danau Sentani, Papua

Jika berbicara keindahan alam Papua, hal yang biasanya langsung teringat dalam pikiran sebagian besar orang adalah Raja Ampat. Danau Sentani menawarkan panorama alam sangat indah karena latar belakangnya adalah pegunungan dengan gugusan 22 pulau. Danau ini juga terkenal karena terdapat beberapa banyak rumah tradisional dengan letaknya yang terapung di atas air sehingga memberikan potret yang tidak biasa namun sangat mengesankan. Tempat ini dikenal sebagai Kampung Yoboi dan menjadi tempat yang cocok jika anda ingin mengetahui seperti apa budaya asli Papua.

  • Danau Maninjau, Sumatera Barat

Sesuai namanya, Danau Maninjau merupakan danau yang namanya diambil dari bahasa Minangkabau yang artinya pemandangan atau peninjauan. Danau Maninjau adalah kawasan perairan tenang yang letaknya berada di tengah-tengah pegunungan Bukit Barisan. Keindahan pemandangan alam serta suasananya yang tenang membuat Danau Maninjau ini cocok dijadikan sebagai destinasi wisata untuk menghabiskan masa liburan atau sekedar ingin bersantai menikmati pemandangan alam yang luar biasa di sana.

Danau Maninjau berada di Kecamatan Tanjung Raya, Agam, Sumatera Barat. Sama seperti halnya Danau Toba, Danau Maninjau juga merupakan danau vulkanik yang berada pada ketinggian kurang lebih 461,50 mdpl serta menjadi sebuah kaldera akibat dari letusan dahsyat gunung berapi strato komposit di masa lalu, yakni Gunung Sitinjau.

  • Danau Ranau, Sumatera Selatan

Sumatera memang menjadi salah satu pulau utama dan terbesar yang di dalamnya terdapat banyak sekali Keindahan Danau, salah satunya yaitu Danau Ranau yang berada di Sumatera Selatan, tepatnya di perbatasan Kabupaten Ogan Komering Ulu dan Lampung Barat, Lampung. Selain itu, Danau Ranau ini juga masuk ke dalam daftar salah satu danau terbesar di Pulau Sumatera dengan luas areanya yang mencapai 125,9 km persegi.

  • Danau Poso, Sulawesi Tengah

Di Provinsi Sulawesi Tengah terdapat salah satu danau terdalam yang ada di Indonesia serta memiliki pemandangan alam yang sangat eksotis yaitu Danau Poso. Danau ini bahkan menjadi salah satu danau sekaligus objek wisata yang recommended buat dikunjungi karena setiap pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas menarik seperti berenang, diving, snorkeling atau sebatas ingin bersantai di tepian pulaunya.

Danau Poso bahkan menjadi alternatif terbaik selain pantai yang bisa dikunjungi karena menawarkan panorama alam yang juga tak kalah menariknya. Di sekitaran danau ini, anda akan menemukan beberapa keunikan seperti pasir yang berwarna kuning keemasan, gelombang air maupun keadaan alam di danau ini yang mirip seperti di laut.

Dikenal sebagai salah satu danau terdalam di Tanah Air karena memang Danau Poso memiliki rata-rata kedalaman air mencapai 510 meter. Luas areanya mencapai 32.000 hektar serta membentang luar dengan  berada di ketinggian 657. Tak hanya pemandangan alamnya, danau ini juga menjadi tempat terbaik bagi anda yang ingin menikmati kesejukan serta spot-spot menarik untuk berfoto yang dijamin instagramable.


Baca Juga : Menjelajahi Keindahan Alam Danau Toba yang Mempesona Berikut Fakta Menariknya

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *