Johnnydeppreads.com – Indonesia dengan sederet keindahan alam yang menakjubkan tentu menjadi tempat yang menarik untuk dijadikan tempat tujuan wisata. Selain menawarkan keindahan pantai dan pegunungan, Indonesia juga punya beberapa banyak danau yang dapat menjadi destinasi wisata terbaik. Danau yang tersebar di banyak wilayah di Tanah Air menjadi indikasi bahwa negara kita sangat kaya akan keindahan alamnya.

Terdapatnya banyak danau tentu sudah menjadi indikasi bahwa Indonesia merupakan negara perairan terbesar dengan beribu-ribu pulau. Bahkan, beberapa danau menyuguhkan panorama alam yang indah dan sudah menjadi tempat wisata sangat populer bagi wisatawan domestic maupun mancanegara. Terlebih, masing-masing danau di Indonesia memang mempunyai ciri khas serta daya tarik tersendiri yang membuatnya sangat worth itu untuk dijelajahi.

Sejumlah Destinasi Wisata Danau Terbaik di Indonesia yang Sangat Layak Dikunjungi

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa beberapa danau di Indonesia sudah ada yang dikelola sebagai objek wisata air yang menarik serta sangat menakjubkan. Meskipun demikian, tidak sedikit dari beberapa danau di tanah air yang masih tersembunyi dan belum banyak dijamah. Danau juga jadi bagian dari kekayaan alam Indonesia yang bisa membuat anda yang mengunjunginya memperoleh pengalaman terbaik.

Maka dari itu, menjadikan beberapa danau yang ada di Indonesia sebagai destinasi wisata saat liburan tentu sangat menarik. Dari begitu banyak danau yang tersebar di berbagai pulau, berikut adalah sejumlah danau terbaik di Indonesia yang bisa menjadi destinasi wisata serta sangat layak dikunjungi diantaranya:

  1. Danau Toba, Sumatera Utara

Siapa yang tidak mengenal Danau Toba, danau yang sangat populer di Indonesia yang tepatnya terletak di Provinsi Sumatera Utara. Tak hanya menjadi keajaiban alam yang sangat menakjubkan, Danau Toba juga kaya akan sejarahnya yang sangat panjang. Danau ini terbentuk akibat adanya letusan Gunung Toba sekitar 74 ribu tahun yang lalu.

Hal yang membuat Danau Toba layak dijadikan destinasi wisata terbaik karena memiliki banyak keunikan. Pasalnya, di tengah-tengah danau ini terdapat Pulau Samosir, pulau yang terbentuk dari aktivitas vulkanis Gunung Toba di masa lalu. Di danau ini, anda juga akan bisa menyaksikan pemandangan alam sangat indah dengan deretan pegunungan serta pepohonan hijau yang begitu memanjakan mata.

  • Danau Beratan, Bali

Bali tidak hanya terkenal dengan keindahan alam pantainya yang terkenal hingga ke mancanegara. Akan tetapi, Pulau Dewata juga memiliki destinasi wisata danau yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi, salah satunya Danau Beratan. Danau ini menjadi salah satu danau paling terkenal di Bali yang berada di kawasan daerah pegunungan Bedugul, Candikuning, Tabanan.

Danau Beratan sangat menarik karena mempunyai background yang sangat eksotis disertai dengan adanya Pura Ulun Danu Bratan paling ikonik. Dengan keindahan alam yang disuguhkan membuat danau yang berada di Pulau Dewata ini layak dikunjungi dan menjadi destinasi wisata danau terbaik di Indonesia. Bahkan, danau ini menyediakan banyak sekali spot terbaik dan indah untuk anda manfaatkan melakukan kegiatan fotografi yang tentu sangat instagramable.

  • Danau Matano, Sulawesi Selatan

Berikutnya Pemandangan Danau yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan. Danau Matano menjadi salah satu bukti kekayaan alam Indonesia dengan beberapa fakta menarik yang mungkin belum diketahui beberapa orang. Untuk diketahui, Danau Matano merupakan danau terdalam yang menempati posisi ke-9 di dunia dengan kedalaman rata-ratanya yang mencapai lebih dari 550 meter.

Dengan kedalamannya tersebut bahkan membuat Danau Matano jadi danau paling dalam di Asia Tenggara. Sesuai namanya, Danau Matano berada di Desa Matano yang berlokasi di Kabupaten Luwu Timur. Danau Matano ialah danau tektonik purba di mana telah terbentuk dari adanya aktivitas pergerakan lempeng dari kerak bumi sekitar 2,4 juta tahun lalu.

Keunikannya tersebut tentu membuat Danau Matano menjadi tempat wisata danau yang sangat menarik untuk dikunjungi. Danau ini adalah kawasan konservasi Taman Wisata Alam Danau Matano di mana banyak dimanfaatkan untuk kegiatan pariwisata maupun rekreasi alam.

  • Danau Singkarak, Sumatera Barat

Jika Sumatera Utara punya Danau Toba yang sangat ikonik, Sumatera Barat memiliki Danau Singkarak. Bahkan, Danau Singkarak diketahui sebagai danau terbesar kedua yang terdapat di Pulau Sumatera setelah Danau Toba. Hal yang paling menakjubkan dari danau ini adalah pemandangan alamnya yang sangat menarik dan epic dengan dilatar belakangi oleh pegunungan yang sangat indah.

Danau Singkarak sendiri berada di dua wilayah di Sumatera Barat yakni Tanah Datar dan Solok. Dengan keindahan alamnya yang berlatar belakangan bukit barisan serta pegunungan membuat danau ini cocok jadi tempat wisata yang ideal bagi anda yang menginginkan pemandangan. Di samping itu, para wisatawan yang berkunjung ke danau ini juga bisa menjajal kuliner khas ikan patin yang sangat lezat.

Selain itu, alasan anda harus menjadikan Danau Singkarak sebagai tujuan wisata sebab angin dan udara segar yang ada di danau ini sangat mendukung untuk menikmati keindahan alam. Tentu saja, hal menarik seperti demikian belum tentu bisa anda rasakan ketika mengunjungi danau lain.

  • Danau Gunung Tujuh, Jambi

Gunung Tujuh yang berada di Jambi. Danau Gunung Tujuh merupakan danau yang berlokasi di Taman Nasional Kerinci Sebat dan menjadikannya sebagai danau tertinggi yang ada di Indonesia dengan ketinggian yang mencapai hampir 2.000 meter di atas permukaan laut. Dengan panorama danau yang sangat indah, Danau Gunung Tujuh layak untuk anda kunjungi saat berwisata.

Itulah beberapa destinasi wisata danau terbaik di Indonesia dengan berbagai hal menarik serta keindahan alamnya yang layak dikunjungi. Beberapa danau terbaik di Indonesia memang mempunyai ciri khas dan keunikan masing-masing sehingga dengan mengunjunginya bisa memberikan pengalaman yang luar biasa.

Baca Juga : Menjajal Keeksotisan Taman Laut Karimunjawa dan Beragam Hal Uniknya

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *