Johnnydeppreads.com – Taman Laut Karimunjawa merupakan salah satu dari banyak taman nasional yang terdapat di Indonesia. Dikenal oleh bangsa Belanda dengan julukan “Caribbean Van Java”, Taman Laut Karimunjawa tentu telah menjadi sebuah destinasi wisata bahari yang menarik dengan beragam hal unik serta serangkaian keindahan bawah lautnya.

Seperti beberapa taman nasional lain, Taman Laut Karimunjawa telah populer di kalangan para wisatawan, baik domestik ataupun mancanegara. Keanekaragaman hayati yang terdapat di taman laut ini sangat beragam dan terjaga dengan sangat baik. Pemerintah setempat hingga komunitas masyarakat sekitar selalu melakukan penjagaan taman laut tersebut guna mencegah adanya pengrusakan ataupun kepunahan.

Keindahan alamnya yang masih asli membuat Taman Laut Karimunjawa kerapkali dijelajahi para pelancong yang ingin mengeksplor lebih dalam terkait kawasan ini. Di sini, anda bisa menyaksikan gugusan pulau yang indah nan masih asli sehingga dengan mengunjunginya bisa memberikan pengalaman luar biasa. Bahkan, segala keunikan dan keindahan alam di Karimunjawa belum tentu ada di tempat-tempat lain sekalipun.

Dengan keindahan alamnya yang sungguh menakjubkan, tidak ada salahnya menjadikan Taman Laut Karimunjawa sebagai tujuan utama objek wisata untuk anda kunjungi. Di samping menikmati keindahan taman laut, di tempat ini pula anda akan melihat banyak sekali beragam kehidupan yang ada di bawah laut Karimunjawa dari mulai biota laut, spesies ikan dan terumbu karang yang luas.

Sejarah Taman Laut Karimunjawa

Berdasarkan penuturan dari warga sekitar, Taman Laut Karimunjawa sudah ada sejak pada zaman kehidupan para Walisongo. Dari cerita yang sama, Sunan Muria dengan perannya sebagai penyebar agama Islam di wilayah Pulau Jawa punya seorang anak yang bernama Syekh Amir Hasan. Putra Sunan Muria yang juga masyhur dikenal dengan nama Sunan Nyamplungan tersebut konon pernah dibuang ke wilayah Kepulauan di bagian utara Jawa.

Disebutkan bahwasannya Sunan Muria mengatakan “kremun-kremun soko jowo” saat menyaksikan pulau tempat anaknya tersebut dibuang. Ucapan tersebut jika diartikan bermakna “samar-samar terlihat dari Jawa”. Istilah tersebutlah yang kemudian jadi penamaan Karimunjawa yang populer serta dikenal sampai hari ini.

Keberagaman Flora dan Fauna Taman Laut Karimunjawa

Keindahan Taman Laut Karimunjawa tentu tidak terlepas dari beragamnya jenis-jenis flora dan fauna yang terdapat di tempat ini. Beberapa flora dan fauna yang eksotis di tempat ini bisa anda lihat secara langsung sehingga memberikan pengalaman yang lebih lengkap saat berkunjung ke Karimunjawa dengan menikmati keindahan beserta pemandangan alamnya. Bahkan tempat ini juga sudah sejak lama menjadi tempat tinggal bagi berbagai spesies terumbu karang, hutan pantai serta hutan bakau.

Selain itu, Taman Laut Karimunjawa sangat dikenal sebagai tempat keberadaan dewadaru, yakni jenis tumbuhan khas iklim hutan hujan darat yang rendah. Tak hanya itu, sekitar lebih dari 171 spesies tanaman hutan hujan dataran rendah bisa anda temukan pula di taman laut ini, termasuk diantaranya yaitu 151 jenis flora hutan hujan tropis, 11 spesies lumut, serta 15 jenis jamur.

Menikmati Pesona Taman Laut Karimunjawa

Saat berkunjung ke Taman Laut Karimunjawa dan menghabiskan waktu di tempat ini tentu akan semakin lengkap dengan menikmati pesona keindahan alamnya yang begitu eksotis. Pasalnya, ada beberapa kegiatan unik serta menarik bisa anda lakukan ketika berada di Karimunjawa seperti diantaranya:

  1. Menikmati panorama bawah laut

Anda yang berkunjung ke Taman Laut Karimunjawa bisa menikmati indahnya panorama bawah laut dengan menggunakan Glass Bottom Boat. KPA Taman Laut Karimunjawa begitu menakjubkan. Makanya, saat anda berada di taman laut satu ini, keindahan bawah laut bisa anda nikmati dan saksikan secara langsung melalui kegiatan snorkeling ataupun menyelam. Bahkan, anda juga bisa menaiki perahu berlantai kaca atau Glass Bottom Boat yang akan memberikan suatu pengalaman unik serta menarik yang tak pernah akan anda lupakan.

  • Menjelajahi bangkai kapal

Bukan hanya menyaksikan biota laut yang beragam dan indah, di Taman Laut Karimunjawa anda pun bahkan bisa menjelajahi bangkai kapal laut dengan glass bottom boat di Pulau Kemujan. Ini menjadi salah satu kegiatan wisata unik sebab tidak akan anda temukan di tempat lain manapun. Bangkai kapal yang berada di Pulau Kemujan diketahui ialah kapal Panama INDONO di mana dulu pernah tenggelam di laut Karimunjawa sekitar tahun 1955. Di samping menyaksikan bangkai kapal laut, anda pun bisa menikmati keindahan beragam terumbu karang yang mana tumbuh di sekitaran bangkai kapal tersebut.

  • Mengunjungi deretan pulau eksotis Karimunjawa

Sebagaimana yang diketahui bahwasannya Taman Nasional Laut terbagus Karimunjawa terdiri atas gugusan pulau. Di mana, bila anda mengunjungi tempat ini dapat menemukan ataupun menjelajahi deretan pulau eksotis sebagai pelengkap tujuan wisata anda. Pulau-pulau kecil tersebut selain indah juga sangat menarik dengan banyaknya pepohonan yang rimbun yang menghiasi sekitaran pulau seperti di Pulau Cemara Kecil ataupun Pulau Manjangan Besar.

Tak hanya itu, setiap pulau-pulau pun juga memiliki deretan pantai indah dan menakjubkan dengan pasir lembutnya yang berwarna putih. Bahkan, para pengunjung yang pernah mendatanginya mengatakan bahwasannya keindahan pantai di pulau-pulau tersebut tak kalah indahnya jika pun dibandingkan dengan yang terdapat di Pulau Dewata.

  • Berenang bersama hiu

Pulau Manjangan Besar adalah salah satu dari gugusan pulau terindah dan menarik yang ada di Taman Nasional Karimunjawa. Bahkan di pulau ini, anda bisa berenang bersama hiu. Namun demikian, anda tak perlu takut sebab spesies hiu yang hidup di pulau ini merupakan jenis blacktip reef shark yang tidak berbahaya seperti hiu pada umumnya dan memang tinggal di perairan laut yang dangkal sehingga sangat bersahabat dengan manusia.

  • Bermain bersama lumba-lumba

Tidak cuma berenang bersama hiu, anda pun yang mengunjungi Taman Laut Karimunjawa bisa bermain bersama lumba-lumba sebagai bagian dari rangkaian kegiatan menarik di tempat ini. Anda dapat menyaksikan kawanan lumba-lumba yang menari di perairan. Untuk melihatnya lebih jelas, anda bisa menyusuri perairan menggunakan perahu yang tentu dapat memberi pengalaman paling tidak terlupakan.

  • Wisata religi ke makam Nyamplungan

Salah satu kegiatan favorit di Taman Laut Karimunjawa terutama bagi yang beragama Islam adalah melakukan wisata religi ke makam Nyamplungan. Sebagaimana diketahui bahwa Sunan Nyamplungan merupakan anak dari Sunan Muria yang dibuang ke tempat ini dalam upaya penyebaran agama Islam. Selain itu, terdapat pula makam beberapa tokoh yang berkontribusi lain seperti makam Sayid Abdullah, Sayid Kambang hingga sumur wali.

Dengan sederet hal menarik beserta keindahan alamnya, Taman Laut Karimunjawa layak masuk sebagai salah satu list destinasi wisata bahari anda. Berkunjung ke taman laut ini tidak membuat anda kesulitan ataupun khawatir dengan adanya berbagai fasilitas yang telah disediakan dan disesuaikan dengan semua apa yang dibutuhkan para wisatawan.

Baca Juga : Menjelajahi Keindahan Taman Laut Nasional 17 Pulau yang Cocok Jadi Destinasi Wisata Terbaik

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *